Tips Aman Menggoreng Ikan Agar Minyak Tak Meletup

Tips Aman Menggoreng Ikan Agar Minyak Tak Meletup
sajiansedap.grid.id

Seruni.id – Jengkel gak sih ketika menggoreng ikan minyaknya selalu meletup-letup? Inilah yang membuat aktivitas menggoreng ikan menjadi menakutkan. Bahkan tak jarang, ikan yang digoreng sangat lengket.

Tips Aman Menggoreng Ikan Agar Minyak Tak Meletup
vietbao.vn

Perlu kita ketahui, hal tersebut terjadi karena metode yang kita gunakan kurang tepat sehingga membuat minyak panas meletup-letup. Lantas, gimana ya caranya agar letupan tak terjadi lagi? Yuk ikuti beberapa cara sederhana berikut ini:

1. Cuci Ikan dengan Bersih

Salah satu pemicu minyak meletup ialah karena adanya cairan di dalam tubuh ikan. Untuk itu, kamu perlu membersihkan ikan terlebih dahulu, kemudian rendam ke dalam larutan air lemon yang dicampurkan dengan garam selama 15 menit. Atau jika ingin lebih simpel, kamu bisa merendam ikan dalam tepung terigu.

2. Perhatikan Jumlah Minyak

Ketika menggoreng ikan, jangan lupa untuk memperhatikan jumlah minyak akan yang digunakan. Setidaknya jangan menuangkan minyak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan. Sebab, minyak nantinya akan naik ke permukaan karena dipicu oleh suhu panas. Dan semakin banyak jumlahnya semakin mudah pula untuk meluap.

3. Perhatikan Suhu Minyak

Sebelum memasukkan ikan ke dalam wajan, sebaiknya cek dulu suhu minyaknya, ya. Jika minyak panas, kamu bisa sedikit mengecilkan api untuk menghindari letupan minyak. Kemudian, cukup masak ikan dengan suhu kecil saja.

4. Tambahkan Sedikit Garam ke Dalam Minyak

Cara ini mungkin jarang diketahui, garam tidak hanya digunakan sebagai penambah rasa saja, namun garam juga bisa digunakan untuk membuat minyak tidak meletup. Caranya dengan memasukkanya saat minyak dipanaskan, dan biarkan hingga larut, jangan diaduk. Kemudian kamu bisa menggunakannya untuk menggoreng seperti biasa.

5. Menggunakan Daun Pisang

Bahan lain yang bisa digunakan untuk mengurangi letupan saat menggoreng ikan yakni daun pisang. Daun yang kerap dipakai untuk membungkus berbagai penganan tradisional ini diklaim mampu menyerap air yang ada di dalam minyak saat menggoreng. Kamu bisa menempatkan daun pisang ini ke dalam minyak yang sedang dipanaskan.

6. Meneteskan Perasan Jeruk Nipis

Kamu pun bisa menggunakan jeruk nipis untuk mengurangi letupannya, loh. Dengan meneteskan sedikit perasan jeruk nipis ke dalam minyak terbukti mampu mengurangi lengket serta cipratan minyak panas saat menggoreng. Gimana cara menggunakannya? Mudah banget kok, kamu tinggal tambahkan empat hingga enam tetes air jeruk nipis, lalu masukkan ikan dan masak sampai matang.

7. Rendam Ikan dengan Bumbu

Sebelum ikan digoreng, usahakan untuk merendam ikan dengan bumbu. Waktu untuk merendamnya minimal selama 2 jam. Merendam ikan dengan bumbu akan meminimalisir ikan lengket dan minyak meletup. Merendam minyak juga akan membuatmu mendapatkan rasa ikan goreng menjadi lebih gurih karena bumbu telah meresap dengan baik ke dalam daging ikan.

8. Tambahkan Sedikit Tepung Terigu ke Dalam Minyak

Tambahkan sedikit tepung terigu pada minyak goreng sebelum menggoreng masakan. Tepung terigu dapat menyerap kandungan air pada bahan makanan yang digoreng, sehingga tidak akan membuat minyaknya meletup.

9. Balik Ikan Setelah Kering

Pastikan untuk membalik ikan ketika bagian bawahnya sudah benar-benar kering. Sebab, jika ikan masih basah dan dibalik justru akan meningkatkan risiko lengket dan juga minyak meletup.

10. Gunakan Tutup Panci

Nah, yang terakhir adalah cara yang paling mudah dan mungkin sudah banyak orang yang menggunakannya. Tutup panci ini bisa digunakan ketika minyak mulai meletup. Saat membalik pun kamu disarankan untuk menurunkan suhu api terlebih dahulu agar minyak tidak mengenai tangan.

Baca Juga: Masak Udang Anti Amis, Ini Tipsnya

Gimana mudah ‘kan? Jika sudah tahu cara mengurangi letupan pada minyak saat menggoreng kamu tak perlu lagi khawatir, ya. Selamat mencoba semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.