40 Ucapan Selamat Menikah Simple, Terlengkap dan Paling Berkesan

40 Ucapan Selamat Menikah Simple, Terlengkap dan Paling Berkesan
pernikahan.asia

Seruni.id – Banyak orang yang masih bingung ketika ingin menuliskan ucapan selamat menikah, baik itu untuk sahabat, keluarga, pun teman. Sebenarnya, kita bisa menuliskan ucapan pernikahan sesuai dengan apa yang ingin kita sampaikan kepada dua insan yang tengah berbahagia.

40 Ucapan Selamat Menikah Simple, Terlengkap dan Paling Berkesan
40 Ucapan Selamat Menikah Simple, Terlengkap dan Paling Berkesan

Dan sebaiknya, ucapan selamat menikah tersebut diiringi dengan kata-kata manis dan doa-doa yang baik. Agar kedua mempelai dapat berkesan dengan ucapan yang kamu berikan. Namun, jika kamu memang benar-benar masih bingung, tenang saja, Seruni akan menyediakan beberapa ucapan selamat menikah yang simple dan akan terus diingat olehnya. Berikut diantaranya:

Kata-kata Pernikahan Simple untuk Keluarga

1. “Bahagia selalu ya, saudaraku. Semoga Tuhan selalu memberikan keberkahan di dalam hidup rumah tanggamu. Semoga segera diberikan keturunan yang lucu, agar bisa meramaikan rumahmu. Aamiin.”

2. “Kini telah lengkap sudah kebahagianmu, sepupuku. Pernikahan yang selama ini kamu impikan akhirnya dapat terwujud. Semoga Tuhan selalu mempersatukan kalian dalam suka maupun duka. Selamat berbahagia.”

3. “Kakaku tersayang, kini sudah menemukan cinta sejatinya. Kudaoakan semoga kamu bahagia dalam menjalani kehidupan berumah tangga. Tertanda dari adik tercintamu.”

4. “Selamat menempuh hidup baru sebagai seorang istri. Semoga di hari bahagiamu ini, merupakan awal dari momen-momen bahagia lainnya dalam rumah tanggamu dan pasangan. Untuk kakak tersayangku, jadilah istri yang selalu memberikan rasa nyaman kepada suamimu.”

5. “Saudaraku, selamat atas kebahgaianmu hari ini dengan pernikahanmu. Mulai hari ini, kamu memiliki sandaran baru, aku turut berbahagia akan hal itu. Sekarang ikatan baru sudah terjalin, dan kamu akan membangun rumah tangga sendiri, aku sangat senang sekali. Selamat menikah.”

6. “Selamat menikah, Kak. Jadilah imam yang baik bagi istri dan anakmu nanti. Jadilah panutan yang baik dan suami yang dikagumi.”

7. “Keponakanku yang nakal kini berubah menjadi lelaki gagah di hari pernikahannya. Selamat menikah. Jadilah suami yang selalu bertanggung jawab untuk kebahagian istri dan anakmu kelak.”

8. “Selamat menempuh hidup baru, Kakak. Hari ini dengan pakaianmu itu, aku merasa bahagia melihatmu. Senyum bahagiamu terlukis dengan indah di raut wajahmu. Namun, tangis haru turut menodainya. Apapun yang terjadi setelah ini, adalah babak baru dalam kehidupanmu. Semoga sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Selamat menikah, Kak, statusmu sebentar lagi akan berganti.”

9. “Kakak, sekarang kamu punya sandaran baru, yang akan saling menguatkan dan menyangga. Bukan hanya bersandar, jadilah juga sandaran, agar semua berjalan sebagaimana mestinya. Selamat menikah, Kak. Doa terbaik akan selalu menyertai langkahmu.”

10. “Aku bangga melihatmu sekarang, aku bangga memiliki saudara sepertimu. Kamu berani membuat keputusan untuk membangun rumah tangga dan lepas dari orangtua kita. Tak akan pernah kulupa dengan segala kenangan yang pernah kita lalui, baik manis pun pahir, biarlah semua tersimpan di dalam memori. Selamat memasuki fase hidup yang baru, Kak. Happy wedding.”

