Tips Aman Bagi Kalian yang Ingin Solo Traveling

Tips Aman Bagi Kalian yang Ingin Solo Traveling
wedangkopiprambanan.com

Seruni.id – Solo traveling kini tengah digandrungi anak muda. Sebab, kita bisa merasakan liburan tanpa perlu direpotkan dengan keberadaan orang lain. Meskipun berlibur bersama itu penting, namun apa salahnya kan jika ingin pergi sendiri saja?

Tips Aman Bagi Kalian yang Ingin Solo Traveling
pegi-pegi.com

Namun, meskipun kamu melakukan traveling sendirian, apalagi kamu adalah traveling pemula, bukan berarti kamu bisa bebas dari segala tindak kejahatan. Potensi untuk menjadi korban kejahatan tentu selalu ada, entah kecopetan, ditipu orang atau hal lainnya. Nah, untuk itu, kamu perlu mengetahui apa saja tips solo traveling untuk pemula. Berikut ulasannya:

1. Melakukan Riset

Sebelum melakukan solo traveling, pastikan kamu telah melakukan banyak kegiatan untuk menggali informasi terhadap tempat yang akan kamu kunjungi. Karena kamu pergi hanya seorang diri, maka semakin banyak data yang kamu peroleh, tentu akan semakin banyak pula sekenario untuk perjalananmu. Riset juga berguna untuk membantu mengatasi rasa gugupmu ketika hendak berlibur sendiri. Jangan lupa baca peta dengan seksama sebelum menuju lokasi.

2. Percaya pada Instingmu

Jika kamu merasa tidak aman dan nyaman dalam suatu situasi, ataupun pada seseorang yang menunjukkan gerak-gerik yang mencurigakan, jangan hiraukan, dan segera tinggalkan tempat tersebut. Tak perlu memikirkan apakah instingmu itu benar atau salah, ikuti saja apa yang dikatakan nalurimu. Namun, akan lebih baik kamu harus belajar cara untuk membela diri sebelum melakukan solo traveling.

3. Berani untuk Menolak

Jangan ragu untuk berkata tidak ketika kamu harus menolak ajakan seserorang, apalagi jika kamu tidak sama sekali mengenalnya. Sebab, solo traveling adalah tentangmu dan perjalanan tersebut. Ada banyak orang jahat yang mengetahui bahwa kamu adalah seorang pelancong yang pergi seorang diri, sehingga akan dengan segera mendekatimu dengan berbagai macam cara dan ajakan.

4. Jangan Perlihatkan Barang Berharga

Ketika kamu melakukan perjalanan berlibur sendirian, sebaiknya barang-barang berharga seperti perhiasan dan lainnya jangan kamu bawa. Penting diingat, bahwa kejahatan dapat terjadi dimana pun dan kapan pun. Kalaupun kamu membawa kamera, handphone dan benda-benda berharga lainnya, keluarkan jika memang benar-benar dibutuhkan saja, untuk meminimalisir kejahatan yang mungkin terjadi.

5. Siapkan Dompet Tiruan

Tips traveling sendirian yang selanjtunya adalah, kamu harus menyiapkan dompet tiruan. Kenapa sih harus membawa dompet tiruan? Sebenarnya cara ini untuk menjebak jika ada orang yang ingin jahat terhadap kita. Kamu bisa mengisi dompet tersebut dengan kartu nama palsu, kartu kredit yang sudah tidak terpakai, kertas-kertas bekas, atau sejenisnya agar terlihat seperti dompet asli. Sisipkanlah sedikit uang dengan nominal kecil, namun dengan jumlah lembaran yang banyak. Selain membawa dompet tiruan, membawa peluit juga sangat berguna untuk meminta pertolongan atau mencari perhatian agar semua melihat ke arahmu ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Jangan Beritahu Orang Lain Jika Kamu Sedang Solo Traveling

Ketika melakukan perjalanan seorang diri, hindari memberitahu orang yang baru kamu jumpai, bahwa kamu sedang sendirin. Meski tidak semua orang itu jahat, namun lebih baik kita lebih berhati-hati. Jadi, jika kamu ditanya, bilang saja kamu sedang melakukan perjalanan dengan keluarga atau sahabat.

