Tips Diet Ala Clarissa Putri yang Berhasil Turunkan BB 40 Kg

  • Bagikan
Tips Diet Ala Clarissa Putri yang Berhasil Turunkan BB 40 Kg
instagram.c.om/clarissaputri_

Seruni.id – Beauty vlogger Clarissa Putri, sukses menurunkan berat badannya hingga 40 kg, loh. Semula, ia memiliki berat badan mencapai 145 kg. Namun kemudian, ia termotivasi untuk menurunkan berat badannya karena lelah harus bolak-balik masuk rumah sakit.

“Dari aku awal-awal tahun sakit-sakitan terus, sampai benar-benar masuk IGD terus,” kata Clarissa dikutip dari YouTube Luna Maya.

“Sampai akhirnya merasa, gue harus sehat,” imbuhnya.

Kabar yang belakangan ramai diperbincangkan ini, kemudian membuat banyak orang juga termotivasi untuk mengikuti jejak Clarissa Putri. Sebab, wanita yang tergabung dengan grup Samsolese ini, sudah berhasil menurunkan berat badannya hingga menjadi 100 kg. Lantas, apa sih tipsnya? Yuk simak berikut ini:

 

1. Konsultasi dengan Dokter

Melalui channel YouTube Luna Maya, Clarissa Putri menceritakan bagaimana proses diet yang ia lakukan. Di mana, saat itu berat badannya mencapai 140 kilogram. Sebelumnya, ia mengaku bahwa dirinya tidak membatasi makanan, alias segala jenis makanan pun ia makan.

Namun, karena pola makan tersebut, Clarissa sering mengalami sakit, bahkan hingga harus dilarikan ke IGD. Hal tersebutlah yang kemudian membuatnya sadar dan bertekad untuk mengubah pola makan dan menjalani diet. Hanya saja, diet yang dilakukannya tidak penah cocok.

Karena lelah akan hal tersebut, ia pun memutuskan untuk berkonsultasi dengan dokter gizi dr. Feni Nugraha. Bersama dokter gizi, Clarissa diajarkan tentang mengatur pola makan dan memilih jenis makanan yang sehat.

“Yang paling penting diubah mindsetnya. Bukan buat kurus, tapi buat sehat. Jadi dokter bikinin aku meal plan (rencana makan),” ujar Clarissa Putri.

Nah, jadi, buat kalian yang ingin diet, jangan asal melakukannya. Sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter, untuk mengetahui cara diet yang tepat dan sehat.

 

2. Tetap Makan Nasi

Banyak yang mengatakan, bahwa nasi adalah pemicu berat badan naik. Namun faktanya, tidak selalu demikian, ya. Semua tergantung pada porsinya. Melalui Insta Story, Clarissa juga memberikan tips mengonsumsi nasi ketika sedang malakukan program diet.

Meski sedang diet, hingga kini ia masih mengonsumsi nasi, loh. Namun, porsinya disesuaikan dengan kebutuhan kalori. Nasi yang dimaksud pun bukan nasi putih, melainkan nasi merah atau shirataki.

Sebab menurutnya, kedua jenis nasi itu memiliki kalori yang rendah. Dalam satu hari, ia makan dua kali yakni siang dan malam. Selain itu, ia juga tengah mengonsumsi nasi jenis lainnya, salah satunya adalah nasi porang.

“Baru banget minggu ini cobain, rasanya mirip banget kayak nasi putih. Tapi kalorinya lebih rendah cuma gak mau sering-seing sih. Lebih ke nasi merah atau nasi shirataki.” ujarnya.

 

3. Tetap Makan Malam

Katanya sih, makan malam bikin berat badan lebih cepat naik. Namun, menurut Clarissa, hal ini tidak selamanya benar, tergantung dengan memilih waktu dan jenis makanannya.

“Kenapa gak mesti makan malam? Padahal makan malem gak kenapa-kenapa. Kecuali makan malam di atas jam 10 atau 11 malam itu agak parah,” ujar Clarissa.

Makan malam masih boleh dilakukan, dengan catatan tidak terlalu larut. Ia juga mengatakan, bahwa diet tidak harus membuat diri tersiksa dengan melewati waktu makan.

“Atau kalau emang gak mau makan malam bisa kok diganti buah,” ujarnya.

 

4. Tetap Ngemil

Ketika sedang diet, ngemil menjadi tantangan tersendiri yang sering kali dihindari. Sebab, kebiasaan ngemil yang tidak sehat, hanya akan membuat berat badan lebih cepat naik. Tapi meski sedang diet, kamu masih tetap bisa ngemil, loh. Bagaimana caranya?

Gantilah cemilan yang tidak sehat dengan buah-buahan atau kacang-kacangan. Biasanya, Clarissa mengonsumsi buah apel, pir, atau jeruk. Selain itu, ia juga ngemil edamame 100 gram dan putih telur maksimal 4 porsi. Telur tersebut boleh direbus, orak-arik, atau dibuat omelette. Terkadang ia membuat camilan sendiri.

“Jelly buat sendiri tanpa gula. Terus makan plain yogurt dan roti gandum.” tuturnya.

 

5. Mengurangi Makanan dan Minuman Manis

Selama diet, menurut Clarissa, juga harus menghindari makanan dan minuman manis. Meski sulit, tapi ini harus dilakukan demi kelancaran diet agar berhasil. Kebetulan, dirinya tidak terlalu menyukai makanan dan minuman manis.

“Aku tipe orang yang gak suka minuman manis. Dan sebelum diet pun kalau di restoran aku pesennya minum putih. Selama diet ini aku gak minum itu jadi air putih aja,” ujarnya.

Yang terpenting bagi Clarissa adalah mengubah mindset agar dietnya berhasil. “Gue selalu tanamkan di pikiran gue gini ‘Ah udah tau kok rasanya, tapi gak boong kalau lagi pengen banget yaudah makan aja secukupnya’,” tutupnya.

Baca Juga: 8 Bahan Pengganti Gula, Sehat dan Aman untuk Diet

Jadi, itulah tips diet dari Clarissa Putri. Meski demikian, kamu juga harus mengimbanginya dengan olahraga, ya. Semoga ini menjadi motivasi untukmu.

  • Bagikan