Tips Penting untuk Kamu yang Pertama Kali Naik Pesawat Saat Berlibur

Tips Penting untuk Kamu yang Pertama Kali Naik Pesawat Saat Berlibur
google.com

Seruni.id – Travelling sudah menjadi suatu kebiasaan yang cukup lumrah di zaman sekarang. Berlibur ke luar negeri mungkin menjadi hal yang sangat mengasyikan. Untuk sampai ke sana, moda transportasi pesawat menjadi pilihannya, bukan hanya efketif, jarak tempuhnya pun terbilang lebih cepat. Bagi kamu yang merencanakan liburan ke luar Indonesia sekaligus pengalaman pertama kali naik pesawat saat berlibur, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan nih. Yuk simak ulasannya berikut ini.

Tips Penting untuk Kamu yang Pertama Kali Naik Pesawat Saat Berlibur
google.com

1. Perhatikan Kembali Jadwal Keberangkatan dan Datang Lebih Awal

Sebelum menuju ke bandara yang akan kamu tuju, ada baiknya perhatikan kembali jadwal keberangkatan dan terminal yang dituju, apalagi jika ini pertama kalinya kamu menggunakan pesawat untuk berlibur. Contohnya, jika kamu ingin berangkat dari Bandara Soekarno Hatta, kamu dapat mengecek kembali jadwal keberangkatan, terminal, serta gate keberangkatan. Setelahnya, kamu juga harus mengatur estimasi waktu yang dibutuhkan.

Seperti jarak tempuh dari rumah ke bandara penting sekali diperhatikan, untuk mengantisipasi keterlambatan datang. Bagi kamu yang baru pertama kali naik pesawat, ada baiknya tibalah lebih awal di bandara, setidaknya 90 menit sebelum keberangkatan.

2. Perhatikan Barang Bawaan

Ada dua hal yang harus kamu ketahui perihal barang bawaan yakni, barang apa saja boleh dibawa ke dalam kbin pesawat, dan barang apa saja yang boleh dibawa ke dalam bagasi. Berapa kapasitas bagasi dan ukuran tas yang dapat masuk ke kabin. Bobot bagasi penting juga kamu perhatikan, loh. Sebab, jika terlalu berat, maka biayanya pun akan semakin bertambah.

Ketika packing barang, usahakan bawa yang penting-penting saja, dan tata dengan baik. Beberapa barang seperti pengisi daya, power bank, sebaiknya tidak disimpan di dalam koper yang masuk bagasi. Ketahui pula apa saja kebijakan bagi kamu yang hendak membawa laptop.

3. Jangan Terlambat Melakukan Check In

Untuk kamu yang pertama kali naik pesawat, setibanya di bandara, kamu pun harus melakukan check in dan melakukan pengecekan barang bawaan sebelum masuk ke dalam pesawat. Jika terburu-buru, beberapa maskapai telah menyediakan fitur check in melalui internet, agar tidak salah dan keliru, sebaiknya kamu harus menanyakan kembali kepada counter check in yang tersedia.

4. Siapkan Tiket Saat di Bandara

Agar tidak membuang-buang waktu, sebaiknya siapkanlah tiket pesawat setibanya kamu di bandara untuk melakukan pengecekan tiket. Pada tahapan ini, siapkan juga data diri seperti KTP atau SIM, bagi kalian yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri, wajib sekali untuk menunjukkan paspor. Jika proses ini sudah berhasil dilalui, petugas akan memberi tiket dalam bentuk fisik, dan kamu bisa langsung menuju gerbang keberangkatan sesuai dengan yang tertera.

Selanjutnya, kamu akan melakukan pengecekan tas sebelum masuk ke boarding room atau ruang tunggu. Barang bawaanmu akan diperiksa oleh petugas. Kemudian kamu akan masuk ke ruang tunggu atau boarding room. Tunggulah di tempat sesuai dengan gerbang keberangkatan (gate) yang tertera pada tiket pesawat.

5. Proses Boarding

Setelah menunggu beberapa saat di boarding room, kalian akan dipersilahkan masuk ke dalam pesawat. Ketika sudah di dalam, carilah tempat duduk sesuai tiket, kemudian kamu bisa meletakan tas dan barang bawaanmu di bagasi kabin yang terletak di atas tempat duduk. Saat di kabin, kamu akan diminta untuk memakai sabuk pengaman dan mematikan telepon genggam.

Kenapa seperti itu, ya? Nah bagi yang belum tahu, hal ini bertujuan guna menjaga keselamatan di pesawat. Usahakan jangan melepas sabuk pengaman meskipun sudah melewati proses take off dan landiing, tetap tenang dan jangan panik.

6. Dengarkan Arahan dari Petugas

Dengarkan instruksi dari para cabin creww, dan perhatikan setiap gerakan yang dipraketan agar semua arahan jelas, dan jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kamu pun sudah memahami apa yang halus dilakukan.

7. Tetap Rileks Ketika Pesawat Sampai di Bandara Tujuanmu

Saat pesawat sudah landing di bandara tujuan, tetaplah rileks dan jangan tergesa-gesa untuk membuka sabuk pengaman dan berdiri. Sebab, kamu perlu mendengarkan instruksi dari cabin crew. Kemudian kamu bisa mengambil barang, dan bersabarlah saat menunggu pintu dibuka.

Setelah itu, jangan lupa mengambil barang-barangmu yang masuk pada bagasi. Pastikan kamu menunggu di tempat yang sesuai dengan nomor pesawat, ya. Jika sudah, kamu wajib menunjukkan nomor bukti penitipan bagasi yang biasanya menempel di tieket pesawat.

Baca Juga: 6 Trik Mudah Berburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah Tanpa Menunggu Promo

8. Jangan Pergi Sendiri

Usahakan jangan pergi sendirian. Kamu bisa mengajak teman atau saudara yang sudah terbiasa naik pesawat, dengan begitu ada yang membimbing tahapan-tahapan yang harus dilakukan. Namun jika kamu memilih sendiri, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas bandara jika tak memahami suatu hal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.