40 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021

  • Bagikan
40 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021
kumparan.com

Seruni.id – Menjelang hari kemerdekaan Indonesia ke-76, adakah ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ingin kamu berikan? Kalau kamu masih bingung dalam merangkai kata-kata, kamu bisa menyimak artikel ini sampai selesai, ya. Karena akan ada beberapa contoh yang bisa kamu gunakan.

40 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia 2021
portalsulut.pikiran-rakyat.com

Tak terasa, sudah hampir 76 tahun Indonesia merdeka. Setelah perjuangan panjang dan tumpah darah para pahlawan yang telah memperjuangkannya. Setiap tahun, pada tanggal 17 Agustus, seluruh rakyat Indonesia berlomba-lomba menyambut perayaan ini dengan penuh suka cita. Namun, hampir dua tahun ini, perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) tidak semeriah biasanya. Sebab, pandemi Covid-19 masih melanda di negeri tercinta ini.

Meski demikian, bukan berarti kita melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang, ya. Karena perayaan hari kemerdekaan juga bisa dilakukan dengan cara memberikan ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia kepada sanak saudara atau dijadikan sebagai caption pada postinganmu di media sosial. Nah, berikut ini, Seruni telah merangkum berbagai kumpulan ucapan HUT RI ke-76 yang bisa kamu gunakan:

Ucapan Dirgahayu RI Ke-76

Kurang dari dua pekan, Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan. Ada beberapa contoh ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia yang bisa kamu gunakan sebagai caption pada postinganmu berikut ini:

1. “Teruslah berjaya Indonesia-ku, berkibarlah Sang Saka Merah Ptuih. Gema seabad silam bangsa Inggris datang meredah, pahang dengan peluru bersama senapan membunuh setiap pejuang, sekarang Indonesia bebas lepas dari penjajah. Merdeka!”

2. “Kemerdekaan bukanlah tanda berhentinya perjuangan. Namun, tanda untuk berjuang dengan lebih keras. Selamat merayakan Hari Kemerdekaan RI ke-76 untuk seluruh rakyat Indonesia.”

3. “Cita-cita persatuan bangsa Indonesia bukanlah omong kosong belaka, melainkan sungguh-sungguh didukung oleh kekuatan-kekuatan yang timbul pada akar sejarah bangsa kita sendiri. Selamat Hari Kemerdekaan. Semoga Indonesia semakin maju dan banyak melahirkan penerus yang berbudi pekerti baik, cerdasa, dan jujur.”

4. “Seribu orangtua hanya dapat bermimpi. Namun, satu orang pemuda dapat mengubah dunia. Merdeka! Selamat HUT RI ke-76.”

5. “17 Agustus, tidak hanya sekadar ajang untuk berlomba saja. Namun, jadikanlah momen tersebut sebagai persatuan bangsa, mengenang jasa para pahlawan. Dan jangan lupa kibarkan bendera merah putih di tanah pertiwi.”

6. “Menang bukan berarti berhasil menduduki sebuah kursi kekuasaan. Bukan pula berhasil menumbangkan banyak lawan. Menang yang sesungguhnya adalah, ketika kita bisa merangkul segala perbedaan, membangkitkan kembali semangat juang, dan kita bisa melakukan perubahan.”

7. “Kemerdekaan tidak didapat dengan mudah. Bukan pula sebuah hadiah dari penjajah yang didapat secara cuma-cuma. Namun, kemerdekaan Indonesia adalah bukti, bahwa tidak ada perjuangan yang mengkhianati hasil. Kemerdekaan Indonesia adalah saksi bahwa menyerah hanya untuk orang-orang yang jiwanya kalah. Semoga Indonesia selalu merdeka.”

8. “Di momen ini, kita perlu mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia. Sebab, berkat jasa mereka, kita bisa hidup dengan tenang. Selamat 17 Agustus.”

9. “Selain terbebas dari penjajahan, kemerdekaan bangsa Indonesia adalah perayaan dari perbedaan yang disatukan.”

10. “Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama untuk Indonesia yang adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia!”

Ucapan 17 Agustus 2021 Penuh Semangat

Kemerdekaan Indonesia tak lepas dari perjuangan dan semangat para pahlawan. Oleh sebab itu, sebagai rakyat Indonesia, kita harus memiliki semangat juang yang tinggi. Nah, di momen ini, kamu juga bisa memberikan ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan penuh semangat, loh. Berikut beberapa contoh ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia yang akan membakar semangatmu.

11. “Indonesia bukan hanya sekadar nama. Namun, ada kenangan, cinta, dan luka. Ada tempat berpetualang dan pulang. Ada aku dan kamu yang mencoba memperbaiki, dengan cara kita yang sederhana dan tak kenal lelah. Dirgahayu, Indonesiaku!”

12. “Kemerdekaan melawan penjajah memang telah usai. Namun, perjuangan melawan ketidakpedulian dari diri sendiri masih terus berlanjut. Selamat HUT RI ke-76.”

13. “Masih ada setitik harapan dan mimpi yang kita jaga. Masih ada cita-cita yang bisa kita bagikan. Kemerdekaan bukan sekadar ritual semata, tapi ajang untuk membangun bangsa.”