Ucapan Selamat Menikah Islami

11. “Tiada ibadah yang lebih indah daripada pernikahan. Di mana duduk berdua adalah ibadah, menghabiskan waktu bersama adalah ibadah. Bahkan, menyuapkan makanan juga ibadah. Semoga kebahagiaan dan keberkahan selalu menyertai langkah kalian. Aamiin.”

12. “Selamat menikah, semoga Allah menyempurkan kebahgaian kalian dan menyempurnakan ibadah kalian, serta memberikan petunjuk dalam setiap keputusan.”

13. “Luruskan niat baikmu, agar dengan izin Allah perjalanan kemudian akan semakin baik. Jadikanlah niat menikah untuk ibadah dan mengikuti sunnah Rasull SAW. Semoga pernikahan kalian langgeng dan selalu dianaungi petunjuk Allah dalam setiap langkah.”

14. “Allah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Sejak zaman Nabi Adam hingga ditiupnya sangkakala. Itulah takdir dari Allah. Semoga kalian akan terus bersama hingga tugas di dunia selesai. Semoga kalian akan bersama pula di dalam surga-Nya nanti. Aamiin.”

15. “Pernikahan ini adalah awal kehidupan baru kalian, semoga membawa berkah hingga akhir hayat dan kalian akan selalu memperoleh rahmat-Nya. Selamat menempuh hidup baru.”

16. “Menikah bukan hanya mencari kebahagiaan, namun juga sebagai ibadah. Sebab, bahagia hanyalah sebagian dari berkah pernikahan. Jika kalian memasuki pernikan dengan iman, artinya kalian sedang melepas jangkar untuk mengaruni bahtera pernikahan dan siap untuk berlabuh di surga-Nya.”

17. “Kini kebahagianmu telah lengkap. Telah kamu temukan tulang rusukmu yang hilang. Sebagai sahabat, aku ikut senang melihat kalian bersanding dengan bahagia. Selamat menikah. Semoga kehidupan kalian selalu dipenuhi oleh cinta dan keberkahan dari Allah.”

18. “Pahit getir dan gembira ketika masa-masa kalian sebelum menikah, sesungguhnya bukanlah apa-apa. Namun, setelah ijab qobul, seutuhnya rasa gembira dan duka akan menjadikan kalian semakin kuat dan dewasa. Selamat menikmati kejutan-kejutan dalam pernikahan kalian.”

19. “Apa yang menjadi niatmu adalah kebaikan yang akan mendatangkan kebahagiaan yang tak terhingga. Semoga pernikahanmu selalu dilimpahkan dengan kasih dan sayang, serta petunjuk dari Yang Maha Kuasa. Semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah. Aamiin.”

20. “Pernikahan akan mendidik kalian menjadi dua insan yang jauh lebih dewasa, membuat kalian tahu bahwa kehidupan tidak hanya satu warna, melainkan dua warna bahkan lebih. Selamat menempuh hidup baru, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.”

Ucapan Selamat Menikah untuk Sahabat

21. “Ketika kalian menjadi sepasang suami istri, akan memiliki dua impian yang saling memenuhi, dua ambisi untuk saling melengkapi, dua hari untuk saling menghormati, dan dua kehidupan untuk satu tujuan. Selamat menempuh hidup baru.”

22. “Selamat sudah menjadi psangan serasi. Semoga perjalanan kalian akan tetap indah kala bersama-sama membangun kehidupan yang baru. Selamat menempuh kehidupan baru.”

23. “Akhirnya kamu dan dia sudah menemuan bagian dari tubuh masing-masing. Saat ini, kalian sudah menjadi pasangan yang sempurna dalam ikatan pernikahan. Dan semoga kebahagian kalian akan dilengkapi dengan hadirnya di buah hati. Selamat menempuh hidup baru, sehabatku.”

