Trik Jitu Agar Punya Rumah Sebelum Menikah

Trik Jitu Agar Punya Rumah Sebelum Menikah
google.com

Seruni.id – Punya rumah sebelum menikah adalah impian semua orang. Bukan tidak mungkin, namun juga tidak mudah mendapatkan rumah secepat kilat. Tapi jika kita sudah memiliki tekad dan niat yang kuat, rumah impian akan menjadi kenyataan. Sebenarnya, apa sih alasannya kita harus segera memiliki rumah sebelum menikah?

Trik Jitu Agar Punya Rumah Sebelum Menikah
Trik Jitu Agar Punya Rumah Sebelum Menikah

Ada beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa sebelum menikah harus memiliki rumah sendiri. Antara lain kekhawatiran mulai sempitnya ketersediaan lahan, selain itu harga tanah dan rumah dari tahun ke tahun pastinya akan selalu meningkat hal ini harus segera diantisipasi.

Dan dari sisi mental, memiliki rumah sendiri juga membuat kita lebih mandiri dan bertanggung jawab ketika sudah berumah tangga nanti. Meskipun tidak mudah, namun kamu bisa mempersiapkan sedini mungkin dengan menerapkan kiat-kiat berikut ini.

1. Miliki Tabungan Khusus untuk Rumah

Saat kamu sudah memiliki penghasilan sedniri, maka sebisa mungkin sisihkan sebagian pendapatanmu untuk tabungan membeli rumah. Cara ini harus diupayakan sejak awal agar kamu dapat terbiasa dan bisa segera memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah.

Gaji yang kamu terima jangan hanya digunakan untuk berfoya-foya saja, melainkan kamu juga perlu memikirkan bagaimana kebutuhan di masa mendatang. Seorang yang masih lajang dengan gaji yang lumayan besar pun belum tentu memiliki tabungan rumah jika tidak bisa mengatur keuangannya dengan baik.

2. Estimasi Harga Rumah Incaran

Setelah kamu memiliki tabungan, pikirkan pula estimasi harga rumah yang ingin kamu miliki. Perhitungkan dana sebelum memutuskan membeli rumah. Misalnya, kamu baru siap memiliki rumah 2 tahun lagi sebelum menikah, maka kamu harus mempersiapkan dana lebih besar dari harga rumah yang diinginkan. Sebab, setiap tahunnya harga rumah akan naik 15-20 persen.

3. Membeli Rumah Secara Kredit

Ada berbagai cara untuk punya rumah sebelum mneikah, bisa membeli secara tunai pun kredit. Namun, bagi kamu yang ingin membeli dengan cara kredit, saat ini sudah banyak kok fasilitas KPR. Pembelian dengan cara KPR biasanya akan mempermudah seseorang dalam membeli rumah. Antara uang muka dan angsuran tentunya berbeda-beda. Sebagai saran, sebaiknya carilah KPR yang tidak memakai bunga. Karena dengan adanya bunga bukan hanya memberatkan tetapi juga termasuk ke dalam riba yang dilarang oleh agama.

4. Gunakan KPR Bersubsidi dari Pemerintah

Subsidi dari Pemerintah ini, akan memudahkan kamu untuk segera memiliki rumah. Selain cicilannya yang riangan, Down Payment atau DPnya pun terbilang cukup kecil dibandingkan dengan KPR pada umumnya. Kamu harus rajin dalam mencari informasi yang berkaitan dengan KPR bersubsidi ini.

5. Menabung Emas untuk Membayar Uang Muka

Apabila menabung uang untuk DP terasa sulit atau berat, ada cara efektif lain yang bisa kamu lakukan, yakni dengan menabung emas dari sekarang. Kamu bisa menggunakan uang tabungan untuk membeli emas sebagai langkah awal DP rumah sederhana. Karena investasi emas adalah jangka panjang, maka tunggu hingga beberapa tahun lagi. Kenaikan harga emas berkisar antara 2-4 persen per tahunnya. Perhatikan juga nilai tukar rupiah, karena harga emas akan naik dengan cukup signifikan etika tukar rupiah terhadap dolar melemah.

Baca Juga: Halalkah Membeli Rumah dengan KPR?

6. Kerja Sampingan

Jika mungkin pendapatanmu setiap bulan tidak cukup untuk membiayai hidup dan angsungan, jangan berputus asa, ya. Kamu masih bisa kok mendapatkan penghasilan lebih dengan kerja sampingan. Selagi usia masih muda dan masih menyimpan banyak energi. Harap selalu diingat, menikah itu tidak sekadar cinta. Atur seluruh keuangan secara bijak agar masa depan cemerlang.

Sudah siap untuk memiliki rumah impianmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.