Tips Mewujudkan Keinginan Umroh di Usia Muda

dewanggaumroh.com

Seruni.idMenunaikan ibadah umroh di usia muda tentu menjadi impian kebanyakan orang. Namun, tak semua orang bisa mendapatkan kesempatan yang sama. Terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan finansial. Tentunya sudah bukan rahasia lagi, untuk melaksanakan umroh, rata-rata biaya yang akan dikeluarkan mencapai 20 jutaan bahkan lebih, belum lagi mereka yang tinggal di daerah, tentunya akan membutuhkan biaya tambahan untuk transportasi.

Hasil gambar untuk umroh
adindaazzahra.com

Untuk kamu yang ingin mewujudkan keinginan umroh di usia muda, namun terkendala karena biaya, jangan berkecil hati dulu, ya. Sebab, kesempatan selalu ada bagi siapa saja yang ingin berusaha. Nah, berikut ini, Seruni akan membagikan beberapa tips, untuk mewujudkan keinginan umroh di usia muda. Diantaranya adalah:

Ikuti Tabungan Rencana di Bank

Mulailah niatmu untuk ke tanah suci dengan membuka sebuah rekening tabungan di bank, dengan tabungan rencana berjangka atau Taka di bank. Jika kamu telah terdaftar, maka dengan otomatis bank akan menarik dan dari rekeningmu setiap bulan pada tanggal tertentu. Misalnya, dengan target dana 20 juta, dan kemampuan menabung setiap bulan sebesar Rp. 750 ribu, berarti kamu akan menabung sekitar dua tahun lamanya.

Kamu bisa menabung di bank mana saja yang dapat dipercaya. Namun, akan lebih baik jika menabung di bank syariah karena tujuan tabungan ini untuk keperluan ibadah. Dalam tabungan rencana ini, biasanya bank akan memberikan imbalan hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Jadi, manfaatkanlah tawaran dari bank agar kamu cepat mencapai target dana tersebut.

Niatkan Sedini Mungkin

Sebuah peribahasa Cina lama mengatakan, “Perjalanan seribu kilo meter dimulai dari langkah pertama.” Sama halnya jika kamu ingin mewujudkan keinginan untuk umroh di usia muda, keinginan tersebut wajib diniatkan sedini mungkin. Kalau mungkin, kamu bisa menuliskan keinginan itu di tembok kamarmu. Dengan niat lebih awal, tentunya kita akan lebih fokus dengan tujuan. Indahnya lagi, dalam agama, niat untuk berbuat baik saja sudah dianggap sebagai amal. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda niat umroh.

Menabung di Deposito Syariah

Menabung di deposito syariah tidak berbeda jauh dengan tabungan berjangka, uang pokok di deposito syariah akan aman dari gonjang-ganjing pasar keuangan. Dana dan bunga tersebut tidak akan berkuang. Karena, pemerintah akan menjamin simpanan tersebut, sepanjang nilainya tidak lebih dari dua miliar, dan bunga yang diberikan tidak melebihi batas atas bunga simpanan yang ditetapkan Lembaga Penjamin Simpanan.

Menambah Sumber Penghasilan

Meskipun kamu telah membuat rencana keuangan dan menabung sebesar Rp. 750 ribu setiap bulan dan ternyata cukup berat dilakukan. Kamu bisa mencari penghasilan tambahan. Simpan gaji dari kerja sampingan ini di rekening khusus untuk biaya umroh. Pisahan mana uang untuk kebutuhan sehari-hari dan mana yang dikhususkan untuk umroh. Misalnya gaji dari penghasilan utamamu untuk membayar kebutuhan primer dan sekunder. Maka uang dari kerja sampingan tak akan terusik dan bisa difokuskan untuk biaya umrah.

Umroh Backpacker

Selain umroh melalui metode yang sudah ditawarkan oleh perusahaan travel umroh pada umumnya. Ada pula komunitas umroh backpacker yang memnungkinkan pergi umroh dengan biaya yang minim dibandingkan harga agen. Umroh bacakpaker juga dapat dilakukan dengan mencari akomondasi saat promo hinnga terbang dari negara tetangga. Dan jika ingin lebih aman, disarankan untuk pergi ke sana dengan rekan muhrim-mu.

Itulah beberapa tips untuk bisa segera umroh di usia muda. Semua tergantung dengan niat, usaha, dan doa, juga termasuk seberapa sering kamu bersedekah. Sebab, dengan bersedekah, rejeki yang kamu peroleh pun bisa melimpah.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.