Tips Mudah Merawat Karpet Agar Bersih dan Tahan Lama

Tips Mudah Merawat Karpet Agar Bersih dan Tahan Lama
review.bukalapak.com

Seruni.id – Merawat karpet bukanlah hal yang sulit untuk kalian lakukan di rumah, loh. Pada pembahasan berikut ini Seruni akan memberikan tips mudah merawat karpet agar bersih dan tahan lama.

Tips Mudah Merawat Karpet Agar Bersih dan Tahan Lama
magazine.job-like.com

Karpet sering kali ditempatkan di ruang tamu atau ruang keluarga. Selain untuk mempercantik ruangan, kehadirannya juga bisa memberikan rasa nyaman dan kehangatan saat kumpul keluarga.

Namun sayangnya, tidak banyak orang yang benar-benar memperhatikan kebersihannya. Sehingga karpet menjadi mudah kotor, lusuh, dan harus lebih sering diganti. Tentunya hal ini menjadi lebih boros, kan? Maka dari itu, kamu harus memperhatikan beberapa tips yang akan Seruni berikan berikut ini:

1. Perhatikan Penempatannya

Tips merawat karpet yang pertama, kamu harus memperhatikan penempatannya. Apalagi karpet sangat mudah terkena debu dan kuman, belum lagi kalau sering diinjak dan diduduki. Namun, kamu tak usah khawatir, ya, kamu bisa kok meminimalisir hal ini.

Caranya yaitu hindarilah meletakkan karpet di area yang sering ada aktivitasnya. Seperti di dekat rak sepatu, karena dikhawatirkan debu dan kuman pada rak tersebut akan berpindah ke karpet. Jadi, cukuplah letakkan di kamar tidur, ruang kerja, dan ruang tamu.

2. Jika Terdapat Noda, Segera Bersihkan

Karpet sering kali dijadikan sebagai alas untuk berbagai aktivitas, seperti tidur, menonton tv, atau makan. Saat menghabiskan waktu di sana, sering kali hal yang tak diinginkan terjadi, seperti minuman atau makanan yang tumpah. Nah, jika hal ini terjadi, segeralah membersihkan noda tersebut.

Sebab, kalau dibiarkan dalam waktu lama, noda akan semakin sulit hilang. Untuk membersihkannya pun ada caranya tersendiri, loh. Hindarilah mengelap ke kiri kanan karena hanya akan memperluar area noda. Lebih baik, tekan-tekan saja dengan lap bersih dan kering. Kemudian manfaatkan pembersih karpet yang aman dan pastinya ampuh menghilangkan noda.

3. Mencuci Secara Rutin

Untuk merawat karpet agar terjaga kebersihannya, maka cucilah secara rutin. Minimal dua kali dalam setahun. Pastikan kamu mencucinya saat musim panas, ya. Karena akan lebih cepat kering sempurna. Karpet yang lembap hanya akan menjadi sarang bakteri, kuman, serta menimbulkan bau yang tak sedap.

4. Cuci di Tempat yang Tepercaya

Kalau tidak memungkinkan untuk mencuci sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan jasa cuci karpet, loh. Meski jasa cuci sudah menjamur di mana-mana, tapi kamu tidak boleh sembarangan dan jangan asal murah. Pastikan tempat tersebut berkualitas dan tepercaya. Jangan sampai hanya karena murah, hasilnya justru tidak bersih dan membuat karpet jadi rusak.

5. Vakum

Merawat karpet sebenarnya tidak hanya dilakukan dua kali dalam satu tahun, tapi setiap hari. Bedanya kamu tidak perlu mencuci, melainkan hanya membersihkan dengan vacuum cleaner setiap pagi dan malam hari. Setiap kali melakukan aktivitas di atas karpet, maka selalu bersihkan dengan vacum.

6. Menyediakan Keset

Untuk meminimalisir kuman masuk ke dalam rumah, maka selalu sediakan keset alias lap kaki. Setiap kali ingin masuk rumah dan menginjak karpet, jangan lupa untuk membersihkan kaki terlebih dahulu. Agar kebersihan karpet dan keset tetap terjaga, maka cucilah keset secara rutin, agar debu dan kuman tidak mengendap di sana.

7. Manfaatkan Ramuan untuk Noda Karpet

Jika menemukan noda pada karpet, cobalah bersihkan dengan menggunakan bahan alami. Seperti campuran air lemon, garam, air, dan cuka. Keempat bahan tersebut harus kamu campurkan ke dalam wadah, kemudian semprotkan dan bersihkan noda yang terdapat pada karpet. Ramuan ini mampu mengangkat noda di karpet dengan lebih mudah, loh.

8. Taruh di Tempat yang Tepat

Tips merawat karpet berikutnya, taruhlah di tempat yang tepat saat tidak digungkan, jangan asal melipat atau menggulungnya begitu saja. Pastikan untuk melapisinya dengan pelindung seperti sarung karpet atau plastik. Selain itu, perhatikan juga di mana tempat penyimpanannya. Hindari menyimpan di tempat yang lembap, karena dapat memicu tumbuhnya jamur.

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Kebersihan Kamar Agar Terbebas dari Penyakit

Itulah beberapa tips merawat karpet yang dapat Seruni bagikan. Dengan karpet yang selalu bersih, maka keluarga juga akan terhindar dari debu dan kuman. Selamat mencoba, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.