Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Seruni.id – Cincin pernikahan, biasanya menjadi simbol ikatan suci nan sakral antara dua insan. Cincin juga menjadi salah satu item penting untuk diperhatikan oleh pasangan calon pengantin. Tak hanya sekedar simbol, cincin yang bisa dikenakan pada jari manis masing-masing mempelai ini, memiliki makna mendalam. Wajar saja, karena benda ini diharapkan bisa dipakai seumur hidup. Nah, agar tak salah pilih, ada beberapa tips memilih cincin pernikahan sebelum membelinya. Berikut ulasannya:

1. Sesuaikan dengan Budgetmu

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Cincin pernikahan dari berbagai brand, selalu menawarkan keindahan serta kilauan yang sanggup memenuhi impian setiap calon mempelai pengantin. Tapi sebelum memilih model cincin kawin, sebaiknya pastikan terlebih dahulu berapa budget yang kamu anggarkan untuk membeli sepasang cincin pernikahan. Karena dengan begitu, kamu bisa lebih leluasan dalam menentukan model cincin nikah yang unik sesuai seleramu.

2. Kenali Model Cincin Pernikahan yang Diinginkan

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Salah satu model cincin pernikahan yang masih menjadi favorit para calon mempelai pengantin adalah solitaire. Cincin mas kawin dengan bentuk bulat dan polos mengandung filosofi terjadinya kehidupan rumah tangga yang lancar tanpa adanya hambatan. Akan tetapi, semua kembali kepada kamu dan pasangan, cincin seperti apa yang paling sesuai dengan karakter dan kepribadian kalian beruda.

3. Kenali Bahan Cincin yang Digunakan

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Tips memilih cincin pernikahan yang selanjutnya adalah dengan mengetahui bahan apa yang digunakan. Kamu bisa memilih cincin dengan desain sederhana sampai merah berhias batu permata sampai berlian. Biasanya, terdapat tiga bahan yang biasa digunakan dalam pembuatan cincin, diantaranya yakni:

• Palladium merupakan salah satu logam mulia yang dikenal kuat dan tahan lama. Kekokohan logam ini membuat cincin tidak mudah rusak, meski sering digunakan setiap hari. Bila dilihat dari segi harga, Palladium termasuk logam yang cukup ekonomis bila dibandingkan emas kuning.
• Emas menjadi perhiasan yang paling populer dan elegan. Tingginya harga emas, membuat sebagian calon pengantin lebih memilih emas putih karena dinilai lebih efisien.
• Platinum merupakan logam yang memiliki warna transisi putih dan abu-abu. Banyak yang bilang kalau platinum memiliki kualitas yang jauh lebih tinggi dari emas untuk dijadikan cincin pernikahan. Platinum juga minim reaksi alergi pada kulit pemakai karena pada umumnya platinum mengandung logam mulia yang hypoallergenic.

Pada dasarnya, masing-masing jenis bahan cincin di atas, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

4. Tentukan Ukuran Cincin

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Selanjutnya, kamu bisa menentukan ukuran cincin yang sesuai dengan ukuran jarimu. Sebaiknya hindari memilih cincin pernikahan dengan ukuran terlalu besar atau terlalu kecil dengan ekspetasi perubahan berat badan pasca pernikahan. Saat terbaik untuk membeli cincin pernikahan adalah di sore hari ketika kamu berada dalam suhu tubuh normal. Jangan membeli cincin secara tergesa-gesa yang justru menimbulkan kesalahan pemilihan ukuran cincin.

5. Periksa Kualitas Cincin dan Pikirkan Perawatannya

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Pembelian cincin pernikahan dengan kualitas baik, biasanya akan dilengkapi dengan dokumen yang lengkap. Biasanya dokumen cincin pernikahan akan disertai dengan keterangan bahan, kadar, tanda pembuatan cincin, hingga tanda kualitas seperti 24K atau PLAT. Beberapa toko perhiasan juga menyediakan fasilitas garansi apabila sewaktu-waktu ingin membersihkan atau mengubah ukuran cincin. Tak hanya itu saja, cincin dengan berbahan dasar logam mulia memerlukan perawatan khusus untuk menjaga penampilannya agar tetap berkilau. Untuk itu, pelajari cara merawat yang paling mudah menurutmu, terlebih karena cincin akan terus melekat di jarimu.

6. Perhatikan Kepraktisan Cincin

Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu
google.com

Saat memilih cincin pernikahan yang penting diperhatikan lagi adalah kepraktisan cincin. Utamakan memilih cincin yang praktis dan nyaman digunakan sehingga bisa meminimalisir hilangnya cincin pernikahan. Sebab, dalam banyak kasus yang ada, tidak sedikit pasangan pengantin yang kehilangan cincin pernikahan karena cincin yang dipilih modelnya terlalu rumit dan mencolok sehingga tak nyaman digunakan.

Baca Juga: 10 Inspirasi Gaun Pernikahan Ourdoor untuk Muslimah

Itulah tips memilih cincin pernikahan sesuai impianmu. Pastikan cincin pernikahan yang nantinya akan kamu pilih, selalu menjadi simbol yang mengingatkanmu dan pasangan untuk selalu bersama-sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.