7 Trik Sukses Berkarir untuk Orang Introvert

7 Trik Sukses Berkarir untuk Orang Introvert
blgo.davestpay.com

Seruni.id – Orang-orang dengan kepribadian introvert kerap dilabeli “antinasional” dan dianggap tak mampu bekerjasama dalam sebuah tim di lingkungan kerja. Hal ini tentu akan menurunkan rasa kepercayaan diri mereka. Nah, apakah kamu salah satu orangnya? Bagaimana karirmu di tempat kerja? Jika kamu merasa kurang percaya diri, cobalah untuk menerapkan tips sukses berkarir untuk orang introvert yang Seruni rangkum dari berbagai sumber.

7 Trik Sukses Berkarir untuk Orang Introvert
keypo.com

1. Survei Tempat Kerja

Untuk kamu seorang dengan kepribadian introvert yang baru saja mendapatkan pekerjaan, cobalah untuk melakukan survei mengenai seluk beluk tempatmu bekerja. Mulai dari suasana kantor sampai latar belakang atasanmu. Bagaimana mencaritahunya? Mudah sekali, bisa melalui situs resmi atau media sosial perusahaan berbagai informasi yang penting diperhatikan saat kamu memasuki kantor baru. Tujuannya agar di hari pertama kamu bekerja tidak terlalu canggung atau bingung.

2. Jangan Ragu untuk Berinterkasi

Bagi seorang introvert memulai interaksi bukanlah hal yang mudah. Namun, beradaptasi sangat penting dilakukan di tempat kerja, agar kamu bisa mengenal semua orang. Terasa sulit memang berinteraksi dengan luwes dan bebas seperti kebanyakan orang. Tapi, berlatihlah demi mencapai kesuksesan karir, kamu juga perlu membaur dan berinterkasi dengan semua rekan kerja. Jika kamu memang tidak menikmati waktu bersama mereka, setidaknya beranikan diri untuk berinteraksi dengan orang-orang penting di tempat kerja. Cari hal-hal yang bisa dipelajari dari mereka melalui obrolan hingga rapat-rapat yang pernah dihadiri bersama para petinggi perusahaan.

3. Terlibat dalam Kegiatan Kantor

Karir yang cemerlang tak melulu harus tiba di tempat kerja tepat waktu dan pulang tepat waktu. Namun, kamu juga perlu bersosialisasi dengan rekan kerja di luar jam kerja. Seperti berkumpul di coffee shop, atau mengadakan outing keluar kota. Meskipun introvert tidak terlalu suka berbaur atau bekerja dengan banyak orang, kamu bisa menganggap kegiatan itu sebagai salah satu bagian dari pekerjaan. Jangan sampai, hal ini justru menjadi hambatan bagi perkembangan karirmu, cobalah untuk sedikit mengalokasikan waktu bersosialisasi dalam lingkungan kerja.

4. Manfaatkan Komunikasi Online

Komunikasi online sangat membantu sekali, terutama bagi seorang intrivert, seperti email atau grup WhatsApp. Jika ada hal yang perlu didiskusikan dengan teman kerja, namun kamu masih kurang PD, tidak masalah jika kamu memilih jalur komunikasi online. Akan tetapi, kamu harus memastikan lebih dulu, apakah metode komunikasi yang kamu pilih sudah sesuai dengan lawan bicaramu atau tidak.

5. Berteman dengan Sesama Introvert

Tidak hanya dalam urusan karir saja, sepertinya hal ini juga berlaku di luar kantor. Biasanya, orang introvert akan lebih nyaman jika mereka berteman dengan sesama introvert. Apabila kamu merasakan hal ini, tidak ada salahnya jika kamu juga melakukannya di tempat kerja. Jika sudah nyaman, barulah kembangkan jaringanmu ke circle para ekstrovert.

6. Berlatih di Rumah

Siapa bilang orang-orang yang jago public speaking itu ekstrovert? Ternyata belum tentu, loh. Sebab, kamu yang introvert juga bisa kok berbicara di depan umum, termasuk juga presentasi saat meeting. Jika kamu masih malu-malu, cobalah untuk berlatih di depan kaca. Berbicara di depan umum tidak sebatas menaklukan audiens saja, tetapi juga bagaimana menyampaikan idemu agar pesannya diterima dengan baik. Jika kamu sudah berhasil, urusan karirmu pun akan lebih lancar ke dapannya.

7. Pastikan Prestasimu Terlihat

Mungkin kamu memiliki beberapa rekan kerja yang pandai ‘menjual diri’ dan mereka selalu menjadi orang pertama yang mendapat kesempatan di kantor. Salah satu sisi negatif menjadi karyawan introvert adalah pencapaian kamu menjadi lebih sulit terlihat di mata manajemen. Meskipun ‘menjual diri’ bakal membuat kamu canggung atau bahkan muak, hal ini tetap perlu dilakukan jika kamu bekerja di lingkungan kerja yang kompetitif. Kamu mungkin merasa kurang cocok ‘menjual diri’ dengan omong besar, tetapi kamu bisa menggunakan data statistik dan fakta.

Baca Juga: Tipe Kepribadian : Extrovert, Introvert, atau Ambievertkah kamu? Yuk Cari Tahu di Sini

Demikianlah tujuh tips sukses berkarir bagi kamu dengan kepribadian introvert, semoga kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.