6 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

idntimes.com

Seruni.id – Kalsium adalah mineral yang berperan penting dalam kesehatan tulang. Tubuh kita juga membutuhkannya untuk menstabilkan tekanan darah, mengatur sekresi hormon, dan memberikan sinyal saraf dengan benar. Ketika tidak mendapatkan cukup kalsium, kamu bisa menderita kondisi khusus kekurangan kalsium, yang bisa diidentifikasi oleh beberapa gelaja seperti yang akan disebutkan berikut ini.

Kram Otot

Image result for Kram Otot
cosmogirl.co.id

Kekurangan kalsium bisa ditandai dengan gejala kram otot. Kram otot yang sedikit tidak mengkhawatirkan, tetapi jika itu berlangsung untuk waktu yang lama, maka kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter. Kekurangan kalsium kronis dapat menyebabkan nyeri otot, kontraksi otot, atau ketidaknyamanan secara keseluruhan karena kalsium ini membantu otot bergerak.

Kulit Kering

Image result for Kulit Kering
today.line.me

Hipokalsemia atau kekurangan kalsium dalam tubuh bisa terlihat pada kulitmu. Kondisi ini biasanya membuat kulit tampak bersisik dan kering. Juga telah ditemukan bahwa kekurangan kalsium memiliki kaitan erat dengan perkembangan masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

Kegemukan

Image result for Kegemukan
doktersehat.com

Kelebihan berat badan adalah suatu tanda bahwa tubuhmu tidak memiliki cukup kalsium. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa mengonsumsi makanan berkalsium tinggi, dan produk susu rendah lemak yang telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan.

Tekanan Darah Tinggi

Image result for Tekanan Darah Tinggi
hellosehat.com

Mendapatkan asupan kalsium yang direkomendasikan setiap hari dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi, menurut National Institutes of Health. Konsumsilah makanan yang mengandung makanan kaya kalsium, seperti produk susu, kacang almond, dan sayuran seperti brokoli, kol, dan lain-lain.

Kuku yang Rapuh

Image result for Kuku yang Rapuh
lampung.tribunnews.com

Seperti tulang, kuku juga membutuhkan sejumlah kalsium untuk menjaga dirinya tetap kuat. Jadi ketika kamu menderita kekurangan kalsium, kukumu menjadi terlalu kering, lemas dan mudah terkelupas ataupun pecah. Kuku yang rapuh tidak cukup tebal sehingga sering kali patah saat aktivitas sehari-hari yang paling sederhana sekalipun.

Sakit Gigi

Image result for Sakit Gigi
hellosehat.com

Sebagian besar kalsium dalam tubuhmu disimpan di tulang dan gigimu, sehingga biasanya mereka yang pertama menderita saat tubuhmu kekurangan kalsium. Karena kurangnya unsur vital ini, gigimu mungkin mulai menguning, membusuk dan sakit. Selain itu, risiko kamu menderita penyakit periodontal juga bisa meningkat.

Baca Juga: Hati-hati! Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Kematian!

Untuk mengatasi gejala-gejala tersebut kamu bisa mengonsumi makanan berkalsium seperti sayuran hijau, susu, dan suplemen kalsium. Hindari minuman bersoda, kafein, dan sodium karena ketiganya dapat menghambat penyerapan kalsium. Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.