5 Tips Meredakan Kesedihan Secara Sehat

  • Bagikan
5 Tips Meredakan Kesedihan Secara Sehat
istockphoto.com

Seruni.id – Bagi beberapa orang, meredakan kesedihan tidaklah mudah. Apalagi, jika rasa sedih muncul karena kehilangan, patah hati, atau kekecewaan. Sejatinya, kesedihan adalah emosi normal yang dialami oleh semua manusia. Dan setiap orang pasti pernah merasakannya.

Meski ini adalah hal yang wajar, tapi kita tidak boleh berlarut dalam kesedihan tersebut. Kita harus bangkit dan kembali menata hati agar lebih bahagia dan bersemangat melanjutkan kehidupan.

5 Tips Meredakan Kesedihan Secara Sehat
pathways.health.com

Setiap orang memiliki cara meredekan kesedihan yang berbeda-beda. Namun, tentunya kita harus mempertimbangkan apakah cara yang dilakukan selama ini efektif dan sehatkah, atau ternyata malah menyakiti lebih dalam lagi? Berikut adalah beberapa cara mengatasi kesedihan secara sehat yang bisa kamu coba.

 

1. Izinkan Diri untuk Menangis

Menangislah jika kamu merasa sedih, tak perlu pura-pura terlihat kuat, padahal apa yang mengganjal di hatimu ingin sekali dikeluarkan. Izinkan dirimu untuk menerima kesedihan yang ada. Sebab, dengan begitu, kita bisa berdamai dengan kesedihan yang dirasa.

Mengutip dari buku How to Love, orang yang sering marah-marah memiliki risiko terkena penyakit kardiopulmoner yang tinggi, sedangkan orang yang memendam amarahnya cenderung banyak terkena penyakit kanker.

Ketika kamu belum mampu mengelola perasaan dan amarah dengan stabil, maka dampaknya akan langsung ke kesehatan tubuh. Namun, dengan menangis, bisa menjadi salah satu cara untuk dapat menstabilkan perasaan dan meringankan hati.

 

2. Mendengarkan Musik

Meredakan sedih dengan mendengarkan musik. Simpel tapi sangat bermanfaat. Kamu bisa mendengarkan musik favoritmu atau lagu yang mewakili isi hati dan perasaanmu. Nantinya hal tersebut bisa mengalirkan rasa nyaman saat mendengarkannya.

Apalagi, jika kmau belum memiliki seseorang yang menjadi support system, yang bisa memberikan motivasi atau sekadar kata-kata yang bisa membangkitkan semangat. Maka, mendengarkan musik bisa menjadi alternatif yang bisa menenangkan diri.

 

3. Mencurahkan Isi Hati

Punya teman itu ternyata penting, loh. Selain membuat hidup menjadi lebih berwarna, kita juga bisa berbagi kisah dengan mereka. Apalagi, ketika sedang merasa sedih, kita bisa mencurahkannya kepada mereka.

Namun, pastikan temanmu adalah orang yang kamu percaya, ya. Kalau enggan bercerita dengan teman, kamu bisa mencoba cara meredakan kesedihan yang lainnya, seperti menulis jurnal atau buku harian.

 

4. Berjalan-jalan

Bergerak seperti berjalan-jalan bisa menjadi salah satu cara meredakan kesedihan. Tak perlu jauh, sekadar jalan kaki di sekitaran rumah bisa menjadi awal untuk mulai kembali bersemangat.

Setidaknya perasaan yang semula sangat mengganjal di dalam dada, perlahan akan luruh dan membuat hidup menjadi lebih ringan.

 

5. Rehat Melakukan Sesuatu Seorang Diri

Lakukanlah apa yang paling kamu sukai seorang diri tanpa ada yang menganggu. Biasanya, dari sini suasana akan membaik. Entah itu sekadar menikmati kopi favorit di kafe, membuat makanan kesukaan, atau melakukan hobi yang disukai.

Ketika kita meluangkan waktu menikmati kesendirian, bisanya itu kita lakukan untuk mengoptimalkan energi kita melakukan sesuatu yang memang dibutuhkan.

Baca Juga: 110 Kata-kata Sedih dan Kecewa Menyentuh Hati Wanita

Itulah cara meredakan kesedihan secara sehat. Semoga apapun kesedihan yang kamu rasakan saat ini, segera teratasi, ya.

  • Bagikan