24. “Sahabatuku, satu dari tulang rusukmu sudah diambil oleh Tuhan untuk menciptakan seorang wanita, yang kelak akan menjadi jodohmu. Sekarang sudah kau temukan seseorang itu, cintailah dia dan jagalah dia layaknya engkau menjaga dirimu sendiri, dikarenakan dia adalah bagian dari dirimu. Selamat menempuh hidup baru.”

25. “Sungguh tak terlukiskan kabahagiaanku, memandang kalian yang pada akhirnya duduk bersanding dipelaminan. Perjlanan cinta kalian bagaikan dalam film fiksi tapi berakhir layaknya cerita dalam FTV, aku sungguh terharu. Selamat menempuh hidup baru teman baikku, doakan aku cepat menyusul, ya.”

26. “Kisah cinta kalian bagaikan Romeo dan Juliet, namun kalian lebih beruntung dari mereka. Sebab, kalian sudah menjadi pasangan sehidup semati dalam ikatan pernikahan ini. Semoga menjadi keluarga baru yang penuh puas cinta. Selamat menempuh hidup baru.”

27. “Untuk sahabatku, kini kamu sudha berbeda dengan yang dulu. Kamu telah bersama dengan belahan jiwamu. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat-Nya untuk penrikahan kalian.”

28. “Selamat menikah, ya, sahabatku. Baik-baik, ya. Karena kamu sekarang akan mengemban amanah sebagai seorang istri yang harus taat kepada suamimu. Kamu harus rela dan ikhlas karena ridha Allah juga terletak pada ridha suamimu. Semangat, dan bahagia selalu.”

29. “Sahabatku, memang dulu kita bertemu dan menemukan kecocokan masing-masing, serta saling menjaga. Segala keluh kesah kita saling menyampaikan, saling mendukung, karena itulah sahabat. Segala kondisi telah kita lalui bersama, manis pahitnya dunia ini kita selalu satu. Sekarang, bukan hanya aku, berkeluh kesahlah pada pasanganmu. Happy wedding, kudoakan yang terbaik untukmu.”

30. “Menemukan cinta sejati, pasanganmu, belahan jiwami, yang sesungguhnya memang memerukan proses panjang dalam hidup. Sebagai sahabat, aku tahu apa yang sudah kamu lalui, dai mimpimu, sampai cintamu. Sekarang adalah hari terindahmu, kamu mengikat janji dengan cintamu yang sejati, hatiku turut berbunga. Happy wedding, selamat menembuh bahtera rumah tangga dengan pasanganmu.”

Kata-kata Arab Selamat Menikah

31. “Barakallahu lakum wa baraka alaikum. Alf mabrouk ala alzeefaf alsa’edd”

Artinya: “Semoga Allah selalu melimpahkan berkatnya. Selamat atas penikahan kalian.”

32. “Barakallahu lakuma wa jama;a baina kuma fii khair”

Artinya: “Semoga berkat Allah senantiasa dilimpahkan kepadamu dan menghimpun engkau berdua dalam keadaan baik (bahagia).”

33. “Barakallahu laka wa baroka alaika wa jama’a bainakumaa fii khoirin”

Artinya: “Semoga Allah memberkahi engkau dalam segala hal (yang baik) dan mempersatukan kamu berdua dalam kebaikan.”

Puisi untuk Seorang Sahabat yang Menikah

34. “Akad”

Akan tiba saatnya
Jiwa ini terlilit oleh cinta
Tak lagi hanya permainan
Namun menjadi sebuah perjanjian

Cinta tulus ini
Terpadu termasuk di dalam sebuah akad
Perjanjian diri tuk saling setia
Sehidup semati, mengumpulkan separuh jiwa

Saat akad terucap
Resmi dirimu seluruhnya miliknya
Resmi hidupmu akan sepenuhnya bersamanya

Konsekuensi ucap akad itu
Sebagai wujud cinta kalian
Berjanjilah tuk katakan yang sebenarnya
Bahwa kalian saling cinta

