Ini Tips Makan Enak Saat Idul Adha Tanpa Khawatir Kolesterol Naik!

  • Bagikan
Ini Tips Makan Enak Saat Idul Adha Tanpa Khawatir Kolesterol Naik!
health.detik.com

Seruni.id – Mau makan enak saat Idul Adha, tapi takut kolesterol naik? Sekarang kamu tidak perlu lagi khawatir akan kolesterol, karena Seruni akan memberikan tips amannya berikut ini:

Ini Tips Makan Enak Saat Idul Adha Tanpa Khawatir Kolesterol Naik!
tamasia.co.id

Idul Adha sudah di depan mata, banyak persiapan yang perlu dilakukan. Salah satunya adalah menyiapkan berbagai hidangan lezat untuk disantap bersama keluarga tercinta. Momen Idul Adha ini pastinya banyak sekali olahan daging yang dibuat, baik di hari itu maupun setelahnya. Namun, bagaimana dengan penderita kolesterol dan takut jika kolesterolnya naik? Tenang saja, karena Seruni telah merangkum beberapa tips makan enak saat Idul Adha tanpa khawatir kolesterol naik, yakni sebagai berikut:

1. Olah dengan Menggunakan Rempah-rempah

Ciri khas dari masakan Indonesia adalah rempah-rempahnya. Beragam jenis rempah di Indonesia, dapat membuat hidangan menjadi lebih nikmat dan sehat. Sebab, rempah merupakan sumber nutrisi yang dikemas dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Menurut sebuah penelitian, jenis rempah seperti bawang putih, kunyit, dan jahet sangat efektif untuk menurunkan kolesterol, terlebih jika mengonsumsinya secara teratur.

Faktanya, mengonsumsi satu siung bawang putih per hari selama tiga bulan, sudah cukup untuk menurunkan kolesterol total sebesar 9%. Bukan hanya berperan dalam menurunkan kolesterol saja, bumbu dan rempah-rempah mengandung antioksidan yang mencegah kolesterol LDL teroksidasi, mengurangi pembentukan plak di dalam arteri. Jadi, kalau kamu ingin makan enak saat Idul Adha dan kolesterol tetap aman, jangan lupa untuk menambahkan rempah ke dalam olahan, ya.

2. Imbangi dengan Makanan yang Mengandung Lemak Tak Jenuh

Tips makan enak saat Idul Adha berikutnya yakni imbangilah dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh. Menurut sebuah penelitian, ketika seseorang mengganti sebagain besar lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, maka kolesterol akan berkurang hingga 9% dan kolesterol LDL “Jahat” sebesar 11%, hanya dalam waktu delapan minggu.

Studi jangka panjang juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak lemak tak januh dan lebih sedikit lemak jenuh cenderung memiliki kadar kolesterol lebih rendah dari waktu ke waktu. Lantas, apa saja sih makanan yang mengandung lemak tak jenuh? Mulai dari alpukat, ikan berlemak, hingga kacang-kacangan.

3. Kurangi Mengonsumsi Gula Tambahan

Selain lemak jenuh, mengonsumsi gula tambahan terlalu banyak, juga dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol, loh. The American Heart Association merekomendasikan, untuk tidak mengonsumsi gula tambahan lebih dari 100 kalori (25 gram) per hari untuk perempuan dan anak-anak.

Sedangkan untuk pria, tidak lebih dari 150 kalori (37,5 gram). Jadi, setelah makan enak saat Idul Adha, misalnya mengonsumsi daging, usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman manis, ya. Sebaiknya ganti air dengan air putih atau infused water.

4. Jangan Lupa Imbangi dengan Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat penting sekali dikonsumsi, apalagi setelah makan enak saat Idul Adha. Mengonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Buah dan sayuran juga mengandung antioksidan dalam jumlah tinggi, yang dapat mencegah kolesterol LDL teroksidasi dan membentuk plak di arteri. Maka dari iru, saat mengonsumsi daging, usahakan imbangi dengan olahan sayuran lainnya. Seperti salad, bayam, sop, dan lainnya.

5. Makan Secukupnya Saja

Saat momen Idul Adha, terkadang kita dibuat kalap dengan berbagai hidangan yang ada. Maklum, perayaan lebaran kurban hanya satu tahun sekali. Meski demikian, bukan berarti kita boleh makan banyak, ya. Sebaiknya, ambil lauk secukupnya saja, misalnya sate saja, gulai saja, atau rendang saja, makan sepotong atau dua potong dan perbanyak dengan sayuran. Dengan mengontrol asupan yang masuk ke dalam tubuh, akan membuat perut terasa lebih nyaman dan kolesterol tetap aman. Selain itu, usahakan untuk tidak makan daging setelah pukul 19.00. Hal ini bertujuan agar lemak tidak menumpuk karena sistem pencernaan beristirahat saat malam hari.

Baca Juga: 5 Trik Mengolah Masakan Bersantan Saat Lebaran Agar Minim Kolesterol

Nah, sekarang kamu sudah tahu, kan, apa saja yang perlu dilakukan agar kolesterol tetap aman? Hal yang terpenting adalah menjaga porsi makan, meski banyak makanan yang tersedia, tapi anggaplah makan daging sebagai rasa syukur atas kecukupan dengan penuh rasa pengendalian diri. Semoga kamu menerapkan tips makan enak saat Idul Adha di atas, ya.

  • Bagikan
seruni.id