6 Hal yang Harus Dilakukan Orangtua Jika Anak Mengidap Kanker

0
nova.grid.id

Seruni.id – Bukan hal yang mudah untuk menerima sesuatu yang tidak kita inginkan. Seperti mendapatkan kabar jika anak divonis mengidap kanker. Sebagai orangtua pastinya merasa sedih dan sangat terpukul. Namun, terus-terusan bersedih tidak akan bisa menyembuhkan kanker pada anak. Selain pengobatan, kita harus memberikan dukungan penuh agar sang buah hati tetap semangat untuk melawan penyakit tersebut sampai sembuh. Berikut hal yang harus dilakukan orangtua jika anak menderita kanker.

Menenangkan Diri

Hasil gambar untuk ibu datang ke psikolog
kumparan.com

Saat anak divonis menderita kanker, rasa syok, takut, sedih, gelisah,depresi , bingung, dan emosi, sudah tentu dirasakan orangtua juga anak. Untuk menghadapi perasaan seperti itu, kita tidak bisa tinggal diam dan membiarkannya. Cobalah untuk mencari komunitas. Dengan begitu, Anda dapat bertukar pikiran dan pengalaman. Tak hanya itu, Anda juga bisa datang ke psikolog agar bisa mengetahui langkah apa saja yang dapat membuat diri menjadi lebih tenang.

Mencari Tahu Tentang Kanker

Hasil gambar untuk Mencari Tahu Tentang Kanker
hellosehat.com

Anda harus mengenal jenis kanker apa yang telah dialami buah hati. Kenali pula jenis, penyebab, pencegahan, hingga cara pengobatannya. Dengan begitu, Anda akan mendapat informasi mengenai kanker, sehingga memudahkan dalam merawat dan menjaga kondisi tubuh anak.

Tidak Menakut-nakuti Anak

Hasil gambar untuk ibu yang memeluk anaknya
kaskus.com

Mungkin mereka masih terlalu kecil untuk mengerti apa itu kanker yang sedang mereka alami. Meski dinilai masih sulit memahaminya, Anda tidak boleh menutup apapun dari anak. Cobalah beri pengertian dengan bahasa yang mudah ia terima.

Hal yang paling penting, Anda dan anggota keluarga lainnya harus pandai mengelola emosi agar tidak membuat anak semakin takut dengan panyakitnya. Besarkan hatinya, dan beri ia semangat agar mampu berjuang melawan penyakitnya. Selalu ceria dihadapannya termasuk mendukung anak, loh.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Hasil gambar untuk ibu dan anak berolahraga
review.bukalapak.com

Divonis mengidap kanker bukan berarti penyakit tersebut tidak bisa disembuhkan, loh. Dengan menjalankan pola hidup yang sehat seperti olahraga, mengonsumsi makanan bergizi dapat membuat hidup lebih lama.

Merawat Diri Sendiri

Hasil gambar untuk ibu yang sedang beristirahat
merdeka.com

Salah satu cara untuk menjadi orangtua yang baik tidak hanya memberikan perhatian pada anak saja, tapi juga pada diri sendiri. Anda harus tetap merawat diri dan beristirahat dengan cukup. Jangan biarkan anak melihat kondisi orangtuanya yang mungkin sangat lelah. Ia yang belum mengerti akan merasa bahwa penyakitnya adalah penyebab Anda menjadi susah.

Perlakukan Anak Seperti Biasa

Hasil gambar untuk memperlakukan anak dengan baik
bidanku.com

Kebanyakan orangtua setelah mengetahui anaknya mengidap kanker akan memperlaukan buah hatinya secara khusus. Ia dilarang untuk beraktvitas yang membuatnya lelah. Cara ini justru akan membuatnya semakin terpuruk dan merasa dibedakan. Biarkan saja dia beraktivitas seperti layaknya anak sehat, dan yang terpenting Anda harus tetap memantaunya.

Baca Juga: Ini Loh 5 Gejala Awal Leukimia atau Kanker Darah

Itulah hal-hal yang bisa Anda lakukan saat buah hati didiagnosis mengidap kanker. Selalu dukung dan beri kenyamanan pada anak Anda, ya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.