Grogi Saat Presentasi? Begini 9 Cara Ampuh Mengatasinya

Grogi Saat Presentasi? Begini 9 Cara Ampuh Mengatasinya
google.com

Seruni.id – Grogi adalah salah satu masalah yang sering sekali dialami banyak orang. Terlebih ketika mereka ingin melakukan presentasi. Grogi saat presentasi, tak hanya dirasakan oleh pemula saja, bahkan pembicara yang sudah profesional sekalipun dan memiliki jam terbang tinggi, juga bisa grogi, loh. Grogi wajar sekali terjadi.

 Grogi Saat Presentasi? Begini 9 Cara Ampuh Mengatasinya
liputan6.com

Jangan risau jika kamu masih merasa grogi, karena kamu tidak sendirian, banyak orang yang juga mengalami hal yang sama. Kendati demikian, meski perasaan canggung dan gugup itu normal, tapi kalau tida terkendali dengan baik, sangat berpotensi besar menganggu jalannya presentasi.

Nah, untuk itu, kamu harus tahu nih apa saja cara agar tidak gugup saat presentasi di depan kelas, atau dimana pun itu. Mau tahu bagaiamana caranya? Simak artikel ini sampai selesai, ya. Dan pahami poin-poin yang harus kamu lakukan, jangan sampai ada yang terlewat, ya. Berikut cara agar tidak gugup saat berbicara:

1. Lakukan Persiapan Sematang Mungkin

Tak jarang, grogi saat presentasi dikarenakan hal penting yang kerap dianggap spele, yakni kurangnya persiapan. Ketakutan tersebut timbul ketika kita merasa ada yang kurang dari perispan yang dilakukan. Untuk mengatasinya, kamu harus mempersiapkan materi yang akan disampaikan. Pelajari semua hal yang harus disampaikan saat presentasi nanti. Mulai dari penetapan tujuan, mengalasi siapa audiens yang akan hadir, penguasaan dan penyusunan materi, pembuatan media visual menarik jika memang menggunakan media visual dan lain-lain. Jadi, jika ingin mengatasi grogi, dan ingin sukses dalam presentasi, maka lakukanlah persiapan sebaik dan sematang mungkin.

2. Berpikir Positif

Biasanya ketika hendak melakukan presentasi, grogri kerap kali diiringi dengan rasa gemetar pada sekujur tubuh. Seperti yang telah disebutkan di atas, hal ini terjadi karena ketakutan yang berlebih. Nah, cara mengatasi gemetar saat presentasi itu, mudah sekali. Kamu hanya perlu berpikir positif. Bayangkan hal-hal baik yang terjadi ketika kamu sedang presentasi. Bayangkan juga senyuman audiens kepadamu. Dengan keadaan rileks seperti ini, rasa grogi akan turun secara signifikan. Jangan lupa, saat mengawali presentasi, ucapkanlah kata-kata positif. Hindari kalimat merendah seperti “Maaf”, “Saya sebetulnya kurang ahli di bidang ini,” dan sebainya. Sebab, untuk menjadi orang yang rendah hati, bukan berarti kamu harus merendahkan dirimu sendiri. Karena kalimat-kalimat merendahkan tersebut, justru akan membuat pikiran negatif menguasai dirimu.

3. Datang Lebih Awal

Ketika kamu akan menjadi pembicara dalam sebuah presentasi, usahakan untuk datang lebih awal. Terlebih jika kamu akan melakukan presentasi di tempat baru, dengan audiens yang sama sekali belum kamu kenal. Dengan datang lebih awal, kamu akan punya kesempatan untuk mengenali dan merasakan suasana ruangan yang akan digunakan, mengecek persiapan dari sisi peralatan, dan lainnya. Kamu juga akan berkesempatan untuk mengenali jenis audiensmu. Meskipun tidak bisa semuanya, namun demikian jika kamu bisa melakukannya, percayalah kamu akan jauh lebih tenang. Ini bisa menjadi cara menghilangkan grogi saat berbicara di depan audiens.

