Tips Hilangkan Bau Amis pada Kue

Tips Hilangkan Bau Amis pada Kue
Hilangkan Bau Amis pada Kue

Seruni.id – Banyak resep kue yang kerap memanfaatkan telur sebagai bahan pelengkapnya, baik kue kering maupun kue bolu dan lainnya. Telur memang memiliki fungsi yang signifikan, yakni dapat melembutkan adonan. Meski begitu, kerap kali kue yang dihasilkan justru menimbulkan bau amis. Sebenarnya, ada cara mudah untuk hilangkan bau amis pada kue, loh. Bagaimana caranya?

Tips Hilangkan Bau Amis pada Kue
Hilangkan Bau Amis pada Kue

Cek Resep dan Sesuaikan Jumlah Telur

Resep menjadi patokan utama untuk membuat kue. Membuat kue itu seperti sains, sebagia mungkin kita tak ingin salah takar, kan? Cobalah perhatikan jumlah telur yang sesuai dengan resep. Jika kamu sudah berani memodifikasi resep, kamu bisa mencoba untuk mengurangi atau menambahkan jumlah telur itu sendiri.

Namun, bagi pemula, kamu bisa mengurangi jumlah kuning telurnya. Misalnya, hanya membutuhkan tiga butir telur untuk membuat kue bolu. Nah, kamu bisa mencoba kurangi dengan memakai tiga putih telur dan 2 kuning telur saja.

Cek Kesegaran Telur Ketika Hendak Diolah

Mengecek kesegaran telur pun penting dilakukan agar dapat hilangkan bau amis pada kue. Jadi, sebaiknya, pilihlah telur yang masih segar, ciri-ciri telur yang segar adalah memiliki kuning telur berwarna cerah. Selain itu, putih telur pun tidak memiliki tekstur yang encer dan menyebar karena tandanya kuning telur tersebut kurang bahkan tidak segar.

Dengan memanfaatkan telur yang masih segar, aroma telur tentunya tidak terlalu menyengat dan meninggalkan rasa telur yang dominan dalam kue. Jika ragu dengan kualitas telur, pecahkan telur dalam wadah berbeda sebelum dicampurkan ke dalam adonan.

Tambahkan Bahan Aromatik yang Memiliki Rasa Khas

Apabila aroma atau rasa telur terasa menganggu adonan kue, kamu bisa menambahkan bahan-bahan yang memiiliki aroma dan rasa yang khas. Untuk bahan aromatik, kamu bisa memakai vanili, pandan, dan sedikit air perasa jeruk, sedangkan untuk bahan dengan rasa khas bisa coba pakai jeruk lemon atau madu. Tapi ingat, tetap sesuaikan bahan-bahan tersebut dengan resep kue, ya.

Itulah cara menghilangkan bau amis telur pada kue. Tak hanya perlu trik untuk setiap membuat kue yang enak, namun aroma yang sedap juga menjadi tanda berhasil membuat kue.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.