7 Tips Cermat Mencari ART Infal Ketika Lebaran

  • Bagikan
7 Tips Cermat Mencari ART Infal Ketika Lebaran
nakita.grid.id

Seruni.id – Mendekati hari raya, biasanya banyak ART (Asisten Rumah Tangga) yang mudik alias pulang kampung. Tentunya ini akan menjadi PR besar untuk mencari ART infal untuk dipekerjakan sementara waktu. Namun sayangnya, mencari ART infal ketika lebaran tidaklah mudah.

7 Tips Cermat Mencari ART Infal Ketika Lebaran
haibunda.com

Banyaknya orang yang membutuhkan, membuat kita terkadang kesulitan mencari pembantu yang bagus, jujur, dan minim masalah. Nah, agar kamu bisa mendapatkan asisten rumah tangga yang sesuai keinginan dan pastinya aman, kamu bisa melihat beberapa tips yang akan Seruni berikan berikut ini:

 

1. Carilah Sejak Jauh-jauh Hari

Agar mendapatkan ART infal yang sesuai dengan kriteria yang kamu butuhkan, sebaiknya carilah sejak jauh-jauh hari. Karena permintaan ART untuk infal lebaran belum banyak, biasanya harganya pun masih terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa melakukan negosiasi dan menghindari ART yang ‘jual mahal’ karena permintaan jasa mereka yang sedang meningkat.

 

2. Mencari dari Sumber Terpercaya

Tips kedua dalam mencari ART infal adalah dengan mengambil pengganti sementara dari sumber yang terpercaya. Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk menyeleksi beberapa calon ART, maka kamu bisa memberikan kepercayaan kepada teman dekat, orangtua, atau sahabat. Intinya, kamu punya orang kepercayaan yang akan menginformasikan mengenai penyedia jasa ART infal.

 

3. Ketahui Kebutuhan Infal

ART infal terbagi menjadi dua jenis, yakni ada yang tugasnya hanya mengurus pekerjaan rumah dan ada pula yang hanya mengurus anak. Sebelum memutuskan untuk mencari ART infal, sebaiknya ketahui dulu apa kebutuhanmu. Sebab, biasanya menjelang lebaran, harganya akan jauh lebih mahal. Jadi, cobalah memilih dengan bijak.

 

4. pastikan Budget yang Masuk Akal

Umumnya, penyedia jasa ART akan memasang tarif lebih mahal daripada gaji ART biasanya. Maka dari itu, pertimbangkanlah berapa besaran gaji untuk ART infal. Kamu bisa mencari informasi dari berbagai sumber. Bisa dari internet, orang terdekat, tetangga, atau orang yang memang pernah menggunakan jasa ART infal. Jangan sampai kamu rugi karena mendapatkan ART dengan tarif yang tinggi.

 

5. Lakukan Wawancara

Tips mencari ART infal berikutnya adalah dengan melakukan wawancara. Saat mencari pembantu infal, tanyakan terkait identitas dan latar belakang orang tersebut secara detail. Hal ini agar kamu bisa mengenal karakter, kepribadian, kemampuan, hingga rekam jejaknya. Selain itu, jangan lupa juga untuk menanyakan pengalaman kerja serta apa saja keahliannya dalam hal pekerjaan rumah tangga. Ini penting sekali dilakukan, agar kamu dan calon ART bisa saling berkomunikasi dan memahami satu sama lain.

 

6. Aturan Waktu

Pastikan kamu telah menentukan seberapa lama kamu membutuhkan jasa ART infal ketika lebaran. Apakah setengah hari atau bahkan menginap. Sebaiknya, perlakukanlah mereka sesuai dengan kebutuhan. Jangan memaksa bekerja sampai batas waktu yang dijanjikan. Persilakan mereka pulang ketika pekerjaan memang sudah selesai.

 

7. Alternatif Lain

Cara ini sering kali digunakan oleh mereka yang enggan menggunakan atau mencari ART infal, yakni memberi tambahan gaji utuk ART yang waktu mudiknya bisa ditunda setelah lebaran. Biasanya, ini berlaku jika kamu memiliki lebih dari satu ART. Mengenai jumlah tambahan gaji, kamu bisa mengalikan jumlah hari dengan standar gaji ART infal yang akan di lingkungan rumah.

Baca Juga: Berawal dari Kamar ART, Yessy Menemukan Hidayah Hingga Jadi Muslimah

Apakah kamu berencana menacari ART infal? Kalau iya, kamu bisa menerapkan tips di atas. Semoga bermanfaat, ya.

  • Bagikan