7. Catat Nomor Penting di Daerah Tersebut

Selanjutnya, carilah informasi terkait nomor-nomor penting yang bisa kamu hubungi ketika kamu tengah berada di sebuah lokasi. Atau kamu juga bisa menanyakan kepada pengelola penginapan di tempatmu menginap. Hal ini betujuan untuk berjaga-jaga dari kondisi terburuk yang bisa menimpamu.

8. Jangan Lupa Kabari Orang Terdekatmu

Selalu beritahu dimana kamu berada dan ke mana kamu akan pergi kepada orang-orang terdekat, seperti keluarga atau sahabat. Sehingga mereka tidak khawatir akan keberadaanmu. Dengan begitu, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, mereka menjadi lebih mudah untuk melacak dan segera memberikan pertolongan.

Manfaat Solo Traveling

Melakukan solo traveling untuk pemula, bukan hanya seru saja. Ternyata solo traveling memiliki berbagai macam manfaat, loh. Berikut lima diantaranya:

Lebih Pintar Mengatur Keuangan

Berhubung kamu traveling sendiri, maka segala hal termasuk perkara keuangan akan kamu atur sendiri. Mulai dari urusan biaya tiket transportasi, penginapan, hingga konsumsi sehari-hari saat liburan harus betul-betul kamu atur sendiri, tanpa ada campur tangan orang lain. Apalagi, jika kamu melakukan perjalanan dengan budget yang minim, kemampuanmu untuk menyesuaikan budget dengan aktivitas liburan akan lebih terasah lagi. Jika hal ini sering dilakukan, kamu akan lebih pintar mengatur uang nantinya.

Punya Waktu Luang untuk Menikmati Liburan

Ketika kamu melakukan perjalanan bersama teman, perbedaan pendapat tentu akan kamu alamai. Misalnya saat berada di Jogja kamu ingin pergi ke Candi Borobudur, Prambanan dan lainnya dalam satu hari penuh. Tetapi, temanmu lebih memilih wisata belanja seharian, tentu waktu untuk menikmati liburan pun akan hilang sedikit. Maka dari itu, solo traveling membuat dirimu lebih bisa menikmati waktu liburan dengan santai sesuai dengan keinginanmu.

Menghilangkan Sifat Manja

Nah, jika kamu termasuk salah satu orang yang memiliki sifat manja, rasanya kamu harus mencoba melakukan solo traveling, nih. Karena dengan melakukan perjalanan sendirin, apalagi dengan konsep backpacker, sifat manja harus dibuang jauh-jauh. Karena kamu akan menjalankan segala sesuatunya sendirian, tanpa bantuan orang lain. Untuk itu, manfaat solo traveling sangat baik bagi kamu yang ingin menghilangkan sifat manja dan ingin lebih mandiri.

Banyak Belajar Tentang Budaya Setempat

Saat melakukan solo traveling, keadaan akan memaksamu untuk lebih membaur dengan masyarakat setempat, dimana kamu singgah. Tentu hal ini adalah hal yang sangat positif, karena kamu bisa belajar bagaimana caranya berosialisai dengan orang baru. lebih toleransi, dan belajar budaya yang berbea.

Biaya Lebih Hemat

Jangan lupa, ketika perpergian sendiri, biasanya budget yang dikeluarkan tentunya jauh lebih murah. Mengapa bisa? Karena kamu bisa bergabung dengan traveler lainnya di tempat tujuan untuk saling patungan jika ingin hal-hal tertentu.

Baca Juga: Ini yang Perlu Disiapkan Sebelum Traveling ke Alam Bebas

Itulah beberapa tips solo traveling untuk wanita serta beberapa manfaat yang akan didapat. Solo traveling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Kelebihan dan kekurangan solo traveling ini, tentu akan melatih kamu untuk membuat keputusan sendiri tanpa melakukan perundingan dengan orang lain, kamu pun akan menerima segala risiko yang akan dihadapi sendiri.

Dengan melakukan solo traveling, akan melatih instuisi kamu secara lebih baik dan lebih tajam dari biasanya. Bahkan terkadang kota lain tidak jauh lebih berbahaya dari kota yang kamu tinggali saat ini. Ketika melakukan perjalanan sendirian, yang terpenting tetaplah berada dalam jalur, berpikir positif, mengikuti tips aman yang telah Seruni jelaskan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.