Tips Membiasakan Tubuh Berolahraga dengan Rutin

Tips Membiasakan Tubuh Berolahraga dengan Rutin
halodoc.com

Seruni.id – Ada banyak alasan yang membuat kita gagal berolahraga dengan rutin. Salah satu yang menjadi alasan paling pamungkas adalah malas. Padahal, jika ingin hidup lebih sehat, sesi olahraga yang terjadwal itu harga mati.

Tips Membiasakan Tubuh Berolahraga dengan Rutin
cnnindonesia.com

Lalu, ada gak sih tips membiasan tubuh berolahraga dengan rutin tanpa kehilangan semangat di tengah jalan? Ada dong! Di bawah ini, Seruni sudah merangkum beberapa tips agar rasa malas tersebut hilang seketika. Yuk ikuti tipsnya berikut ini.

1. Berani Memulai dan Jangan Ragu

Memulai berolahraga tentu dibutuhkan niat yang sungguh-sungguh dalam diri sendiri. Selain itu, mempersiapkan waktu juga penting agar tubh terkordinasi dengan otak sehingga olahraga bukan hanya sekedar niat saja. Sebelum memulai, katakan pada diri sendiri “Jika bukan sekarang, kapan lagi?”

Waktu harus dimanfaatkan dengan baik, terlebih jika kondisi tubuh masih dalam keadaan sehat. Jangan menunggu sakit baru keinginan berolahraga muncul. Apabila memiliki keinginan untuk berolahraga, segera saja lakukan. Lalu jadikan olahraga sebagai gaya hidup yang tidak merugikan.

2. Jadikan Olahraga Sebagai Sebuah Kebiasaan Baru

Cara paling ampuh agar olahraga menjadi kebiasaan adalah dengan tidak membiarkan dirimu berhenti melakukannya. Setelah mulai olahraga, jangan mencari-cari asalan untuk istirahat dulu meski hanya beberapa hari, itupun jika tidak ada hal yang mendesak. Sebab, ini bisa memanjang hingga beberapa bulan.

3. Ketika Ingin Berhenti Kembali Ingat Menfaatnya

Mungkin rasa ingin berhenti untuk berolahraga kerap terlintas di benak kita. Namun, coba deh diingat kembali apa alasanmu memulai olahraga dan lihatlah manfaat dan efek yang didapat dikemudian hari. Pikirkan kembali matang-matang alasanmu ingin berhenti. Jika merasa olahraga tidak merugikan, mengapa harus dihentikan?

4. Tak Perlu Memasang Target Terlalu Tinggi

Berjanjilah pada diri sendiri bahwa kamu akan berolahraga setiap hari selama satu bulan penuh, meskipun hanya 15-20 menit. Dengan begitu, kebiasaanmu berolahraga akan lebih cepat dan mudah terbangun.

5. Melihat Orang Lain Sebagai Role Model Olahraga

Untuk memulai berolahraga dengan rutin, kamu perlu memiliki motivasi dan role model dalam hidup. Hal ini karena seseorang cenderung malas dan belum ‘tertampar’ jika belum melihat orang lain lebih baik atau lebih sehat. Biasanya seseorang baru ingin melakukan sesuatu jika orang lain berhasil melakukan hal tersebut. Dengan artian, seseorang perlu melihat hasil terlebih dahulu baru mau melakukan.

Cobalah fokus dengan tujuan dan keinginan yang diinginkan, misalnya menginginkan tubuh lebih ramping, berotot, atau lebih bugar dengan cara berolahraga. Ingatkan diri sendiri bahwa memiliki tubuh ideal tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat.

6. Buat Olahraga Menjagi Hal yang Menyenangkan

Sebaiknya, jangan langsung memaksakan diri melakukan olahraga yang rumit dan membutuhkan tenaga yang banyak. Namun, buatlah olahraga menjadi lebih menyenangkan. Cobalah memilih olahraga seperti yoga, senam, bersepeda, atau berlahi santai. Sebab, olahraga tersebut tidak terlalu menguras tenaga.

Jangan lupa, memilih rute dan cara berolahraga yang menyenangkan. Misalnya memilih rute dan suasana baru ketika ingin berolahraga agar tidak bosan. Selain itu, mendengarkan musik bersemangat yang disukai sambil berolahraga juga dapat membuat suasana hari menjadi lebih baik dan senang.

7. Olahraga Bersama Teman

Banyak orang yang malas berolahraga karena tak ada temannya. Mungkin kamu salah satunya? Agar semangat dan rutin berolahraga, ajaklah temanmu untuk melakukannya. Kehadiran partnert berolahraga akan meningkatkan komitmen kamu berolahraga. Kamu bisa mengajak teman ataupun sahabat.

8. Beri Hadiah ke Diri Sendiri

Mengapresiasi diri sendiri penting untuk dilakukan, semisal ketika kamu sudah berhasil berolahraga dengan rutin. Tak ada salahnya memberi hadiah pada dirimu sendiri atas keberhasilan yang telah dilakukan. Pikirkan hadiah apa yang bisa diberikan untuk dirimu sebagai motivasi.

Baca Juga: 7 Dampak Buruk Akibat Tubuh Kurang Gerak, Kaum Rebahan Wajib Baca

Semoga tips memulai olahraga dengan rutin yang telah Seruni berikan di atas dapat membantumu agar tidak lagi malas berolahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.