4. Jangan Lupa Tersenyum

Percayalah, ketika kita akan terlihat lebih baik ketika tersenyum. Begitupun dengan kamu yang akan melakukan presentasi, entah itu di depan kelas, pun di depan atasanmu. Sebab, ketika para audiens melihatmu tersenyum, ekspresi mereka pun akan berubah menjadi positif. Dan tentunya ini akan membuatmu lebih tenang. Ingat, rileks akan menurutnkan tingkat grogimu. Namun, ketika dalam presentasi tersebut ada hal sedih atau emosional tinggi yang harus diungkapkan, maka ungkapkanlah dan hilangkan senyumanmu itu untuk pensuasanaan audiens.

5. Sikap Tubuh

Sikap tubuh tidak hanya penting untuk penampilan saat presentasi saja, tapi ini juga menjadi cara mengatasi grogi saat presentasi. Mulailah dengan posisi yang paling nyaman, yaitu dengan berdiri tegap dan membuka kaki selebar pinggul. Lalu letakkan kedua tanganmu di samping paha, kemudian tarik dan hembuskan napas pelan-pelan. Untuk wanita, letakkan satu kaki di depan lainnya dan lakukan hal yang sama. Selama presentasi kamu diperbolehkan menggerakkan tangan untuk penegasan. Yang perlu diperhatikan saat menggerakan tangan adalah, pastikan posisi tangan selalu terbuka. Jangan biarkan kedua telapak tangan menyentuh bagian tangan manapun, paling aman selalu jauhkan kedua tanganmu. Sebab, posisi tangan yang tertutup dapat menyebabkan pikiranmu ikut tertutup.

6. Mengatur Napas

Cara mengatasi suara gemetar saat presentasi yang diakibatkan karena grogi yang berlebihan, yaitu dengan cara menarik napas dalam-dalam melalui hidung lalu keluarkan lagi melalui hidung dengan perlahan. Lakukan hal ini selama 5-6 kali sesaat sebelum naik ke podium atau maju ke depan. Dengan mengatur napas, kamu akan merasa lebih tenang, karena aliran oksigen akan mengalir lancar ke dalam otak sehingga kamu dapat berpikir dengan jernih.

7. Fokus pada Presentasi

Saat presentasi sedang berlangsung, ada kalanya terjadi gangguan di luar dugaan. Seperti proyektor yang tiba-tiba tidak berfungsi atau hal lainnya. Jika situasi ini terjadi, diharapkan hal ini tidak membuat fokusmu terpecah. Sebaiknya, tetaplah fokus pada presentasimu. Sebab, ini bukan menjadi kesalahanmu. Kamu yang mengerti dirimu sendiri. Jika diperlukan untuk membawa secarik kertas berisi poin-poin penting, ada baiknya kamu yang membawanya. Karena hal ini akan memudahkanmu untuk sedikit “mencontek” poin pentinf yang harus disampaikan agar tidak terlewatkan.

8. Jangan Lupa Berdoa

Cara mengatasi grogi saat presentasi adalah dengan berdoa. Kebanyakan orang, melupakan bahkan menganggap ini spele. Padahal, dengan berdoa meminta kemudahan dari Yang Maha Kuasa merupakan teknik paling dasar untuk mengurangi atau menghilangkan grogi saat presentasi.

9. Terus Berlatih

Setelah presentasi selesai, tentu kamu akan mendapatkan giliran presentasi kembali suatu saat nanti. Selalu lakukan evaluasi terhadap diri sendiri dan juga lakukan persiapan dan latihan agar lebih mantap lagi. Jangan lupa untuk selalu meminta saran dari beberapa hadirin yang merupakan rekanmu mengenai presentasi yang telah kamu sampaikan.

Baca Juga: Hindari 6 Hal ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja

Pada dasarnya semua orang yang ingin presentasi pasti akan merasakan grogi. Grogi bisa datang kapan saja, dan menghilang begitu saja. Tapi kini kamu tak perlu khawatir lagi, karena sejatinya grogi dapat dikendalikan, jika kamu menerapkan sembilan tips di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.