14. “Jagalah selalu semangat patriotisme, bersinar dalam dirimu, dan banggalah menjadi Indonesia. Selamat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76.”

15. “Nasib bangsa tidak akan berubah jika kita tidak mengubahnya. Mari sama-sama berjuang. Memperbaiki diri agar bermanfaat untuk negeri. Sekali merdeka tetap merdeka.”

16. “Jangan jadikan perbedaan sebagai alasan untuk bertengkar dan melemahkan rasa kasih sayang kita. Namun, jadikanlah perbedaan tersebut sebagai kekuatan. Selamat hari ulang tahun Indonesia ke-76.”

17. “Kemerdekaan suatu negara dapat dijamin teguh berdiri apabila berpangkal pada kemerdekaan jiwa.”

18. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”

19. “Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun, jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya. Merdeka!”

20. “Kini kita dapat hidup bebas dan tertawa puas. Menggapai mimpi dengan bebas. Asal rajin dan jangan malas. Melanjutkan perjuangan dengan tegas sampai tuntas. Selamat HUT RI ke-76.”

Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia dari Para Tokoh

Kalau kamu bingung dalam merangkai kata sebagai ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia, kamu juga bisa menggunakan beberapa ucapan dari para tokoh berikut ini, kok.

21. “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.” – Ir. Soekarno

22. “Sanggunp mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan negara Republik Indonesia, yang telah diprokalamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945, sampai titik darah penghabisan.” – Jenderal Soedirman

23. “Kemerdekaan untuk merdeka, kemerdekaan berarti mengakhiri selamanya penghisapan-penghisapan bangsa oleh bangsa, penghisapan yang tak langsung maupun langsung.” – Ir. Soekarno

24. “Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.” – Mohammad Hatta

25. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.” – RA Kartini

26. “Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua; satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis.” – Ir. Soekarno

27. “Suara-suara itu tidak bisa dipenjarakan, di sana bersemayam kemerdekaan, apabila engkau memaksa diam, aku siapkan untukmu pemberontakan.” – Wiji Thukul

28. “Kalau Tuhan tidak menjadikan perhabaan dan perbudakan, tentu tidak akan timbul keinginan hendak mengejar kemerdekaan. Memang kalau tiada kesakitan, orang tidak mempunyai keinginan untuk mengejar kesenangan. Oleh itu tidak keterlaluan jika dikatakan bahawa sakit dan pedih adalah tangga menuju kejayaan.”- Buya Hamka

29. “Kemerdekaan nasional adalah bukan pencapaian akhir, tapi rakyat bebas berkarya adalah pencapaian puncaknya.” – Sutan Syahir

30. “Di mana ada kemerdekaan di situlah harus ada disiplin yang kuat. Sungguhpun disiplin itu bersifat self disiplin, yaitu kita sendiri mewajibkan dengan sekeras-kerasnya. Dan peraturan yang sedemikian itu harus ada di dalam suasana yang merdeka.” Ki Hadjar Dewantara

31. “Sebab, kemerdekaan yang tidak diperjuangkan, tidak akan pernah dimenangkan.” – Najwa Shihab

Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia Penuh Harapan

Di setiap ucapan, terselip sebuah harapan. Begitupun di momen 17 Agustus ini, tentunya kita memiliki banyak harapan, terutama agar Indonesia dapat lebih maju dan sejahtera. Adapun ucapannya yakni sebagai berikut.

32. “Selalu ada rindu dan kasih untuk NKRI. Dirgahayu Repbulik Indonesia, sekali merdeka tetap merdeka!”

33. Selamat ulang tahun negeriku ke-76, semoga semakin maju dan lekas pulih dari pandemi.”

34. “Rakyat terus berjuang, semoga kondisi sulit bisa segera bangkit. Dirgahayu negeriku ke-76.”

35. “Jayalah negeriku Indonesia tercinta. Di tahun ke-76 ini, semoga semua perjuangan rakyat menemukan hasil yang sepadan.”

36. “Lekas pulih ibu pertiwi, segeralah bangkit dan kembali normal. Di momen kemerdekaan ini, semoga menjadi titik balik perjuangan melawan Covid-19.”

37. “Semangat persatuan terus dikobarkan, 76 tahun sudah Indonesia merdeka. Semoga ini menjadi momentum kebangkitan kita semua. Dirgahayu Indonesiaku!”

38. “Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini, semoga bisa membawa Indonesia ke titik yang lebih baik. Dirgahayu bangsaku. Semoga pemimpinnya semakin berkualitas dan berkomitmen untuk memajukan negeri.

39. “Harapan besar tertumpu pada semua pemangku kepentingan, dengan perayaan HUT RI ke-76 ini, semoga bisa bersinergi untuk Indonesia yang lebih baik.”

40. “Kembali bersatu dan berjuang bersama melawan pandemi, bersama dengan perayaan HUT RI ke-76 tahun ini. Semoga bumi pertiwi lekas membaik dan Indonesia kembali menjadi bangsa yang besar.”

Baca Juga: Kumpulan Puisi Pahlawan Kemerdekaan Indonesia yang Menyentuh Hati

Demikianlah beberapa contoh ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 yang bisa kamu sampaikan. Semoga kata-kata ucapan di atas bisa memberikanmu inspirasi dan sebuah informasi baru.

  • Bagikan
seruni.id