35. “Semua Berpasangan”

Kalian telah diciptakan berpasangan
Dan selamanya kalian akan berpasangan
Bersamlah, hingga sang mau memisahkan nyawa berasal dari raga
Bersamalah, tapi biarkanlah tersedia area pada kebersamaan itu
Tempat angin surga menari-nari pada diri kalian

Berkasih-kasihlah, tapi jangan membelenggu cinta
Biarkanlah cinta itu bergerak senantiasa
Seperti aliran sungai yang mengalir lincah
Di pada kedua belahan jiwa

Isilah cawan-cawan cintamu
Tapi, jangan saling minum berasal dari satu cawan
Saling berbagilah
Tapi jangan makan berasal dari pinggan yang sama

Bernyanyilah dan menarilah bersama
dalam segala bahagia dalam segala duka
Tapi biarkan masing-masing hatimu
Menghayati kesendiriannya

Walau lagu yang mirip sangat menggetarkan jiwa
Tapi gitar miliki tali bersama dengan suara sendiri-sendiri
Berikan hatimu, tapi jangan sekali-kali saling menguasai
Sebab cuma Tuhan sang penguasa kehidupan
Yang miliki kuasa atas hatimu

Berdirilah kalian sejajar, tapi jangan sangat dekat
Sebab tiang-tiang masjid pun tidak dibangun sangat rapat
Begitu pula pohon jati
Begitu pula pohon cemara
Mereka tidak tumbuh dalam bayangan satu bersama dengan yang lainnya.

36. “Kado Pernikahan”

Detak jam dinding, detak jantungku
Menjadi saksi bergulirnya waktu
Menjadi saksi terpautnya rindu
Dalam kebersamaan itu

Dalam bingkai bunga nan semerbak rambutmu
Dalam tiap helai pakaian pengantinmu
Aku tahu, betapa bahagianya hatimu
Betapa riangnya jiwamu

Karena takan ada lagi malam yang sepi
Karena tak akan kau rasa lagi malam yang sunyi
Semua akan indah, berdua, selalu bersama
Menyulan tawa dan canda bahagia

Selamat menempuh hidup baru, sahabat
Semoga wajah bahagia itu selalu tersirat
Semoga keluargamu itu sakinah mawaddah dan warahmah
Menjadi cahaya dari setiap tetes waktu bersajaha

Semoga memiliki anak-anak yang baik budinya
Cantik seperti iunya, bertanggung jawab seperti ayahnya
Semoga kalian bahagia, sampai maut memisahkan kalian berdua. Aamiin

37. “Selamat Menempuh Hidup Baru”

Sahabat, apakah engkau tahu?
Sekarang engkau telah naik pangkat
Ya, engkau telah menjadi raja dan permaisuri, sahabat
Betapa mulia dan bahagianya hatimu

Engkau diarak kemuliaan
Hanya untuk bertemu dengan sang pujaan
Saat Engkau telah bertemu
Engkau dihantarkan ke tempat yang mulia
Singgasana terhormat dengan pengawalan lengkap
Dan ribuan tamu menghadapmu

Engkau jadi pusat perhatian
Semua mata tertuju padamu
Engkaulah dwi tunggal keindahan
Engkaulah bintang pesta kemenangan

Sahabat, akuu ikut bahagia melihatmu
Ku tak bisa berikan kado berlapis sutera
Ku hanya bisa menari lewat kata
Kata doa, bahagia sampai masa tua

Wahai Dzat pencipta rasa cinta
Jadikanlah mempelai insan yang diberkahi
Seperti sepasang pohon raja yang berbuah
Bisa hidup dan tumbuh dimanapun
Bisa berbuah dengan rasa yang manis

Wahai Dzat pencipta pernikahan
Jadikanlah mereka keluarga yang tangguh
Seperti dua janjang kelapa gading yang masih muda
Simbolik Insan yang bekemauan keras
Untuk mencapai tujuan dan cita-citanya

