6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan

  • Bagikan
6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
motherandbaby.co.id

Seruni.id – Hari perkiraan lahirnya si buah hati sudah semakin dekat, Moms? Inilah saatnya untuk mempersiapkan segala perlengkapan untuk menyambut kedatangannya. Selain itu, jangan lupa persiapkan dokumen yang wajib dibawa menjelang persalinan nanti. Penting sekali untuk mempersiapkan dokumen tersebut jauh-jauh hari sebelum HPL agar kamu tidak perlu panik berlebihan saat akan berangkat ke klinik. Lantas, apa saja ya dokumen yang wajib dibawa menjelang persalinan? Berikut daftarnya:

1. Buku KIA

6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
news.unair.ac.id

Sejak kontrol pertama kali, baik di rumah sakit atau puskesmas, biasanya akan mendapatkan buku KIA (Buku Kesehatan Ibu dan Anak). Buku berwaran merah muda ini, harus dibawa setiap kali kamu melakukan kontrol bulanan. Begitupun ketika hari persalinan tiba, buku ini pun wajib kamu bawa. Sebab, setiap rekam medis anak nantinya akan ditulis di sini dan akan dibutuhkan, bahkan hingga anak masuk Sekolah Dasar. Nah, bagi kamu yang melakukan kontrol kandungan di RS swasta, jangan lupa juga membawa buku rekam medis ibu dan anak yang diberikan dari RS tempatmu biasa melakukan kontrol.

2. Kartu Identitas

6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
popmama.com

Kartu identitas suami dan istri, penting sekali untuk dibawa saat hari persalinan nanti. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya siapkan pula salinan atau foto copy KTP masing-masing beberapa lembar. Sebab, bisa jadi KTP akan dibutuhkan saat proses pembuatan akta lahir anak.

3. Asuransi atau BPJS

6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
duwitmu.com

Dokumen yang wajib dibawa menjelang persalinan berikutnya adalah asuransi atau BPJS. Apabila kamu memutuskan untuk melahirkan di rumah sakit yang dicover oleh BPJS, sudah pasti kamu harus membawa kartu tersebut di hari H. Namun, jika memilih untuk melahirkan di rumah sakit swasta yang hanya menerima kartu BPJS untuk tindakan darurat, tidak ada salahnya untuk membawa kartu asuransi kalau suatu saat diperlukan. Agar tidak tercecer, sebaiknya kartu tersebut disimpan dalam satu tempat bersama dengan KTP dan kartu-kartu penting lainnya.

4. Kartu Keluarga (KK)

6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
yellsaint.com

Kartu Keluarga merupakan salah satu dokumen yang wajib dibawa menjelang persalinan nanti. Sebab, di sejumlah rumah sakit, kini sudah dapat memproses pembuatan akta lahir secara langsung. Oleh karena itu, jaga-jaga saja membawa KK dan salinannya, karena kita tidak pernah tahu perubahan kebijakan sewaktu-waktu saat nanti kamu hendak melahirkan di rumah sakit maupun klinik bersalin. Kalau saat ini kamu belum membuat KK baru bersama suami, tidak ada salahnya kok untuk mulai mengurus dari sekarang, agar nanti kamu tidak repot.

5. Salinan Akta Nikah

6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
tangerangkab.go.id

Akta nikah sering kali terlupakan untuk dibawa menjelang hari persalinan. Padahal, surat ini sangat dibutuhkan untuk membuat akta kelahiran si buah hati. Agar kamu tidak lupa, yuk persiapkan salinan akta nikah untuk dibawa saat persalinan nanti. Sebaiknya simpanlah ke dalam amplop khusus dokumen penting jelang persalinan.

6. ATM dan Buku Tabungan

6 Dokumen yang Wajib Dibawa Menjelang Persalinan
digitalkonsumen.com

Dari sekian dokumen penting yang wajib dibawa menjelang persalinan pada poin sebelumnya, jangan sampai kamu melupakan ATM dan buku tabungan, ya. Karena keduanya sangat dibutuhkan ketika persalinan nanti. Buatlah ATM dana darurat yang disimpan bersama dengan tas siap angkut saat hari melahirkan tiba. ATM memang penting, tapi jangan lupa juga untuk membawa uang tunai, ya.

Demikianlah beberapa dokumen penting yang wajib dibawa menjelang persalinan. Supaya semua dokumen lebih rapi, simpanlah di map khusus yang mudah dijangkau di atas atau koper yang siap kalian angkut.

Untuk beberapa dokumen seperti kartu identitas, bisanya akan selalu tersimpan di dalam dompet. Jadi, pastikan kamu menaruhnya di tempat yang mudah dijangkau, ya. Jika sewaktu-waktu dibutuhkan, kamu tidak sulit mencarinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

  • Bagikan