Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona

Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona
liputan6.com

Seruni.id – Liburan aman dan menyenangkan tentu sangat mengasyikan. Namun, di tengah merebaknya kasus virus Corona (Covid-19) yang dengan cepat menyebar ke beberapa negara di dunia menimbulkan kekhawatiran dan kepanikan. Lalu, apakah berlibur di tengah virus yang merajalela ini aman? Dan apa saja yang harus dipersiapkan agar kita tidak tertular ketika sedang liburan?

1. Sebelum Berlibur Kumpulkan Informasi Tentang Kondisi Destinasi Wisata

Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona
magazine.job-like.com

Sebelum berangkat berlibur, ada baiknya kamu lebih dulu mengumpulkan informasi tentang negara yang menjadi tujuan destinasi wisatamu. Kamu perlu mencari tahu kondisi terkini negara tersebut terkait virus Corona dan risiko penularannya. Beberapa negara seperti Italia dan Korea Selatan, juga telah mengeluarkan imbauan perjalanan yang perlu diperhatikan. Namun pastikan bahwa informasi yang kamu dapatkan berasal dari situs resmi yang terjamin kredibilitasnya alias bukan hoaks.

2. Jangan Lupa Gunakan Masker di Tengah Keramaian

Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona
m.caping.co.id

Ketika berada di tengah keramaian terutama spot yang dipenuhi oleh turis, sebaiknya selalu gunakan masker unutk melindungi dirimu. Bahkan, dianjurkan untuk menggunakan masker N95 yang dapat mencegah terhirupnya virus dan partikel halus. Sebab, kita tidak pernah tahu apakah turis lainnya berada dalam kondisi yang fit atau tidak.

3. Perhatikan Kesehatan Tubuh

Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona
blibli.com

Agar liburan aman, pastikan bahwa kamu dalam keadaan yang fit, baik sebelum berangkat pun setelah kepulanganmu. Menyiapkan obat-obatan darurat pribadi dan mengonsumsi vitamin sebelum keberangkatan sangat dianjurkan. Terlebih ketika kondisi virus yang tengah mewabah, tak ada salahnya jika kita mengantisipasi dengan vaksin. Bahkan, dengan adanya asuransi kesehatan selama perjalanan, akan menambah proteksi keamanan diri.

4. Siapkan Sabun Cuci dan Hand Sanitizer

Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona
femina.co.id

Penyebaran virus Corona melalui air liur dapat terjadi secara tidak langsung. Saat orang yang terinfeksi menutup mulut dengan tangan ketika batuk maupun bersin, air liur yang sudah terinfeksi akan menempel di telapak tangan dan berpindah ke benda-benda yang ia sentuh. Virus ini pun akan berpindah ketika ada orang lain yang menyentuh benda tersebut.

Oleh sebab itu, pentingnya menyiapkan sabun cuci tangan ataupun antiseptik ketika hendak berpergian. Kamu dan keluarga perlu mencuci tangan secara rutin, terutama sebelum menyentuh daerah wajah. Karena, kita tidak pernah tahu kapan dan di mana tangan kita menyentuh benda yang terkontaminasi virus Corona.

5. Perhatikan Kebersihan dan Kematangan Makanan

Tips Liburan Aman Di Tengah Merebaknya Virus Corona
magazine.job-like.com

Saat berlibur ke sebuah tempat, berwisata kuliner tentu akan dilakukan. Sensasi mencicipi makanan lokal yang belum pernah dimakan sebelumnya memang merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Namun, kamu harus lebih waspada saat berwisata di tengah wabah virus Corona. Jangan lupa untuk memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi sudah matang sempurna dan terjaga kehigenisannya. Perlu diketahui, virus Corona dapat mati jika dipanaskan sampai suhu 56 derajat celsius selama 30 menit.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Cara Efektif Membersihkan Smartphone Agar Terhindar Virus Corona

Jadi, di atas adalah tips-tips liburan aman yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari virus Corona. Berlibur boleh dilakukan selama kamu memahami risiko yang ada dan melakukan langkah pencegahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.