Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Putih Hangat atau Dingin?

Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Putih Hangat atau Dingin?

Seruni.id – Saat bangun tidur di pagi hari, sangat dianjurkan untuk minum air putih. Kebiasaan ini ternyata dapat menghindari tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Sebab, selama tidur hampir delapan jam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan sama sekali.

Bangun Tidur Sebaiknya Minum Air Putih Hangat atau Dingin?

Perlu kamu tahu, ternyata kondisi tersebut bisa meningkatkan risiko dehidrasi, loh. Biasanya kondisi tersebut akan memunculkan beberapa gejala, di antaranya kulit yang pucat, kering, dan pecah-pecah. Oleh sebab itu, penting sekali untuk minum air putih, karena perannya yang sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Nmaun, manakah yang sebaiknya diminum pada pagi hari, air dingin atau hangat?

Mana yang Lebih Baik?

Melansir dari Kumparan, keduanya sama-sama sehat untuk tubuh. Karena air putih memiliki manfaat secara keseluruhan. Baik diminum dalam keadaan dingin maupun panas. Menurut ahli gizi, pemilik Active Eating Advice, Leslie Bonci, minum air putih hangat di pagi hari mungkin menenangkan bagi orang yang memiliki masalah pencernaan.

Sejak zaman pengobatan Ayurverda, minum air hangat mampu menenangkan perut di pagi hari. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada bukti pasti bahwa minum air putih hangat lebih baik dalam mengatasi masalah pencernaan di pagi hari.

Sementara itu, menurut ahli diet, Lindsay Malone yang terdaftar di Cleveland Clinic mengatakan, studi pada 2003 menemukan orang yang minum air dingin mengalami peningkatan metabolisme sebesar 30 persen. Ini berarti, lanjutnya, tubuh mampu membakar 100 kalori tambahan setiap hari bila seseorang rutin meminum setengah liter air dingin.

Mungkin kedunya terdengar penting, tapi pada kenyataanya, perlu kita ingat kembali, bahwa minum air mineral, berapa pun suhunya akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah makan berlebihan, dan menghemat jumlah kalori; daripada minuman bersoda atau minuman manis lainnya.

Baca Juga: Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih Untuk Kesehatan

Jadi, tak ada salahnya untuk terus meningkatkan jumlah konsumsi air putih harian mulai dari sekarang. Bagaimanapun, air putih akan menjadi pilihan minuman sehat kapan pun dan di mana pun kamu berada. Semoga informasi ini bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.