5 Tips Membeli Rumah dengan Gaji UMR, Cocok untuk Milenial!

  • Bagikan
5 Tips Membeli Rumah dengan Gaji UMR, Cocok untuk Milenial!
kompas.com

Seruni.id – Membeli rumah dengan gaji UMR, mungkin memang sedikit sulit. Apalagi, setiap tahunnya harga properti terus meroket. Namun, jangan berkecil hati dulu, ya. Sebab, sulit diwujudkan bukan berarti tidak mungkin bisa terwujud sama sekali. Untuk para milenial yang ingin membeli rumah, berikut Seruni punya beberapa tips yang bisa kalian lakukan, di antaranya:

5 Tips Membeli Rumah dengan Gaji UMR, Cocok untuk Milenial!
glints.com

1. Pastikan Kamu Hemat

Sebagai milenial yang ingin membeli rumah dengan gaji UMR, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berhemat. Mulai sekarang, cobalah tinggalkan kebiasaan-kebiasaan konsumtif untuk mencapai cita-cita dan memiliki rumah idaman. Selain itu, buatlah mindset jika rumah adalah keperluan utama bukan yang lainnya.

2. Menabung

Hemat saja ternyata tidak cukup untuk bisa membeli rumah dengan gaji UMR. Kamu perlu juga untuk menabung secara konsisten, sisihkan uang gaji minimal 20% setiap bulannya, buatlah rekening khusus pada bank dan jangan bercampur dengan rekening untuk pengeluaran harian.

3. Mencari Uang Sampingan

Namun, jika gajimu hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari saja, ini saatnya kamu berpikir untuk mencari penghasilan tambahan seperti memulai bisnis sampingan. Ada banyak hal yang bisa menambah uang sampinganmu. Misalnya, kalau kamu hobi membuat konten, maka kamu bisa membuat akun YouTube atau apapun yang bisa menghasilkan cuan.

4. Jangan Mengontrak

Cara agar bisa membeli rumah dengan gaji UMR berikutnya adalah dengan tidak mengontrak. Pasalnya, mengontrak rumah akan membuatmu jauh lebih boros. Misalnya, kamu mengontrak dengan biaya 1 juta per bulan. Jika diakumulasikan, maka dalam waktu satu tahun dana yang kamu keluarkan sebesar 12 juta. Padahal, angka tersebut sebenarnya bisa kamu gunakan untuk uang muka membeli rumah subsidi.

Namun, jika terpaksa dilakukan karena jarak dengan tempat kerja, sebaiknya carilah rekan yang mau diajak untuk membayar secara kolektif. Sehingga, uang yang kamu keluarkan tidak sebanyak yang seharusnya. Bahkan, dengan begitu, kamu masih bisa menyisihkan uangnya untuk menabung, loh.

5. Memilih Lokasi Rumah

Lokasi rumah sangat menentukan harga rumah itu sendiri, loh. Sehingga, jika kamu ingin membeli rumah dengan gaji UMR, pilihlah rumah dengan harga yang terjangkau dengan budget yang kamu miliki, baik dari segi DP maupun cicilan ke depannya. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempertimbangkan apakah rumah tersebut dekat dengan fasilitas transportasi umum seperti terminal atau stasiun.

Baca Juga: 8 Tips Membeli Rumah Bekas Agar Tidak Tertipu

Jadi, itulah beberapa cara agar kamu bisa membeli rumah meski kamu hanya berpendapatan UMR. Seruni harap, kamu tidak patah semangat untuk mewujudkan cita-citamu itu, ya. Walaupun memang tidak mudah, tapi kalau kamu terus berusaha, percayalah impianmu untuk memiliki rumah bisa menjadi kenyataan. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan