Tips Agar Tubuh Tetap Harum Tanpa Parfum

agar tubuh tetap harum
hipwee.com
3/5 (1)

Seruni.id – Aktivitas yang padat apalagi jika sering berada di luar ruangan, membuat tubuh mengeluarkan bau yang tak sedap. Bau badan tentu akan membuat siapapun tidak percaya diri, untuk itu berbagai cara pun kerap dilakukan agar tubuh tetap harum.

Agar Tubuh Tetap Harum
bp-guide.id

Namun, selain menggunakan parfum, ternyata masih banyak cara untuk membuat tubuh tetap harum tanpa parfum yang bisa kita lakukan. Diantaranya adalah:

Menjaga Kulit Agar Tetap Lembab

Kelembaban kulit menjadi salah satu faktor utama agar tubuh tetap harum tanpa parfum meskipun melakukan aktivitas yang padat sepanjang hari. Meski terdengar sangat sederhana, cara ini sangat ampuh loh untuk menjaga tubuh kita agar terhindar dari bau badan. Lantas, bagaimana caranya agar kulit tetap lembab? Mudah banget kok, caranya adalah dengan rutin mandi dua kali sehari, minum air yang cukup, dan gunakan lotion pada kulit.

Selektif dalam Memilih Makanan

Pernahkah kamu mendengar sebuah ungkapan ‘Kamu adalah apa yang kamu makan’. Nah, yang dimaksud dengan ungkapan tersebut adalah apa yang kamu makan itulah yang akan dihasilkan oleh tubuhmu. Jadi, ketika kamu makan sembarangan, itulah yang akan kamu terima pada tubuhmu. Maka dari itu, selektif dalam memilih makanan menjadi hal penting yang perlu kamu lakukan, apalagi jika kamu berharap, tubuhmu akan tetap harum tanpa menggunakan parfum. Misalnya saja kamu mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel, dan lainnya.

Tubuh akan menyerap dan memancarkan aroma tubuh alami dari buah-buahan yang kamu makan. Hal ini juga berlaku untuk jenis sayur-sayuran yang kamu konsumsi, karena sayuran berfungsi menjadi detoks alami dalam membersihkan bagian dalam tubuh. Kendati demikian, kamu juga harus tetap selektif dalam memilih sayuran. Hindari untuk memakan sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, tauge, dan kembang kol, karena bisa menciptakan bau badan tidak sedap yang dilepaskan melalui keringat.

Memakai Deodoran

Penggunaan doedoran juga sangat membantu agar aroma tubuh tetap harum tanpa parfum. Pasalnya, deodoran berfungsi mengurangi penyebab bau pada keringat. Jika kamu menggunakan deodoran, kamu kamu akan merasakan bahwa ketika akan tetap terasa kering dan tidak mudah berkeringat. Deodoran juga membantu menutupi bau yang disebabkan oleh bakteri dan tidak menganggu proses pendinginan alami.

Gunakan Bedak Tubuh

Selain menggunakan deodoran, kamu juga bisa menggunakan bedak untuk tubuh yang berbentuk tabur dan bertekstur halus untuk menjaga tubuh tetap wangi seharian. Hal ini karena bedak memiliki fungsi menyerap keringat, sehingga kelenjar keringat tidak akan mengeluarkan keringat terlalu banyak. Selain itu, aroma harum bedak juga akan membuatmu tetap wangi sepanjang hari.

Memakai Pakaian yang Bersih dan Harum

Menggunakan pewangi pakaian ternyata bermanfaat untuk membuat tubuh tetap harum tanpa parfum, loh. Karena aroma wangi yang dihasilkan dari pewangi pakaian tersebut akan melekat pada serat pakaian dan membuatmu wangi sepanjang hari. Selain itu, menyemprotkan pewangi saat sedang menyetrika dapat menambah harum aroma pakaian.

Gunakan Lulur Minimal Seminggu Sekali

Memakai lulur juga sangat penting agar tubuh tetap harum. Lulus bisa dipakai kapan pun, setiap kali mandi ataupun minimal seminggu sekali. Menggunakan lulur akan membantu menjaga keharuman tubuh. Sebab, dengan menggunakan lulur, kulit-kulit mati akan terangkat. Sel kulit mati juga berperan penting dalam menumbuhkan bakteri. Lulur yang bisa kamu gunakan beragam variasi, ada yang beroma kopi, bunga, serta buah. Atau jika ingin tubuh harum dan juga putih kamu bisa menggunakan lulur susu.

Gunakan Cuka Apel

Cuka apel bisa digunakan sebagai pengganti deodoran. Sebab, cuka apel dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan bau badan, dan pastinya jauh lebih aman. Kandungan yang terdapat di dalam cuka apel mampu membunuh bakteri yang berkembang pada kulit sehingga tidak menimbulkan bau badan. Cuka apel tak hanya bisa digunakan di area ketika saja, loh.

Namun juga di area-area tubuh yang mudah berkeringat bisa kamu aplikasikan dengan cuka apel. Selain itu seperti leher, dan selangkangan juga sebaiknya kamu oleskan. Lakukan cara ini secara rutin selama 10 menit, karena ini akan sangat membantu dalam menjaga aroma tubuh tetap harum tanpa parfum.

Gunakan Hair Mist

Rambut juga memiliki peranan penting dalam memancarkan keharuman, loh. Jadi, pastikan kamu untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan rajin keramas. Selain rajin mencuci rambut, kamu juga bisa menggunakan hair mist yang disemprotkan ke atas permukaan rambut. Hair mist juga bisa menjadi solusi untuk kamu yang mengenakan hijab. Karena, selama rambut ditutupi hijab, maka kepala akan mudah berkeringat dan bau. Dengan menggunakan hair mist, keharuman rambutmu akan tetap terjaga sepanjang hari.

Rajin Berolahraga

Rajin berolahraga tidak hanya menjadikan tubuh sehat dan bugar, tapi juga bisa membuat tubuhmu terhindar dari bau badan. Olahraga memang kerap kali mengeluarkan banyak keringat. Namun, keringat yang dihasilkan justru membantu dalam mengeluarkan kuman dan bakteri yang ada pada pori-pori. Dengan begitu, kamu bisa terbebas dari aroma yang tubuh yang tidak sedap.

Mengganti Pakaian Secara Rutin

Menjaga kebersihan merupakan hal utama yang harus diterapkan dalam hidup, salah satunya dengan rajin mengganti pakaian. Jika kamu berpikir mengganti pakaian dapat membuat cucian menumpuk, itu salah besar. Jika kamu tidak rutin melakukannya, maka dengan mudah membuat bakteri berkembang biak dan dapat menyebabkan bau badan. Saat kamu menggunakan satu pakaian untuk beraktivitas, maka bakteri pada kulit akan menempel di pakaian tersebut, sehingga wajib bagi kamu untuk mengganti pakaian secara rutin. Jangan malas ya!

Gunakan Body Butter

Kandungan shea atau mentimun dan strawberry pada body butter dapat memberikan kesegaran pada tubuh dalam waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, jika kamu inign memakai parfum, sebalinya jangan lewatkan untuk mengenakan body butter setiap harinya, ya.

Itu dia beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga aroma tubuh agar tetap harum sepanjang hari tanpa menggunakan parfum. Mudah, kan? Semoga bermanfaat.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.