Transplantasi Rambut: Manfaat, Efek Samping, dan Biaya

  • Bagikan
Transplantasi Rambut: Manfaat, Efek Samping, dan Biaya
journal.sociolla.com

Seruni.id – Berbagai inovasi dihadirkan untuk mengatasi sejumlah masalah rambut, salah satunya adalah metode transplantasi rambut yang bekalangan kian populer. Terlebih, banyak selebritis tanah air yang melakukannya. Apa sih transplantasi rambut itu dan apa manfaatnya?

Transplantasi Rambut: Manfaat, Efek Samping, dan Biaya
meramuda.com

Pengrtian Transplantasi Rambut

Transplantasi rambut, atau sering disebut sebagai cangkok rambut adalah prosedur yang dilakukan untuk mengembalikan rambut pada area kulit kepala yang mengalami penipisan hingga kebotakan. Operasi rambut yang satu ini tersedia dalam berbagai jenis, yaitu:

  • Operasi perluasan jaringan kulit kepala (flap surgery).
  • Operasi mengurangi kulit kepala.
  • Implan rambut.

Ketiga prosedur di atas, dapat dikombinasikan satu sama lain atau dilakukan sendiri-sendiri. Setiap orang yang menjalani transplantasi rambut, mungkin akan menjalani prosedur yang berbeda, tergantung kondisi kulit kepala mereka.

 

Manfaat Transplantasi Rambut

Adapun manfaat dari transplantasi rambut adalah untuk mengtasi kerusakan rambut. Selain itu, metode ini juga bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri karena dapat mengatasi berbagai kondisi, seperti kebotakan pada laki-laki, rambut tipis pada perempuan, serte mengembalikan rambut pada area kulit kepala yang mengalami cedera.

 

Efek Samping Transplantasi Rambut

Meski memiliki sejumlah manfaat, transplantasi rambut juga memiliki efek samping yang tidak boleh diabaikan. Mulai dari pembengkakan kulit kepala, memar di area mata, rasa gatal, infeksi folikel rambut, hingga mati rasa pada area kulit kepala.

Menurut mereka yang telah melakukan transplantasi rambut, hasilnya baru akan terlihat setelah 6-9 bulan pasca pencangkokan rambut. Efek transplantasi rambut, juga akan membuat mereka mengalami kerontokan selama 1-2 bulan pertama setelah operasi.

Meski demikian, tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Sebab, rambut yang rontok, nantinya akan digantikan dengan rambut baru yang normal. Selain itu, rambut pasien transplantasi juga memungkinkan akan terlihat tipis setelah operasi.

 

Biaya yang Harus Dikeluarkan

Agar mendapatkan hasil yang memuaskan, treatment ini tidak hanya dilakukan sekali saja. Melainkan harus dilakukan sebanyak 3 sampai 4 kali. Dengan jeda waktu berbulan-bulan, setelah tiap sesi transplantasi pulih sepenuhnya.

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan transplantasi rambut? Biaya transplantasi rambut bisa bervariasi, tergantung dari tingkat kesulitan dan jumlah rambut yang akan ditanam. Untuk satu kali treatment diperkirakan dapat merogoh kocek sebear Rp50 juta hingga Rp210 juta. Harganya cukup fantastis memang, tapi sebanding dengan hasil yang akan didapatkan nantinya.

Baca Juga: 5 Jenis Perawatan yang Justru Membuat Rambut Rusak

Demikianlah sederet informasi mengenai transplantasi rambut yang tengah populer. Tertarik untuk mencobanya?

  • Bagikan