9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
sajiansedap.grid.id

Seruni.id – Bisul adalah berupa benjolan merah pada kulit yang terasa sangat sakit saat disentuh dan berisi nanah. Benjolan tersebut disebabkan karena adanya infeksi kulit yang menyerang folikel rambut atau kelenjar minyak di bawah kulit. Cara mengobati bisul ini, terbilang cukup mudah.

Ternyata kita tidak perlu bersusah payah pergi ke dokter untuk mengobatinya, kecuali memang benar-benar terpaksa, ya. Sebab, dengan beberapa bahan alami berikut ini, sudah bisa membuat bisul mengecil bahkan menghilang. Beikut Seruni telah merangkum beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu mengobati bisul:

1. Kompres Bisul dengan Air Hangat

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
idntimes.com

Untuk dapat mengurangi rasa sakit akibat bisul, sebagai upaya meredakannya kamu bisa mencoba dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Selain mengurangi rasa sakit, jika dilakukan secara tuin tiga kali dalam sehari, dapat mendorong nanah untuk berkumpul di puncak benjolan. Sehingga, bisul akan matang dan mengecil dengan sendirinya.

2. Gunakan Bawang Putih dan Bawang Merah

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
google.com

Bawang merah dan bawang merah memang dikenal memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Salah satunya dapat digunakan sebagai bahan tradisional yang mampu menyembuhkan bisul. Kedua bumbu dapur ini dikenal memiliki sifat antibiotik cukup tinggi yang baik untuk mengatasi penyakit tersebut.

Kedua bahan ini juga mengandung sulfur penting untuk membersihkan bagian bisul. Peran bawang merah juga sangat penting untuk mempercepat pengeringan bisul. Cara mengobati bisul dengan bawang putih dan bawang merah cukup mudah.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, pertama kamu bisa memotong bawang merah dan putih yang sebelumnya telah dikupas dan dicuci bersih menjadi beberapa bagian. Kemudian bungkus dengan kain tipis dan ditempelkan pada bagian bisul. Selain dipotong, bawang merah dan putih juga dapat diparut, lalu dibungkus dengan kapas atau kain tipis. Dan tempelkan pada area bisul secara rutin, untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Tepung Jagung

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
google.com

Cara mengobati bisul agar cepat kempes berikutnya dengan menggunakan tepung jagung. Tepung ini memang sudah lama dikenal dapat menyembuhkan bisul. Kandungan pati di dalamnya dapat membuat bagian bisul menjadi lebih dingin dan baik untuk mencegah timbulnya nanah dan infeksi pada bagian bisul.

Untuk menggunakannya, kalian hanya perlu mencampurkannya dengan air hangat dan diaduk hingga menjadi pasta lembut. Lalu oleskan pada bagian bisul dan area sekitarnya. Setelah dibiarkan beberapa saat, kamu dapat membilasnya dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini dengan rutin.

4. Minyak Jarak

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
liputan6.com

Anti inflamasi dan anti bakteri yang terkandung dalam minyak jarak sangat ampuh untuk mengobati bisul tanpa mata secara alami. Apalagi, minyak jarak cukup mudah untuk ditemukan, begitu pun caranya, tidaklah sulit. Karena kamu cukup mengoleskannya ke area bisul tiga kali dalam sehari dan dilakukan secara rutin.

5. Kunyit

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
halodoc.com

Tumbuhan yang kerap dijadikan salah satu bahan masakan ini, ternyata dapat membersihkan darah secara alami serta mampu mengurangi peradangan pada bisul sehingga cepat sembuh. Hal ini disebabkan karena kunit memiliki beberapa senyawa khusus berupa antioksidan. Tahukah kamu? Menggunakan kunyit sebagai cara mengobati bisul, dapat mencegah muncul kembali di tempat yang sama. Sebab, kebanyakan orang yang mengalami hal ini, mereka kerap terjangkit lagi di bagian tubuh yang sama.

6. Lidah Buaya

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
hellosehat.com

Lidah buaya memang sudah terbukti banyak memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Gelnya yang bersifat dingin mampu meredakan rasa sakit dan juga berfungsi sebagai antiseptik. Caranya, cukup mengoleskan lidah buaya ke permukaan bisul sesering mungkin sampai benar-benar kering dan sembuh.

7. Mentimun

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
nusantaranews.com

Timun memiliki kandungan anti inflamasi tinggi yang berguna untuk mencegah peradangan kulit. Untuk menggunakannya, kamu harus mencampurkannya dengan biji pala, dimana biji pala diketahui mengandung anti bakterial yang dapat melawan infeksi. Namun sebelumnya, mentimun berserta biji dan kulitnya harus dihaluskan. Kemudian dicampurkan dengan biji pala, dan bungkus dengan daun pisang. Panggang bungkusan tersebut, kemudian oleskan ke area bisul secara merata.

8. Putih Telur

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
google.com

Bukan hanya bermanfaat untuk membersihkan komedo pada wajah, putih telur juga berguna menyembuhkan bisul. Bagian putihnya mengandung protein khusus yang menjadi salah satu cara agar bisul cepat pecah, semua nanah keluar, dan bakteri pada benjolan tersebut pun akan ikut mati.

Namun, kamu tidak boleh sembarangan dalam menggunakannya, ya. Kalian harus memilih telur ayam kampung alami yang tidak mengandung obat kimia. Kemudian rebus hingga matang dan kupas kulit telur tersebut. Ambil bagian putihnya dan tempelkan pada area bisul.

9. Kangkung

9 Cara Mengobati Bisul Secara Efektif dengan Bahan Alami
liputan6.com

Siapa sih yang tak kenal dengan sayuran yang satu ini? Orang-orang kerap menganggap sayuran yang kaya akan zat besi ini, sebagai bahan makanan yang bisa menyebabkan kantuk. Namun ternyata, kangung memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai bahan alami untuk meredakan bisul. Cara membutnya pun mudah.

Ambil 20 lembar daun kangkung yang telah dicuci bersih. Kemudian ditumbuk hingga halus dan campurkan dengan air garam. Ratakan campuran kangkung dengan garam. Lalu bubuhkan di atas bisul dan perban agar tidak berceceran. Tunggu beberapa saat, dan bersihkan dengan air bersih.

Baca Juga: Mengolah Resep Cah Kangkung yang Maknyus

Dari sekian bahan alami yang telah Seruni sebutkan di atas, pilihlah salah satu cara mengobati bisul yang menurutmu mudah. Namun untuk proses penyembuhan agar lebih cepat, sebaiknya dibantu juga dengan cara menghindari makanan penyebab bisul atau yang akan memperparah, seperti telur, gula, makanan berlemak, susu serta olahan susu lainnya.

Jika bisul mengalami infeksi yang cukup parah sehingga semakin membesar dan menyebabkan peradangan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.