Waktu yang Tepat Wanita Melaksanakan Shalat Dzuhur di Hari Jumat

beritaislamdai.blogspot.com

Seruni.id – Sebagian muslimah berpendapat bahwa pada hari Jumat ketika mengerjakan shalat dzuhur mereka mengakhirkan hingga laki-laki selesai melaksanakan shalat Jumat. Dengan keyakinan shalat dzuhur sebelum shalat Jumat selesai dilarang dan tidak sah.

Image result for wanita shalat dzuhur
islamidia.com

Namun, ada pula yang mengatakan jika melaksanakan shalat dzuhur di hari Jumat seperti waktu shalat di hari lain. tidak perlu menunggu shalat Jumat selesai dan shalat tepat waktu itu lebih bagus.

Dengan dua pendapat yang berbeda tersebut, manakah yang lebih tepat? Mari kita simak pembahasannya bersama:

“Sesungguhnya shalat adalah kewajiban bagi kaum mukminin yang telah ditetapkan waktunya.” (QS. An-Nisa: 103).

Dalam hal ini, waktu shalat dzuhur dimulai sejak matahari tergelincir, sebagaimana yang dijelaskan Rasulullah dalam haditsnya, “Waktu zuhur, sejak matahari tergelincir sampai bayangan orang sama dengan tingginya, sebelum masuk waktu ashar.” (HR. Muslim no. 612).

Oleh sebab itu, sekalipun di hari Jumat, para wanita bisa tetap melaksanakan shalat dzuhur begitu sudah masuk waktunya, dan tak perlu menunggu para pria selesai shalat Jumat. Apalagi, di beberapa daerah seperti Jogjakarta, jumatan disepakati untuk dimulai tepat jam 12.00. padahal terkadang zuhur dimulai sebelum jam 12.00.

Al Lajnah Ad Daimah (Lembaga fatwa Arab Saudi) pernah ditanya,

“Apa hukum menunaikan shalat jumat bagi wanita (Muslimah)? Apakah ia melaksanakannya sebelum atau sesudah shalat para pria atau ia shalat bersama mereka (kaum pria)?”

Jawaban yang disampaikan oleh para ulama komisi fatwa Al Lajnah Ad Daimah,

“Wanita (Muslimah) tidak wajib melaksanakan shalat Jumat. Namun jika wanita (Muslimah) melaksanakan shalat Jumat bersama imam shalat Jumat, shalatnya tetap dinilai sah. Jika ia shalat di rumahnya, maka ia kerjakan shalat dzuhur empat rakaat. Ia boleh mulai melaksanakan shalat dzuhur tadi setelah masuk waktu dzuhur, yaitu setelah matahari tergelincir ke barat (waktu zawal). Dan sekali lagi dia tidak boleh laksanakan shalat jumat (di rumah) sebagaimana maksud keterangan sebelumnya.”

Baca Juga: Syarat Wanita Boleh Shalat Tarawih di Masjid

Semoga informasi ini semakin memperjelas dan menghilangkan keraguan terhadap permasalahan ini.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.