Rawan Cedera, Ini 6 Tips Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

hellosehat.com

Seruni.id – Memasuki usia 35 tahun, kondisi kesehatan tulang belakang semakin menurun. Dan, pada usia tersebut, momentum perubahan tulang belakang secara degeneratif dimulai. Kondisi ini membuat tulang belakang menjadi rawan cedera, terutama jika kita melakukan aktivitas yang berlebihan.

Nah, setelah memasuki usia 35 tahun, kita harus lebih perhatian lagi dengan kesehatan tulang belakang. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Apa saja? Berikut daftarnya!

Biarkan Tulang Belakang Benar-benar Istirahat Saat Tidur

Hotmagz.com

Saat kamu berbaring, semua struktur di tulang belakang yang telah bekerja keras sepanjang hari akhirnya memiliki kesempatan untuk rileks dan diremajakan. Manfaatkan momentum ini dengan kasur dan bantal yang memungkinkan tulang belakang kamu beristirahat dengan nyaman.

Pilihan kasur dan bantal sebagian besar berdasarkan preferensi pribadi, posisi tidur yang disukai, dan masalah punggung atau leher. Ada banyak jenis kasur yang bisa mendukung tidur kamu menjadi berkualitas.

Ganti Posisi Sesering Mungkin

cantik.tempo.co

Ganti posisi sesering mungkin jika kamu harus berdiri dalam waktu lama. Misalnya saat kamu berdiri sambil menyetrika baju, gunakan dingklik atau kursi kecil untuk menaruh kaki kamu bergantian. Ini perlu untuk menyeimbangkan dan mengganti tumpuan berat badan. Berdirilah tegak, jangan membungkuk dengan kepala tegak.

Latihan untuk Menguatkan Otot Perut dan Otot Tulang Belakang

hellosehat.com

Untuk menjaga kesehatan tulang belakang, kamu pun disarankan untuk melakukan latihan untuk menguatkan otot perut dan otot tulang belakang selam 20-30 menit untuk menguatkan otot sehingga dapat menopang tulang belakang dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Siapa Bilang Bertambahnya Usia Bikin Kita Lemah? Coba 5 Tips ini Biar Tulang Tetap Sehat

Memilih Alas Kaki yang Tepat

kabarsehatonline.com

Alas kaki yang sesuai dapat mendukung tulang belakang dan tubuh berada pada posisi normal. Alas kaki harus pas pada bagian belakang kaki, tidak boleh longgar atau terlalu ketat, serta bisa mencegah posisi kaki berubah ke arah dalam atau luar.

Melakukan Pemijatan

megapolitan.kompas.com

Tahukah kamu bahwa pijat memiliki sejumlah manfaat terapeutik selain menghilangkan stres? Pijat yang baik akan membantu meningkatkan endorfin -penghilang rasa sakit alami tubuh di aliran darah kamu, yang pada gilirannya memungkinkan kamu mengurangi obat nyeri. Pijat juga bisa mendorong aliran darah, yang pada gilirannya membawa nutrisi penyembuhan ke daerah yang terkena dan bisa mempercepat penyembuhan.

Posisi Duduk yang Tepat

kupang.tribunnews.com

Posisi duduk yang salah dan duduk dalam waktu yang lama dapat membuat tekanan pada tulang belakang terutama bagian bawah. Salah satu posisi duduk yang salah saat bekerja adalah membungkuk dan terlalu condong ke arah depan. Hal ini dapat dicegah dengan mengganti kursi kerja dengan kursi yang ergonomis serta sesekali melakukan peregangan atau jalan selama 20-30 menit.

Baca Juga: Dampak Jika Anak Terbiasa Duduk dengan Posisi Kaki W

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan tulang belakang. Selamat mencoba!


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/seruniid/public/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 352

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.