7 Tips Agar Tubuh Berenergi dan Segar Saat Bangun Tidur

7 Tips Agar Tubuh Berenergi dan Segar Saat Bangun Tidur

Seruni.id – Siapa yang bangun tidur di pagi hari masih terasa lemas dan malas? Sepertinya kamu butuh tips agar tubuh berenergi dan segar saat bangun tidur nih. Karena memang sudah seharusnya ketika bangun, tubuh harus segar, berenergi, dan semangat untuk memulai hari.

7 Tips Agar Tubuh Berenergi dan Segar Saat Bangun Tidur

Biasanya hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat. Bangun tidur dengan kondisi lemas bikin mood berantakan dan mudah lelah saat beraktivitas. Kondisi ini tentu membuat kita tidak nyaman. Namun, tenang saja, kamu bisa membuat bangun tidurmu lebih bergairah, loh. Berikut ini Seruni berikan sejumlah tips agar badan segar setelah bangun tidur.

1. Miliki Tidur Malam yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas di malam hari sangat berpengaruh ketika kamu bangun di pagi hari nanti, loh. Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, ya. Karena jika tidur terlalu lama pun, justru akan membuat kamu mengalami hyepersomnia. Salah satu efek dari hypersomnia sendiri adalah kamu merasa selalu mengantuk dan lelah di pagi hari. Nah, agar tubuh berenergi dan segar, pastikan kamu memiliki tidur malam yang berkualitas dan nyenyak.

2. Duduk dan Bernanpas Sejenak di Tempat Tidur

Tips agar bangun tidur tidak pusing dan selalu berenergi, pastikan ketika bangun kamu tidak langsung berdiri, ya. Biasakanlah untuk dududk sejenak dan atur pernapasanmu sekitar 2 menit. Sebab, ketika kamu tertidur, sistem pernapasan akan melambat. Dengan mengaturnya saat bangun tidur, oksigen dalam paru-paru akan meningkat. Peningkatan oksigen akan meningkatkan energi, sehingga kamu akan bersemangat dalam memulai hari.

3. Biarkan Sinar Matahari Masuk

Membiarkan sinar matahari masuk ke dalam kamar, merupakan salah satu cara agar tubuh berenergi dan segar setelah bangun tidur. Kamu bisa merasakan sensasi hangat sinar matahari sambil mengatur pernapasan. Dengan adanya cahaya matahari, akan mampu menekan hormon melatonin yang membuat rasa kantuk masih menghinggapi kita saat bangun tidur. Hal ini terjadi karena sianr matahari yang sampai di sel malanopsin pada mata mematikan hormon melatonin kita. Selain sinar matahari, cahaya lampu LED yang diperkaya warna biru juga bisa menjadi pendorong energi saat bangun tidur seperti sinar matahari.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Ingin tubuh lebih berenergi dan segar saat bangun tidur? Salah satu caranya adalah dengan melaukan olahraga ringan. Menurut sebuah studi yang dirilis dalam jurnal Fatigue tahun 2013, dengan melakuan olahraga ringan, kamu akan mendapatkan sejumlah manfaat. Seperti membuat tubuh lebih berenergi dan peredaran darah lancar, sehingga oksigen meningkat ke seluruh tubuh dan otak. Meningkatnya kadar oksigen pada tubuh, akan menambah energi untuk lebih bersemangat. Saat melakukannya, pastikan tidak sampai memforsirnya, ya.

5. Cuci Muka dengan Air Dingin

Salah satu cara yang terbilang efektif agar tubuh berenergi dan segar ketika bangun tidur, adalah dengan mencuci muka. Apalagi mencucinya menggnakan air dingin, dijamin rasa kantukmu akan hilang dan digantikan dengan rasa segar. Selain itu, mencuci muka denganaiar dingin dapat meningkatkan sejumlah hormon yang membuat kerja jantung lebih cepat, sehingga kamu akan merasa lebih bersemangat. Sisi positifnya lagi, mencuci wajah dengan air dingin bisa mengencangkan pori-pori juga, loh.

6. Minum Segelas Air Putih Saat Bangun Tidur

Tips agar tubuh berenergi dan segar saat bangun tidur selanjutnya adalah dengan meminum segelas air putih. Cara ini sangat efektif sekali untuk menambah cairan di dalam tubuh. Sebab, ketika tidur tubuh tidak mendapatkan asupan air sama sekali. Pada saat tidur malam, kita kehilangan sekitar 1 liter air, tergantung pada kondisinya.

Jika saat bangun tidur tubuhmu terasa sangat lemas, bisa saja karen kamu kekurangan cairan dalam tubuh alias dehidrasi. Hal ini biasanya akan menyebabkan oksigen berkurang. Alhasil, tubuh akan terasa lemas. Oleh karena itu, minumlah segelas air putih agat tubuh tidak mengalami dehidrasi dan akan menghasilkan kekuatan untuk memulai aktivitas.

7. Jangan Lewatkan Sarapan

Sarapan menjadi salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Penting sekali untuk tidak melewatkan sarapan, karan dengan sarapan akan membantu menutrisi tubuh setelah tidur malam. Usahakan untuk memilih menu sarapan yang tepat dan bernutrisi, seperti smoothies bowl, chia seeds pudding, atau overnight oat. Sarapan tersebut tidak hanya menghasilkan engeri, tapi juga membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Putih Hangat atau Dingin?

Itulah tips agar tubuh berenergi dan segar ketika bangun tidur. Saat bangun tidur nanti, jangan terburu-buru untuk melakukan aktivitas lainnya, ya. Lakukan saja ketujuh tips di atas agar energimu terkumpul. Selalu terapkan pola tidur dengan waktu yang teratur setiap harinya, agar tubuhmu tahu kapan harus tidur malam untuk beristirahat dan bangun di pagi harinya secara rutin. Semoga tips di atas bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.