10 Amalan di Pagi Hari Agar Hidup Lebih Berkah

10 Amalan di Pagi Hari Agar Hidup Lebih Berkah
idntimes.com

Seruni.id – Pagi hari haruslah diwali dengan semangat yang tinggi, agar apa yang ingin diraih hari itu menjadi lebih maksimal. Namun, banyak dari kita yang mungkin terlena akan suasana pagi dan memilih untuk tidur kembali.

Sedang, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setiap pagi hari memanjatkan doa untuk umatnya, “Ya Allah berikanlah berkah kepada umatku di pagi hari mereka.” (HR. Tirmidzi).

10 Amalan di Pagi Hari Agar Hidup Lebih Berkah
beritainspiratif.com

Maka dari itu, agar hidup lebih bersemangat dan berkah, ada beberapa amalan di pagi yang bisa kita lakukan. Berikut ulasannya yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Bangun Pagi

Bangun lebih awal merupakan sebuah amalan di pagi hari yang tidak boleh ditunda-tunda. Usahakanlah untuk bangun sebelum waktu subuh tiba. Agar kita bisa menjalankan rangkaian ibadah pagi yang sangat hebat pahala serta faedahnya. Di waktu tersebut, setan mengikat tengkuk manusia dengan tiga ikatan. Ketika manusia terbangun kemudian berdzikir, berwudhu, dan shalat, maka lepaslah semua ikatannya. Sehingga, pada pagi harinya ia akan memulai dengan penuh kesemangatan dan jiwa yang sehat. Usahakan untuk bisa melawan bisikan setan, dan bersegeralah bangun di pagi hari. Raih keberkahannya sebagaimana yang telah Rasulullah SAW doakan untuk ummatnya.

2. Membersihkan Diri

Bukan hanya bangun pagi saja, membersihkan diri seperti mandi merupakan bagian amalan di pagi hari yang juga akan menyegarkan tubuh. Dari segi kesehatan, mandi di pagi hari bisa membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan produksi sel darah putih, serta meningkatkan kesuburan.

3. Shalat Sunnah Sebelum Subuh

Shalat sunnah sebelum subuh memiliki keistimewaan yang sangat luar biasa. Maka kita sangat dianjurkan untuk melakukannya dan jangan sampai meninggalkannya. Sebab, Rasulullah SAW pun pernah bersabda, “Dua raka’at fajar (shalat sunnah qabliyah Subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Imam Nawawi pun mengatakan, “Shalat sunnah Subuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Subuh. Dan dianjurkan shalat tersebut dilakukan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i dan jumhur ulama.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 3).

4. Shalat Subuh Berjamaah

Setelahnya, barulah melakukan shalat subuh. Bagi laki-laki sangat dianjurkan untuk melakukan shalat subuh berjamaah di masjdi. Sebagaimana yang telah difirmankan Allah Ta’ala: “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Subuh. Sesungguhnya shalat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. Al Isra’ : 78).

Shalat subuh memiliki kesitimewaan yang begitu luar biasa, sebagaimana istimewanya shalat sunnah sebelum subuh. Rasulullah SAW bersabda, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat Subuh dan Ashar) maka dia akan masuk surga.” (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635).

Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat Subuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat Ashar).” (HR. Muslim no. 634).

5. Dzikir

Amalan di pagi hari yang juga patut dilakukan adalah berdzikir. Sebab, selain membuat diri menjadi lebih bersemangat, juga memiliki dampak yang baik seperti urusan kita akan dipermudah oleh Allah SWT. Maka, berdzikirlah di pagi hari ketika memasuki waktu subuh hingga matahari terbit. Namun, boleh juga dicaba hingga matahari akan bergeser ke barat. Bacaannya pun beragam. Masalah dzikir pagi ini, Allah ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اذْكُرُوا اللَّهَ ذِكْرًا كَثِيرًا * وَسَبِّحُوهُ بُكْرَةً وَأَصِيلا

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” [QS. Al-Ahzaab: 41-42].

