Waspada, Ini 7 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang

Waspada, Ini 7 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang
fimela.com

Seruni.id – Duduk dengan kaki menyilang kerap dianggap sebagai postur yang memberikan kesan elegan. Namun banyak yang belum tahu, bahwa duduk dengan posisi seperti ini justru tidak baik untuk tubuh.

Waspada, Ini 7 Bahaya Duduk dengan Kaki Menyilang
winnetnews.com

Persolannya, kita kerap kali tanpa sadar melakukan hal tersebut. Entah saat di kantor atau kumpul bersama teman. Untuk menghilangkan kebiasaan ini, sepertinya kita harus tahu, apa saja hal bahaya yang dapat ditimbulkan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kerugian yang akan menimpamu jika terlalu sering duduk dengan kaki menyilang:

1. Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Hipertensi sendiri bukan hanya disebabkan oleh apa yang kita konsumsi saja, loh. Tahukah kamu bahwa ternyata duduk dengan kaki menyilang juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi? Hal ini terjadi dikarenakan pada saat kita duduk dengan kaki menyilang, justru akan menghambat peredaran darah dari kaki menuju jantung.

Aliran darah di kaki sudah cukup sulit untuk bisa dipompa ke jantung karena harus melawan gravitasi namun tanpa sadar kita menyila kaki yang membuat tubuh memerlukn usaha lebih dengan meningkatan tekanan darah agar bisa sampai ke jantung.

2. Menyebabkan Nyeri pada Leher dan Mengganggu Kestabilan Tulang Belakang

Kebiasaan duduk dengan kaki menyilang juga dapat menyebabkan leher menjadi nyeri dan menganggu kestabilan tulang belakang. Hal ini disebabkan karena tekanan lutut pada bagian bawah membuat tulang panggul menjadi memutar dan menetakan punggung bawah hingga leher. Biasanya, ketika semakin lama duduk dalam posisi seperti ini, efeknya pun akan semakin terasa.

3. Berpotensi Varises

Jika kamu sering duduk dengan posisi seperti ini, jangan heran kalau risiko terkena varises pun semakin tinggi. Hooman Madyoon, karadiologis dari Cedar Sinai Medical Center sempat mencaritahu tentang keterkaitan duduk menyilangkan kaki dengan varises. Ia mengatakan, menyilangkan kaki akan meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang berfungsi mengalirkan darah kembali ke jantung.

Ketika duduk dengan posisi seperti ini, salah satu kaki akan menekan kaki lainnya, sehingga mempengaruhi aliran darah yang akan melemahkan atau menghambat di kaki. Inilah yang kemudian akan menjadi salah satu penyebab varises yang jarang disadari.

4. Berdampak Buruk pada Saraf Kaki

Pernah merasakan kram atau kesemutan ketika duduk dalam posisi kaki menyilang? Hati-hati, ya. Karena hal ini akan berdampak buruk pada saraf kakimu. Karena ketika kamu duduk dalam posisi tersebut, kamu akan menekan saraf paroneal di belakang lutut. Saraf peroneal merupakan saraf yang mengendalikan sensasi untuk kaki bagian bawah.

5. Menyebabkan Tulang Panggul Menjadi Bengkok

Ketika kaki menyilang, tanpa kamu sadari panggul akan menahan sebelah beban tubuhmu. Padahal, sendi panggul yang tertekan bisa menyebabkan penggumpalan darah di kaki. Sebagaimana yang diungkapkan oleh ahli jantung dr. Stephen T. Sinatra. Hal ini membuatmu lebih rentan mengalami pembengkakan hingga pembekukan pembuluh darah.

6. Infeksi Jamur pada Wanita

Dengan duduk menyilangkan kaki, tanpa kamu sadari, kamu justru akan mengambat sirkulasi udara di sekitar vaginamu. Hal ini akan menyebabkan tumbulnya infeksi jamur pada area tersebut.

7. Memicu Ketegangan Otot pada Ibu Hamil

Duduk menyilangkan kaki juga membahayakan untuk ibu hamil, karena dapat memicu ketegangan pada otot, sakit punggung, dan kram kaki. Jika terlalu lama atau sering dilakukan, hal ini bisa membuat pergelangan kaki menjadi bengkak. Apabila kaki mulai membengkak, cobalah untuk menempatkan kedua kaki di lantai.

Baca Juga: Dampak Jika Anak Terbiasa Duduk dengan Posisi Kaki W

Jika kebisaan ini sulit dihilangkan secara langsung, kamu bisa mencobanya pelan-pelan dengan tidak melakukannya lebih dari 15 menit. Kalau kakimu mulai terasa tidak enak karena kebiasaan duduk ini, segeralah bangun dan berjalan sebentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.