Wahai Dzat pencipta kedamaian
Jadikanlah mereka keluarga sakinah mawadah wa rahmah
Dapat tumbuh seperti pohon beringin
Menjadi pengayom keluarga dan lingkungan
Selamat sentosa lahir batin

38. “Menjadi Keluarga yang Sakinah”

Ketika janji manis terucap
Ketika jalinan cinta bersemi
Menuai cinta berbagi cerita
Tiba saatnya menuju singgasana

Terbingkis kepada sahabatku
Berbunga-bunga lewati hari ini
Bersama bidadari menemani

Berdamping, bergandengan tangan
Dalam upcara sakral suci ini
Pernikahan yang kalian jalani

Bulatkan tekad, satukan hati
Bersama membangun hidup
Mengabdi kepada Ilahi
Tuk saling menjaga
Beribadah khusuk kepadaNya semata.

Sembah sujudku wahai Tuhan semesta alam
Lancarkan pernikahan yang mereka mlalui
Berkahi mereka berdua melalui pernikahan ini
Untuk bisa saling mencintai dan menyayangi

Semoga menjadi keluarga sakinah
Merasakan keluarga yang Mawaddah
Membentuk keluarga nan Warahmah
Selalu bersyukur dengan anugerahnya

Aminn ya rabal alamin.

39. “Puisi Pernikahan untuk Sahabat Kecilku”

Aku bahagia melihatmu
Aku bahagia melihatmu duduk berdua dengan jodohmu
Aku bahagia engkau melepas masa lajangmu
Aku bahagia engkau akan menempuh hidup baru

Sahabat, apakah kamu ingat saat masa yang dulu
Masa kecil saat kita masih polos dan lugu
Kita selalu bermain bersama menghabiskan waktu
Sekedar bermain petak umpet atau bermain gundu

Sahabat, aku teringat saat kita belajar bersama
Saat kita belajar menulis juga membaca
Di hadapan seorang guru kira menuntut ilmu
Agar kelak kita bisa dibanggakan oleh ayah dan ibu

Sahabat, kita memang telah lama tak berjumpa
Hingga kita jarang bertegur sapa
Namun aku tahu perpisahan kita
Adalah awal kita untuk menggapai cita-cita

Sahabat
Di hari pernikahanmu yang mulia
Aku tak bisa membawakan kado yang berharga
Aku hanya bisa menyumbangkan satu dua patah kata
Dalam bingkisan puisi aku merangkai kata doa

Ya Rob, Dzat pencipta makhluk berpasang-pasang
Berkahilah mereka dengan penuh kasih sayang
Lindungilah mereka saat menghadapi coba dan rintang
Jadikanlah keluarganya bahagia sejahtera saat pagi juga petang

Ya Rob, Dzat pencipta surga
Kuatkanlah mereka mengarungi bahtera rumah tangga
Berikanlah mereka buah hati keluarga
Bahagia seutuhnya jiwa dan raga

40. “Hidup Baru”

Untukmu, temanku
Yang hari ini bahagia
Yang mengikat janji berdua

Membulatkan satu perasaan
Untuk saling mengisi, untuk saling berbagi
Dalam menjalani kehidupan

Memulai amanat beribadah
Bersama untuk berjamaah
Sebagai suatu langkah
Untuk kembali kepada Allah

Semoga menjadi keluarga sakinah
Mersakan keluarga yang mawaddah
Membentuk keluarga nan Warahmah
Dan menyukuri semua anugrah Allah
Amin ya robbal allamin

Baca Juga: 100 Kata-kata Mutiara Cinta Sejati Romantis Terbaru

Itulah kumpulan ucapan selamat menikah serta doa pernikahan yang bisa kamu tuliskan kepada teman, sahabat, pun keluarga yang tengah berbahagia. Untuk kamu yang masih sendiri, semoga secepatnya Allah kirimkan tambatan hati yang siap menuju bahtera rumah tangga bahagia. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.