Tips Menghilangkan Stres dalam 30 Menit, Dicoba Yuk!

  • Bagikan
Tips Menghilangkan Stres dalam 30 Menit, Dicoba Yuk!
freepik.com

Seruni.id – Menghilangkan stres dalam 30 menit? Memangnya bisa, ya? Buat kamu yang sedang merasakannya, semoga tips dari Seruni ini, dapat membantumu untuk meredakannya, ya.

Tips Menghilangkan Stres dalam 30 Menit, Dicoba Yuk!
freepik.com

Stres adalah hal yang sulit sekali dihindari. Terlebih, ketika banyak masalah menghampiri dan setumpuk pekerjaan yang menanti. Tentunya ini sangat menganggu produktifitas, kan? Bisa dibilang, setiap orang pasti memiliki tekanan dalam hidupnya, baik kecil maupun besar. Namun, yang menjadi permasalahannya adalah tinggal bagaimana kita menghadapinya.

Untungnya ada cara untuk menghilangkan stres yang mudah sekali, bahkan tidak perlu meminta bantuan dokter atau psikolog. Adapun caranya yaitu dengan bermeditasi. Hal ini bisa kamu lakukan hanya dalam waktu 30 menit saja, loh. Untuk mengetahui langkah-langkahnya, kamu harus menyimaknya sampai selesai.

 

1. Ambil Posisi Nyaman

Kenyamanan adalah kunci untuk dapat mengelola stres, menyegarkan pikiran, dan mempengaruhi bagaimana pikiran bekerja. Sehingga langkah awal yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan stres adalah dengan memilih posisi yang menurutmu paling nyaman.

Tempat duduk yang kamu pilih untuk bermeditasi pastikan nyaman, ya. Misalnya, kursi yang empuk atau lantai yang dingin. Karena kedua hal tersebut, dapat menjadi solusi tepat mendapatkan ketenangan. Tidak ada ketentuan khusus, asalkan mampu membantumu lebih rileks.

Aturlah posisi duduk dengan tegap agar tidak merasakan sakit selama duduk selama 30 menit ke depan. Jika kamu lebih rileks duduk di kursi, buat kaki menempel kuat pada lantai agar tidak mudah kehilangan fokus.

 

2. Tutup Mata Perlahan

Selain mencari posisi ternyaman, langkah yang bisa kamu lakukan beritnya adalah menutup mata. Dengan menutup mata, kamu akan mendapatkan ketenangan. Sebab, pandangan tidak akan terganggu dari objek di depan mata.

Tutuplah matamu secara perlahan dan dengan lembut. Coba rasakan sensasi ketenangan yang kamu dapatkan dengan menjaga rahang dan otot-otot pada wajah agar tidak tegang. Jika masih kurang rileks, coba tarik napas dalam-dalam dan mulai atur kembali.

 

3. Buang Pikiran Buruk

Bagian terpenting ketika melakukan meditasi adalah dengan membuang pikiran buruk. Walaupun hal ini tidak mudah, tapi kamu bisa melakukannya secara perlahan. Kamu mungkin tidak memiliki kapasitas mengendalikan hal-hal yang datang, tapi kamu bisa mengendalikan pikiran untuk tidak menimbulkan persepsi negatif.

Kemudian, validasi perasaanmu tanpa perlu takut mengundung energi negatif. Dengan kamu memahami hal-hal burung yang datang, kamu akan mulai menemukan ketenangan sekaligus kemampuan untuk menghadapinya.

Namun, jika pikiran membawamu pada titik yang kurang menyenangkan dari hal buruk yang datang, kamu juga tidak perlu menyangkalnya. Berikan kesempatan pikiranmu bekerja untuk mengamati hal tersebut kemudian atur pernapasan untuk meredakan kerumitan yang mengganggu.

Baca Juga: 6 Dampak Buruk Akibat Terlalu Overthinking bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Tips menghilangkan stres dalam 30 menit di atas, bisa kamu coba, loh. Di sela aktivitas yang padat, kamu bisa menyisihkan sebagian waktu untuk mengembalikan semangat dengan pikiran lebih segar. Selamat mencoba!

  • Bagikan