10 Tips Ampuh Mengusir Rasa Kantuk di Siang Hari

10 Tips Ampuh Mengusir Rasa Kantuk di Siang Hari
google.com

Seruni.id – Banyak yang bilang, menahan ngantuk lebih sulit daripada menahan lapar. Apalagi ketika sedang bekerja, konsentrasi akan terpecah ketika rasa kantuk mulai datang di siang hari. Meski tak menutup kemungkinan, hal ini juga bisa saja terjadi ketika sedang lapar.

10 Tips Ampuh Mengusir Rasa Kantuk di Siang Hari
dream.co.id

Biasanya, mencuci muka menjadi salah satu cara paling mudah agar kita bisa segar kembali. Namun sayangnya, cara ini sepertinya kurang efektif. Karena biasanya hanya akan bertahan beberapa saat saja, setelah itu rasa ngantuk akan muncul kembali.

Nah, buat kalian yang sering mengantuk di siang hari, terutama ketika sedang bekerja, kalian tidak perlu bingung atau khawatir lagi. Karena pada artikel ini, Seruni akan memberikan tips-tips jitu mengusir rasa kantuk yang kerap menerpa di siang hari.

1. Memilih Camilan Berenergi

Untuk mengusir rasa kantuk yang kerap menganggu, untuk mengatasinya, tak ada salahnya kamu memilih camilan yang mengandung karbohidrat kompleks dan protein. Sebab, camilan tersebut dapat dicerna dengan baik sekaligus memberikan energi pada tubuhmu hingga waktu makan malam. Buah apel atau sereal dapat menjadi pilihan camilanmu, loh.

2. Mengunyah Permen

Cara yang berikut ini, dijamin akan membuat rasa mengantukmu itu hilang seketika. Apalagi kalau permen yang dimakan, memiliki rasa yang asam, dijamin kamu akan langsung melek dan tidak akan mengantuk lagi.

3. Hindari Duduk Bersandar

Duduk bersandar memang bikin nyaman. Tapi tahukah kamu? Hal ini justru membuat kita merasa semakin mengantuk. Jadi, cobalah hindar duduk bersandar pada kursi. Secara perlahan, rasa kantuk perlahan-lahan akan menghilang dan kamu akan fit kembali.

4. Sempatkan Berjalan-jalan Sebentar

Duduk terlalu lama di satu tempat dapat memperburuk kantuk di siang hari. Oleh karena itu, kamu bisa secara berkala beranjak dari tempat duduk untuk mengatasai masalah tersebut. Sempatkn untuk berjalan-jalan sebentar untuk membuat aliran darah berjalan dengan baik.

Aktivitas ini juga dapat membantu kamu agar tetap terjaga dan berkonsentrasi pada pekerjaan. Jika cara ini tidak memungkinkan untuk dilakukan, kamu juga bisa kok melakukan relaksasi seperti menggerakkan kaki dan tangan.

5. Minum Air Putih

Minum air putih dipercaya ampuh untuk meningkatkan konsentrasi. Jadi, saat rasa mengantuk menghampirimu, sebaiknya konsumsilah air putih secukupnya hingga rasa kantuk tersebut hilang.

6. Menghirup Aroma Segar

Lakukan sesuatu yang bisa memberikan efek segar. Seperti membasuh wajah, menggosok gigi, serta mengganti baju. Jika di tempat kerja tak memungkinkan untukmu mengganti pakaian, cara yang bisa kamu lakukan paling mudah adalah menghirup aroma segar, seperti aroma jeruk, peppermint, dan eucalyptus untuk mengembalikan kesegaranmu.

7. Mendengarkan Musik yang Ceria

Untuk membangunkan otak, kamu perlu mendengarkan musik yang ceria. Kamu bisa menggunakan perangkat headset jika ternyata mendengarkan musik melalui sound system tidak memungkinkan untuk dilakukan.

8. Basuh atau Percikan Air Dingin ke Wajah

Jika kamu merasa kesulitan untuk tetap terjaga di tempat kerja, pergilah ke kamar mandi dan percikkan air dingin ke wajah. Cara yang cepat dan sederhana ini, diyakini dapat memulihkan energi dan meningkatkan kewaspadaan.

9. Mengonsumsi Kafein

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa segala jenis makanan atau minuman berkafein dipercaya dapat menghilangkan rasa kantuk dan menambah energi. Kafein adalahs timulan. Zat ini dapat meningkatkan aktivitas di otak dan sistem saraf.

Kafein dapat meningkatkan kemampuan berpikir, kinerja mental, dan membantu seseorang melawan rasa kantuk. Maka dari itu, sempatkanlah sebentar untuk pergi minum kopi ataupun teh. Tapi harus diingat, sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi kafein, karena justru akan menimbulkan efek berlebihan dan membuat gelisah sehingga berdampak buruk pada produktivitasmu.

10. Menghidupkan Kipas

Saat merasa mengantuk, arahkan kipas ke arahmu dan nyalan dengan kuat. Sama halnya seperti angin alami di luar, udara sejuk dari kipas angin dipercaya dapat meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Jangan Diabaikan, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu coba untuk menjaga tubuh agar tetap terjaga dan tidak mudah mengantuk pada siang hari. Semoga tips di atas dapat bermanfaat untuk kalian semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.