10 Tips Cerdas Memilih Catering untuk Pernikahan

10 Tips Cerdas Memilih Catering untuk Pernikahan

Seruni.id – Belum lama ini, viral sebuah video di media sosial yang memperlihatkan resepsi pernikahan dengan meja prasmanan yang kosong tanpa ada makanan. Padahal, sudah banyak tamu undangan yang berdatangan. Hal ini dikarenakan mereka tertipu dengan jasa catering untuk pernikahan yang mereka pilih. Tentunya ini membuat pengantin kecewa.

10 Tips Cerdas Memilih Catering untuk Pernikahan

Di mana pada acara tersebut harusnya mereka bisa berbahagia, tapi justru diselimuti kesedihan. Berkaca dari pengalaman tersebut, membuat kita harus lebih jeli dan berhati-hati dalam memilih catering untuk pernikahan. Agar kasus ini tidak terjadi pada dirimu atau keluargamu, maka perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Cek Media Sosial

Media sosial menjadi sebuah acuan untuk menilai kinerja (review) wedding organizer atau vendor jasa pernikahan. Jangan malas untuk membaca testimony atau ulasan dari pengguna jasa sebelumnya, ya.

2. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan harga yang murah? Kebanyakan dari kita tentu menginginkan hal ini, apalagi jika dana yang dimiliki terbatas. Sebenarnya tak masalah jika menginginkan harga murah, tapi ada yang perlu kamu perhatikan nih. Sebab, beberapa penyedia jasa pernikahan termasuk catering yang menawarkan harga miring, tapi dengan nilai minus.

Meski demikian, jangan pula meremehkan harga murah, ya. Karena tidak semua yang murah itu tidak berkualitas. Kamu harus berhati-hati dan memastikan track record perusahaan tersebut baik. Perhatikan plus minus dari harga yang ditawarkan vendor tersebut.

3. Pastikan Tingkat Popularitas Catering

Tips cerdas memilih catering untuk pernikahan berikutnya adalah, melihat tingkat popularitasnya. Pastikan warga yang berada di sekeliling tempat tinggal, kerabat, atau banyak dari teman kamu memberikan rekomendasi untuk memilih jasa katering tertentu. Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang jasa yang disarankan tersebut melalui berbagai media online. Pastikan rating dan ulasannya bagus.

4. Pastikan Menu Paket Makanan Beragam

Dalam memilih catering untuk pernikahan, kamu juga harus memastikan bahwa mereka memiliki makanan yang beraneka ragam. Jika menunya terlalu sedikit, tentu kamu tidak bisa menjamu dengan baik dan memasukan, kan? Pastikan menu paket catering berjumlah minimal 7 atau 8 paket, agar pilihan kamu tidak terlalu terbatas, dan menunya sama ketika jasa katering tersebut juga disewa oleh rekan kamu yang sedang memiliki hajat.

5. Cicipi dan Pastikan Kualitas Cita Rasa Makanan

Kalau kamu sudah menemukan salah satu jasa catering untuk pernikahan yang sesuai, dengan tingkat rekomendasi, dan popularitas yang tinggi, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui cita rasa makanan yang dimasak oleh para chef ahli di perusahaan tersebut. Caranya dengan mencicipi salah satu produk makanannnya, atau kamu melakukan pengenalan rasa makanan dengan food tasting pada sedikit hasil masakannya. Tentu kamu akan diperbolehkan untuk melakukan hal ini jika pelayanan perusahaan yang Anda kunjungi berpredikat baik.

6. Perhatikan Kualitas Layanan Pelanggannya

Tidak ada larangan untuk memberikan penilaian utama terhadap cita rasa makanan serta tingkat popularitasnya. Namun, ada baiknya kamu juga perlu memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan oleh catering tersebut, ya. Hal tersebut sangatlah penting, karena mereka harus melayani tamu undanganmu dengan baik. Jika tidak dilayani dengan baik, maka akan sangat buruk bagi popularitasnya. Selain itu, penilaian buruk tidak hanya diberikan kepada jasa catering saja, tapi juga kepada pemilik acara.

7. Pastikan Pemilik Catering Orang Ramah dan Bisa Bernegosiasi

Selain pelayanan yang baik, kamu juga membutuhkan pemilik jasa catering yang berkepribadian baik pula, karena akan sangat bermanfaat ketika melakukan negosiasi. Tindakan tersebut perlu dilakukan guna memastikan bahwa anggaranmu sesuai dengan kebutuhan pembayaran jasa catering. Selain itu, negosiasi juga berguna untuk mendiskusikan waktu dan saat yang tepat tentang dilaksanakannya pernikahan agar jasa katering bisa menyesuaikan job desk nya dengan acaramu.

8. Pastikan Bahwa Makanan Diolah dengan Proses Higienis

Penilaian dan kualitas makanan catering yang sangat penting selanjutnya harus kamu berikan pada tingkat higienisnya saat proses makanan sedang diolah dan disajikan kepada para tamu. Penilaian tersebut perlu dilakukan agar setiap orang yang memakan makanan tersebut tidak akan mengalami gangguan maupun kesakitan. Jasa catering yang memiliki rating tinggi biasanya memiliki kualitas baik, khususnya dalam menjaga kondisi makanan agar selalu higienis.

9. Cari Catering yang Tidak Terlalu Sibuk

Ada sejumlah catering yang biasanya menerima orderan dalam sekali waktu dengan jumlah banyak. Maka dari itu, kamu perlu memastikan tanggal yang sudah kamu tentukan, catering tersebut tidak terlalu banyak menerima orderan. Sekalipun pihak catering akan berupaya optimal berapapun orderan yang mereka garap dalam seklai waktu, namun ketika satu vendor ‘over capacity’ maka kemungkinan pelayanan akan sedikit keteteran dan tidak maksimal bisa terjadi. Tentu hal ini tidak kmau inginkan, kan?

10. Mau Menandatangani Kontrak Kerja dengan Jelas

Meskipun kamu sudah percaya dengan catering tersebut, tapi kontrak tertulis akan tetap diperlukan, ya. Hal ini berguna ketika nanti selesai acara ternyata pelayanan mereka jauh dari yang dijanjikan. Dalam kontrak kerja ini misalnya tertulis klausal ketika pelayanan bubruk atau jauh dari yang dijanjikan maka pihak catering bersedia melakukan ganti rugi. Seperti pengembalian dana seklian persen dari nilai paket dan sebaginya. Poin tersebut tergantung dari kesepakatan dan kebutuhan kita dengan pihak penyedia jasa catering untuk pernikahan.

Baca Juga: Tips dan Cara Buka Usaha Catering Rumahan

Demikianlah 10 tips cerdas memilih catering untuk pernikahan. Semoga artikel ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi kamu calo pengantin yang akan menggunakan jasa catering untuk acara pernikahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.