Tulisan Arab Bismillah hirohman nirohim Beserta Arti dan Maknanya

  • Bagikan
Tulisan Arab Bismillah hirohman nirohim Beserta Arti dan Maknanya
combinesia.web.id

Seruni.id – Sebelum memulai sesuatu, sebaiknya ucapkanlah bismillah. Agar segala yang kita lakukan dapat diberikan kelancaran dan keberkahan. Namun, bagaimankah tulisan Arab bismillah hirohman nirohim yang benar?

Tulisan Arab Bismillah hirohman nirohim Beserta Arti dan Maknanya
kumparan.com

Lafaz bismillah hirohman nirohim atau basmalah, adalah hal yang sudah tidak asing lagi bagi umat Islam. Bahkan, kita kerap melantunkan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Selain mengandung keberkahan, basmalah memiliki makna dan keutamaan bagi setiap Muslim yang membacanya. Untuk mengetahui bacaan dan tulisan Arab bismillah hirohman nirohim beserta keutamaan di dalamnya, maka simak uraian selengkapnya berikut ini.

 

Tulisan Arab Bismillah hirohman nirohim

Di dalam Al-Qur’an, tulisan Arab bismillah hirohman nirohim, muncul 114 kali pada setiap awalan surat, kecuali surat at-Taubah. Mengapa demikian? Sebab, surat at-Taubah berisi tentang orang-orang munafik yang mengingkari Allah SWT. Sehingga, kurang tepat rasanya jika mengawali surat tersebut dengan bismillah yang mengandung makna kasih sayang Allah SWT. Adapun lafaz tulisan Arab dan latin bismillah hirohman nirohim yang lengkap adalah:

بِسْــــــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

“Bismillahirrahmanirrahim,”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Namun, apabila tulisan Arab bismillah hirohman nirohim ditulis tanpa harkat, maka akan menjadi:

بسم الله الرحمن الرحيم

Makna Membaca Basmalah

Membaca basmalah ketika hendak memulai sesuatu, tidak hanya mendatangkan keberkahan dan rida dari Allah SWT. Namun, lebih dari itu. Setiap huruf yang kita ucapkan, terdapat banyak makna yang jarang sekali kita ketahui. Jika ditafsirkan berdasarkan huruf-hurufnya, tulisan Arab bismillah hirohman nirohim, dapat disimpulkan menjadi empat makna menurut para ulama.

  • Pertama, kata ‘bi’ mengandung arti ‘kekuasaan dan pertolongan’, sehingga barangsiapa yang mengucapkannya akan mendapatkan kekuasaan dan pertolongan dari Allah SWT.
  • Kedua, kata bismillah, saling berhubungan dengan kalimat tauhid ‘la illa Allah’, yang artinya ‘hanya atas izin Allah SWT segala sesuatu dapat terjadi’.
  • Ketiga, tulisan Arab bismillah hirohman nirohim, mengandung asmaul husna ar-rahman dan ar-rahim, yang berarti Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
  • Keempat, makna dari bismillah selanjutnya adalah sebagai bentuk deklarasi umat Muslim dalam mengagungkan Allah SWT sang penguasa alam semesta.

 

Keutamaan Membaca Bismillah

Meski singkat dan mudah diucapkan, ternyata membaca bismillah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Berdasarkan kitab Lubbabul Hadis bab ketiga Imam As-Suyuthi, terdapat sejumlah hadis mengenai keutamaan bismillah, di antaranya:

 

1. Dijauhkan dari Gangguan Setan

Barangsiapa yang mengawali setiap kegiatannya dengan bismillah, maka Allah SWT akan menjauhkannya dari gangguan setan, sebagaimana sabda Nabi SAW:

“Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali setan hancur sebagaimana hancurnya timah di atas api.”

 

2. Diampuni Dosanya yang Telah Lalu

Keutamaan membaca basmalah yang berikutnya, yakni Allah SWT akan mengampuni segala dosa yang telah lalu. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW, yang artinya:

“Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim, maka Allah akan mengampuni dosanya (yang kecil-kecil) yang telah lalu.”

 

3. Terhindari dari Fitnah

Jika kita senantiasa mengucapkan bismillahirrahmanirrahim setiap kali memulai sesuatu, maka akan mendapatkan penjagaan dari malaikat. Seperti yang disabdakan Nabi Muhammad SAW:

“Jika kalian berdiri, maka ucapkanlah bismillahirrahmanirrahim wa shalla Allahu ala sayyidina Muhammad wa’alaa aalihi wa shahbihi wa sallam, sungguh manusia jika akan memfitnah kalian, maka malaikat akan mencegah mereka dari perbuatan itu.”

 

4. Terhindar dari Kekufuran dan Kemunafikan

Keutamaan lainnya, yaitu dapat mencegah kemunafikan dan kekufuran, seperti yang Nabi Muhammad SAW sampaikan:

“Siapa yang membaca bismillahirrahmanirrahim, maka namanya akan ditulis sebagai orang-orang yang baik dan terbebas dari kekufuran dan kemunafikan.”

 

5. Menjauhkan Keuturunan dari Bahaya Godaan Setan

Membaca basmalah, juga dapat menghindarkan anak keturunan kita dari pengaruh bahaya setan. Mengutip dari NU Online, dari Ibnu Abbas, Rasulullah bersabda,

“Seandainya salah seorang dari kalian mendatangi istrinya lalu membaca, ‘Bismillah. Allahumma jannibnas syaithana wa jannibis syaithana ma razaqtana’, niscaya jika ditakdirkan keturunan dari hubungan tersebut, setan selamnya tidak membahayakan anak itu,” (HR. Bukhari dan Muslim).

 

6. Tercatat Sebagai 400 Kebaikan

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, bahwa umatnya yang gemar membaca bismillahirrahmanirrahim, akan dicatat seperti telah melakukan 400 kebaikan.

“Tidak ada dari seorang hamba yang membaca bismillahirrahmanirrahim kecuali Allah ta’ala (Yang Maha Luhur) memerintahkan malaikat yang mulia pencatat amal untuk mencatat di buku catatannya empat ratus kebaikan.

 

7. Melindungi Aurat dari Pandangan Jin

Membaca basmalah ketika hendak membuka pakaian, akan membuat aurat terlindungi dari pandangan jin. Dari Ali bin Abi Thalib ra, Nabi bersabda:

“Penghalang antara mata jin dengan aurat bani adam, apabila kalian masuk kamar kecil, ucapkanlah bismillah.” (HR. Tirmidzi)

 

8. Mencegah Setan Ikut Makan

Makanan yang kamu makan tanpa menyebut nama Allah (bismillah), maka akan membuat setan ikut menyantapnya.

“Sesungguhnya setan akan memakan makanan yang tidak diawali menyebut nama Allah.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat Lengkap dengan Bahasa Arab dan Latin

Selain keutamaan di atas, memulai sesuatu dengan mengucapkan basmalah, dapat menjernihkan pikiran dan membaut segala doa yang kita langitkan dapat Allah SWT kabulkan. Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk membaca bismillahirrahmanirrahim, ya.

  • Bagikan