6 Tips Sehat Menyantap Kuliner Iduladha

  • Bagikan
6 Tips Sehat Menyantap Kuliner Iduladha
food.detik.com

Seruni.id – Iduladha identik dengan olahan makanan berbahan daging, baik daging kambing maupun sapi. Meski hidangan kuliner iduladha terasa enak, tapi kita harus tetap menjaga pola makan agar tubuh tetap sehat. Nah, Seruni punya beberapa tips sehat menyantap kuliner Iduladha yang bisa kamu lakukan nih. Apa saja, ya?

6 Tips Sehat Menyantap Kuliner Iduladha
kompasiana.com

1. Pilih Bagian Daging Tanpa Lemak

Agar tetap sehat menyantap kuliner Iduladha, sebaiknya pilihlah bagian daging tanpa lemak. Sebab, bagian tersebut akan lebih sehat ketika dikonsumsi. Untuk daging sapi, jumlah lemak paling sedikit terletak pada bagian dalam seperti sirloin atau tenderloin. Sedangkan, daging kambing yang paling sedikit mengandung lemak terletak pada bagian punggung dan kaki.

 

2. Pilih Bahan Olahan yang Lebih Sehat

Ketika hendak mengolah daging, perhatikan bahan-bahan yang digunakan. Agar tetap sehat menyantap kuliner Iduladha, maka pilihlah bahan-bahan yang lebih sehat. Misalnya, dalam membuat makanan yang berbahan santan dapat diganti dengan menggunakan susu rendah lemak. Agar kolesterol tidak tinggi setelah menyantap hidangan tersebut. Atau saat membuat rendang pilih daging has dalam yang memiliki kandungan lemak lebih sedikit dari pada has luar.

 

3. Makan dalam Porsi Kecil

Rasanya seperti ada yang kurang ketika tidak mencicipi semua kuliner Iduladha yang tersedia di meja. Mulai dari gulai, sate, kare, tongseng, dan lain-lain. Meski enak, tapi perlu kamu ingat nih, makanan-makanan tersebut tinggi lemak dan protein, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama untuk dapat dicerna.

Jika kamu makan berlebihan biasanya akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut seperti, kembung, begah dan mual.Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus menghindari semua makanan enak tersebut, ya. Kamu tetap dapat mengonsumsinya asal dalam porsi kecil namun sering. Beri jeda saat akan menikmat dari satu menu dengan menu yang lain antara 3-4 jam dan dalam porsi kecil agar pencernaan tidak terlalu berat mencernanya.

 

4. Lengkapi dengan Buah atau Sayuran

Setelah mengonsumsi beragam kuliner Iduladha, jangan lupa selalu diimbangi dengan makan buah atau sayuran. Kamu bisa mengonsumi sayuran segar atau mentah yang disebut dengan lalapan. Seperti timun, wortel, atau selada. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan agar pencernaanmu juga lancar.

 

5. Batasi Porsi Makan Olahan Daging

Ketika makanan di rumah dipenuhi dengan berbagai olahan daging, sebaiknya batasi dirimu untuk mengonsumsinya. Hindari olahan daging untuk tiga kali makan dalam sehari. Lebih baik makan daging sebanyak satu hingga dua potong saja per hari. Konsumsi menu sehat lainnya supaya mendapatkan gizi yang seimbang.

 

6. Minum Teh Hijau Hangat

Tips agar tetap sehat menyantap kuliner Iduladha, minumlah the hijau setelah kamu mengonsumsi olahan daging. Sebab, teh hijau dipercaya dapat membunuh kolesterol jahat dan berperan penting sebagai antioksidan. Nikmati dalam keadaan hangat tanpa gula atau tambahkan irisan lemon supaya lebih segar.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, Ini 7 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

Dengan menerapkan cara dan tips makan daging kurban Iduladha di atas, kamu bisa terhindar dari kolesterol tinggi saat Iduladha nanti. Dan yang paling penting untuk diingat adalah tahu diri saat makan, kapan harus berhenti.

  • Bagikan