Wajib Tahu, Ini 8 Karakteristik Pemimpin pada Akhir Zaman

kataindonesia.com

Seruni.id – Kemepmimpinan adalah hal yang sangat penting dan mendasar sekali pada setiap perkumpulan manusia. Tanpa adanya asas kepemimpinan, sebuah golongan atau perkumpulan pastinya tidak akan mampu untuk bertahan, apalagi untuk mencapai suatu tujuan bersama. Jika kita terlusuri lebih dalam lagi, sebenarnya krisis terbesar dunia saat ini adalah mengenai keteladanan dalam kepemimpinan, entah itu pemimpin pada suatu negara, kelompk, atau keluarga.

Hasil gambar untuk kepemimpinan di akhir zaman
an-najah.net

Bahkan, bisa dikatakan krisis ini lebih dahsyat apabila dibandingkan dengan krisis energi, ekonomi, dan pangan. Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam telah mengingatkan kepada kita semua bahwa, diakhir zaman kelak, akan dipenuhi dengan fitnah yang bertebaran di mana-mana, serta akan adanya kerusakan yang bersumber dari para pemimpinnya. Lalu, seperti apa sebenarnya karakteristik pemimpin pada akhir zaman? Berikut ulasannya:

1. Para Pemimpin Sesat

Diriwayatkan dari Aus RA berkata, bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Aku tidak takut (ujian yang akan menimpa) pada umatku, kecuali (ujian) para pemimpin sesat.” (HR. Ibnu Hibban). Sufyan as-Tsauri menggambarkan mereka dengan mengatakan: “Tidaklah kalian menjumpai para pemimpin sesat, kecuali kalian mengingkari mereka dengan hati, agar amal kalian tidak sia-sia.”

2. Para Pemimpin yang Jahil Agama

Dari Jabir bin Abdillah RA, bahwa Rasulullah shallalhu’alaihi wa sallam berkata kepada Ka’ab bin Ajzah:

“Aku memohon perlindungan untukmu kepada Allah dari kepemimpinan orang-orang bodoh.” (HR. Ahmad).

Pada hadis riwayat Ahmad diatas dikatakan bahwa maksud pemimpin yang bodoh adalah pemimpin yang tidak mengikuti petunjuk dan sunnah Rasulnya. Yaitu, pemimpin yang tidak menerapkan nilai-nilai Islam.

3. Para Pemimpin yang Menolak Kebenaran dan Penyeru Kemungkaran

Dari Ubadah bin Shamit RA berkata bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang memerintah kalian dengan hukum yang tidak kalian ketahui (imani). Sebaliknya, mereka melakukan apa yang kalian ingkari. Sehingga terhadap mereka ini tidak ada kewajiban bagi kalian untuk mentaatinya.” (HR. Ibnu Abi Syaibah).

4. Pemimpin yang Jahat dan Kejam

Salah satu tanda hari kiamat ialah diangkatnya orang-orang yang jahat dan kejam menjadi pemimpin, seperti yang telah diriwayatkan oleh Ibnu Umar mengatakan bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Ketahuilah , salah satu tanda hari kiamat adalah diangkatnya orang-orang yang jahat dan kejam sebagai pemimpin. Sedangkan orang-orang pilihan dihinakan. Ketahuilah termasuk tanda-tanda hari kiamat adalah banyaknya perkataan buruk dan sedikitnya amal.” (HR. Ad-Darimi).

5. Penguasa yang Memerintah dengan Mengancam

Ciri pemimpin akhir zaman yang selanjutnya ialah mereka yang mengancam kehidupan serta mata pencaharian dari seseorang atau sebuah kelompok. Dari Abu Hisyam as-Silmi berkata bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Kalian akan dipimpin oleh para pemimpin yang mengancam kehidupan kalian. Mereka berbicara (benjanji) kepada kalian, kemudian mereka mengingkari (janjinya). Mereka melakukan pekerjaan, lalu pekerjaan mereka itu sangat buruk. Mereka tidak senang dengan kalian hingga kalian menilai baik (memuji) keburukan mereka, dan kalian membenarkan kebohongan mereka, serta kalian memberi pada mereka hak yang mereka senangi.” (HR. Thabrani).

6. Para Pemimpin yang Mengangkat Pembantu dari Orang-orang Jahat

Pada akhir zaman, para pemimpin akan mengangkat atau mempekerjakan dari sekumpulan orang-orang jahat, mengabaikan salat, serta mengabaikan syariah. Dari Abu Hurairah RA yang berkata bahwa Rasulullah bersabda,

“Akan ada di akhir zaman para penguasa sewenang-wenang, para pembantu (pejabat pemerintah) fasik, para hakim pengkhianat, dan para ahli hukum Islam (fuqaha’) pendusta. Sehingga, siapa saja di antara kalian yang mendapati zaman itu, maka sungguh kalian jangan menjadi pemungut cukai, pegawai kanan, dan polis.” (HR. Thabrani).

7. Para Penguasa yang Berpura-pura Bermiman (Zindik)

Dari Ma’qil bin Yasar bahwa Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam bersabda,

“Dua golongan umatku yang keduanya tidak akan pernah mendapatkan syafa’atku: pemimpin yang bertindak zalim (terhadap rakyatnya), dan orang yang berlebihan dalam beragama hingga sesat dari jalan agama.” (HR. Thabrani).

8. Pemimpin yang Banyak Menipu Rakyatnya

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda,

“Akan datang kepada masyarakat tahun-tahun yang penuh tipuan dan kebohongan. Pada tahun-tahun itu pembohong dipandang jujur, yang orang yang jujur dianggap pembohong, pada tahun-tahun tersebut para pengkhianat dianggap orang yang amanah, sedangkan orang yang amanah dianggap pengkhianat. Pada saat itu yang berbicara adalah ruwaibidhah.” Lalu ada sahabat bertanya, “Apakah ruwaibidhah itu?” Rasulullah menjawab, “Orang bodoh yang berbicara/mengurusi urusan umum/publik.” (Dalam riwayat lain disebutkan, ruwaibidhah itu adalah “orang fasik yang berbicara/mengurusi urusan umum/publik” dan “al-umara (pemerintah) fasik yang berbicara/mengurusi urusan umum/publik”) (HR Ahmad, Ibnu Majah, Abu Ya’la dan al-Bazzar).

Demikianlah delapan karakteristik dari pemimpin pada akhir zaman. Oleh sebab itu, sebagai umat manusia ada baiknya untuk bersikap wasapada. Dan ingatlah tanda-tanda yang telah disampaikan oleh Rasulullah shalallahu’alaihi wa sallam. Mari kita renungkan sejenak, adakah tanda-tanda tersebut sudah terlihat pada kepemimpinan saat ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.