Dari Anas Ibnu Mali, Rasulullah bersabda;

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ” لَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ تَعَالَى مِنْ صَلَاةِ الْغَدَاةِ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً مِنْ وَلَدِ إِسْمَاعِيل، وَلَأَنْ أَقْعُدَ مَعَ قَوْمٍ يَذْكُرُونَ اللَّهَ مِنْ صَلَاةِ الْعَصْرِ إِلَى أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ أَحَبُّ إِلَيَّ مَنْ أَنْ أَعْتِقَ أَرْبَعَةً ”

“Telah bersabda Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam : “Aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah ta’ala mulai shalat Subuh hingga terbit matahari lebih aku senangi daripada memerdekakan empat orang budak dari anak Ismaa’iil. Dan aku duduk bersama orang-orang yang berdzikir kepada Allah mulai shalat ‘Ashar hingga tenggelam matahari lebih aku senangi daripada memerdekakan empat orang budak.” [HR: Abu Daawud, Al-Baihaqiy]

6. Membaca Al-Qur’an

Selain berdzikir, jangan lupa untuk membaca Al-Qur’an. Subuh memiliki suasana yang sangat tenang, sehingga kita bisa lebih fokus dalam membaca Al-Qur’an. Biasanya, para penghafal Al-Qur’an memanfaatkan waktu ini untuk melakukan muroja’ah atau mengulang hafalannya.

7. Olahraga Pagi

Kesehatan rohani saja tidaklah cukup jika tidak diimbangi dengan kesehatan jasmani. Bagaimana bisa kita melakukan amalan-amalan tersebut kalau tubuh atau fisik kita tidak sehat? Tentunya kita tidak akan fokus ketika melakukannya. Maka dari itu, sempatkanlah waktu untuk berolahraga di pagi hari.

Tidak harus melakukan olahraga yang berat, cukup dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki, berlari kecil, atau senam yang ringan. Olahraga pagi tidak hanya meningkatkan kekuatan otot dan sendi, tetapi juga mempertahankan kelenturan otot dan membantu sendi terlumasi dengan baik. Tentu akan membuat tubuh lebih segar dan bugar sepanjang hari.

8. Shalat Dhuha

Shalat dhuha adalah amalan di pagi hari yang bisa membuka pintu rezeki. Shalat yang hukumnya sunnah muakkad ini kerap dilakukan oleh Rasulullah SAW. Sebagaimana diriwayatkan Muslim, dari hadits Aisyah radhiallahu anha, dia berkata;

( كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي الضُّحَى أَرْبَعًا ، وَيَزِيدُ مَا شَاءَ اللَّهُ )

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.”

9. Beramal

Diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

إِنَّ الدِّينَ يُسْرٌ ، وَلَنْ يُشَادَّ الدِّينَ أَحَدٌ إِلاَّ غَلَبَهُ ، فَسَدِّدُوا وَقَارِبُوا وَأَبْشِرُوا ، وَاسْتَعِينُوا بِالْغَدْوَةِ وَالرَّوْحَةِ وَشَىْءٍ مِنَ الدُّلْجَةِ

Artinya: “Sesungguhnya agama itu mudah. Tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan. Hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh). Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya. Perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu berterusan . Lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” [HR. Bukhari no. 39]

10. Memulai Aktivitas Positif

Rasulullah SAW tidak melewatkan pagi melainkan bersegera dalam amal dan aktivitas kebaikan. Allah berfirman, “Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imran: 121).

Rasulullah SAW bersabda, “Lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari no. 39).

Baca Juga: 70 Kata-kata Selamat Pagi yang Bikin Harimu Semakin Semangat

Demikianlah 10 amal kegiatan pagi hari, yang membuat hidup kita penuh motivasi dan selalu berseri-seri sepanjang hari. Ajak keluarga anda untuk membiasakan diri dengan delapan amalan tersebut. Semoga keberkahan selalu kamu dapatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.