Jelang Idul Adha, Ini 7 Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik

nu.or.id

Seruni.id – Belakangan ini pelapak hewan kurban sudah menjamur di mana-mana, itu tandanya Hari Raya Idul Adha sudah di depan mata. Dimana hari tersebut memperingati peristiwa kurban yaitu ketika Nabi Ibrahim yang bersedia untuk mengorbankan putranya untuk Allah, namun kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba.

blog.act.id

Pada perayaan ini pula, umat Muslim yang tergolong mampu, dianjurkan untuk berkurban berupa domba ataupun sapi. Namun, hewan yang akan dikurbankan tak boleh sembarangan, terdapat beberapa syarat membeli hewan kurban dan memiliki kriteria khusus yang harus ditaati. Lantas, bagaiaman caranya memilih hewan kurban yang baik? Berikut tipsnya:

Merupakan Hewan Ternak

Ketika Anda berniat untuk melaksanakan kurban pada tahun ini, Anda perlu tahu, bahwa tidak semua hewan ternak dapat dikurbankan. Menurut para ulama, hewan ternak yang paling utama untuk dikurbankan adalah kambing, domba, sapi, maupun unta. Namun, karena kita tinggal di Indonesia dan tentu sulit menemukan penjual unta, agar memudahkan Anda bisa menggantinya dengan sapi, domba, maupun kambing.

Usia Hewan

Untuk memilih hewan kurban yang baik dan sesuai dengan syariat Islam, maka pilihlah hewan yang sudah cukup usia. Misalnya Anda ingin mengkurbankan kambing, domba maupun kambing yang bagus untuk kurban yaitu jika telah mencapai 12-18 bulan. Sedangkan sapi dan kerbau 22 bulan. Cara mudah mengetahui usia hewan tersebut, Anda bisa meminta catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pelapak. Selain itu, Anda juga bisa melakukan metode cek gigi hewan yakni jika dua gigi susu yang di depan telah tanggal, maka hal tersebut menandakan hewan tersebut telah cukup usia.

Harus Dalam Kondisi Sehat

Memilih hewan kurban tidak bisa sembarangan, ada hal-hal penting yang harus diperhatikan, terutama hewan tersebut harus dalam kondisi sehat. Pastikan hewan tersebut sempurna dalam artian tidak mengalami cacat. Karena jika hewan yang ingin Anda kurbankan memiliki cacat, seperti buta sebelah dan jelas sekali kebutaannya, sakit, pincang, ataupun sangat kurus, maka hewan tersebut menjadi tidak sah. Jika tidak sah, maka hewan tersebut berstatus sebagai daging biasa bukan menjadi kurban.

Perhatikan Setiap Organ Tubuhnya

Saat Anda berada di lokasi pembelian hewan kurban, jangan lupa untuk memperhatikan hewan-hewan tersebut. Dari mulai mata, hidung, dan anus. Sebaiknya carilah hewan yang bersih pada bagian mata. Jika kelopak mata pucat atau kuning maka tidak disarankan, karena hewan yang sehat memiliki kelopak mata bagian dalam dengan warna pink.

Kemudian hidung, jika terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan yang pada umumnya berwarna merah terang. Selain itu, yang paling penting adalah proporsi tubuh yang standar, untuk sapi maupun kerbau tulang punggung harus relatif rata, tanduknya seimbang, dan keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Makna idela bisa Anda lihat melalui kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher yang seimbang.

Terkahir, Anda harus memperhatikan anusnya, jika pada bagian tersebut terllihat kotor, maka hewan tersebut sedang mengalami diare. Anda perlu mengingat, janganlah membeli hewan kurban yang memiliki koreng.

Memiliki Nafsu Makan yang Baik

Kesehatan hewan perlu diperhatikan, ketika memilih hewan kurban, pastikan kambing maupun sapi memiliki nafsu makan yang baik, lincah, mata bersinar, dan bulu tidak kusam. Namun, alangkah lebih baik, jika Anda menanyakan langsung tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) sebagai acuan kesehatan hewan.

Pilih Tempat Pembelian

Bukan hanya memilih hewan kurban, tempat pembeliannya pun Anda harus pintar-pintar memilihnya. Jangan membeli hewan yang diternak di dekat tempat pembuangan sampah, dikhawatirkan hewan-hewan tersebut mengonsumsi makanan dari sana, karena berpotensi mengandung bahan yang akan membahayakan tubuh. Sebaiknya, pilihlah tempat penjualan hewan kurban yang diternak di lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi udaha, hal ini tentu saja akan berpengaruh pada tingkat stress yang akan dialami oleh hewan yang berdampak pada kesehatan tubuhnya.

Sesuaikan dengan Kemampuan

Selain memilih hewan kurban yang sehat dan bersih, hal yang lain adalah pilihlah hewan kurban sesuai dengan budget yang Anda miliki. Sebab, pada dasarnya berkurban bukan sebuah hal yang dipaksakan namun kerelaan dari setiap umat muslim yang mampu. Tak hanya itu, pelajari pula pembagian daging kurban. Dalam syariat islam, pembagian dibagi menjadi tiga yakni 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 lagi dihadiahkan kepada orang lain.

Nah, itulah 7 tips memilih hewan kurban. Bagi Anda yang ingin membeli hewan untuk dikurbankan, perhatikan lebih seksama hewan yang akan dibeli, pastikan hewan tersebut memenuhi kriteria.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.