10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Seruni.id – Ada berbagai macam cara untuk menyuburkan tanaman di rumah. Mulai dari merawat hingga memberi pupuk. Tumbuhan membutuhkan tiga nutrisi penting untuk tetap bertahan hidup, di antaranya yaitu kalium, fosfor, dan nitrogen. Untuk bisa memenuhi manfaat tersebut, kamu bisa memberinya pupuk kima.

Namun, jika ingin berhemat dan menggunakan pupuk yang lebih alami, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan pun sangat mudah ditemukan di dapur. Bahkan, beberapa di antaranya kerap diabaikan begitu saja, karena dianggap tak berguna lagi.

Oleh sebab itu, daripada terbuang sia-sia, bukankah lebih baik jika dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman? Penasaran kan apa saja bahan-bahannya? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Penyedap Rasa

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Sesuai dengan namanya, penyedap rasa kerap digunakan sebagai penambah cita rasa sedap pada masakan. Selain untuk masakan, ternyata penyedap rasa memiliki fungsi lain, loh. Yaitu untuk menyuburkan tanaman. Cara penerapannya cukup mudah. Kamu hanya perlu menaburkan vatsin sedikit ke permukaan media tanam, lalu siram dengan air sedikit demi sedikit hingga meresap sempurna. Ulangi cara ini setiap lima hari atau seminggu sekali. Dengan begitu, tanamanmu pun akan tumbuh dengan subur dan berbunga indah.

2. Ampas Teh

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Jika kamu sering minum teh, mulai sekarang jangan dulu buang ampas sisa tehnya, ya. Karena ternyata ampas teh masih bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Kandungan ampas teh dapat meningkatkan nutrisi dan kualitas pada tanah saat terurai. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, yaitu hanya dengan menaburkan ampas tersebut di sekitar akar tanaman dan menguburnya sedikit.

3. Kulit Bawang

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Bahan untuk menyuburkan tanaman yang satu ini pasti mudah sekali kita temukan di dapur, yakni bawang merah dan bawang putih. Ternyata kulit bawang, baik bawang putih ataupun merah dapat dimanfaatkan sebagai penyubur tanaman berbunga. Caranya, kumpulkan sisa kupasan kulit bawang merah atau putih, rendam dalam air secukupnya selama satu jam. Kemudian keesokan harinya, siramkan air tersebut ke tanaman, sertakan juga kuit bawang yang ada dalam rendaman, ya. Lakukan cara ini dengan rutin agar hasilnya bisa cepat terlihat.

4. Cangkang Telur

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Kalau kamu terbiasa membuang cangkang telur, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut, yuk. Karena sebenarnya cangkang telur tersebut bisa kamu manfaatkan kembali sebagai bahan untuk menyuburkan tanaman. Cangkang telur mengandung 93 persen kalsium karbonat yang dapat membantu pertumbuhan tanaman. Selain itu, cangkang telur juga terdiri dari 1 persen nitrogen, sekitar setengah persen asam fosfat serta berbagai unsur lainnya yang membuatnya jadi salah satu pupuk organik terbaik.

Untuk menggunakannya, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Pertama, cuci cangkang telur dan hancurkan sampai menjadi bubk kasar lalu taburkan pada tanaman. Selain itu, kamu juga bisa merebus cangkang tersebut dengan air selama beberapa menit, lalu biarkan semalaman. Kalau sudah, saring air tersebut lalu masukkan ke dalam botol semprot unutk menyemprotkan langsung ke tanah.

5. Baking Soda

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Selain untuk membuat kue, baking soda juga memilki manfaat lainnya, salah satunya untuk menyuburkan tanaman dan mencegah jamur pada tumbuhan. Hal ini karena kapasitas air untuk menetralkan tambahan asam tanpa mengurangi ph (alkalinitas) bisa mendukung lingkungan yang tidak akan ditumbuhi jamur.

Namun, perlu kamu ingat, baking soda hanya berfungsi untuk mencegah saja bukan membunuh. Jadi, jika tanamanmu terpapar jamur, tidak akan bisa teratasi oleh baking soda. Untuk menggunakannya, kamu cukup larutkan satu sendok teh ke dalam satu liter air dan menyemprotkannya ke tanaman yang rawan terkena jamur.

Selain mencegah jamur, baking soda juga bisa membuat bunga cepat mekar sebab bersifat basa dan bunga tumbuh di tanah basa. Cara menggunakannya pun cukup taburkan baking soda pada permukaan tanah. Membuat tomat menjadi manis juga bisa dilakukan oleh baking soda. Untuk penggunaanya pun cukup taburkan baking soda pada permukaan tanah.

6. Cuka

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Bunga hortensia atau hydrangea merupakan bunga yang warnanya bisa kita atur sesuai keinginan. Namun, untuk mengubhanya, kamu perlu menggunakan cuka yang ada di dapur. Mengapa demikian? Karena cuka memiliki sifat asam. Cara penggunaannya, cukup melarutkan secangkir cuka dengan satu galon air, lalu gunakan untuk menyiram bunga. Tanah yang bersifat asam akan mengubah warna bunga dari merah muda menjadi biru. Selain itu, cuka juga bisa meningkatkan kualitas tanah pada tanaman azalea, gardenia, dan rhododenron.

7. Kulit Pisang

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Pisang memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kulit tubuh. Bukan hanya buahnya saja, kulitnya pun sangat bermanfaat karena mengandung kalium di dalamnya. Manfaatnya yaitu untuk menyuburan tanaman. Untuk menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menguburkan kulit pisang bersamaan dengan tanaman. Hal itu akan menyuburkan tanah dan membuat tanaman subur karena kaya akan kalium yang berasal dari kulit pisang.

8. Ampas Kopi

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Sama halnya seperti ampas teh, ampas kopi juga bisa kamu gunakan untuk menyuburkan tanaman di rumahmu, loh. Ampas kopi dapat membantu mengasamkan tanah untuk banyak tanaman seperti blueberry, mawar dan tomat. Untuk menerapkannya, kamu bisa langsung menaburkan ampas kopi ke dalam pot tanaman. Selain itu, kamu juga bisa merendam enam cangkir bubuk kopi bekas selama satu minggu untuk menjadikannya pupuk organik.

9. Ampas Kelapa

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Setelah selesai digunakan, sisa ampas kelapa biasanya akan dibuang begitu saja. Sepertinya mulai saat ini kamu harus memanfaatkannya dengan baik nih. Karena ternyata ampas kelapa bisa digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman.

Menurut sebuah penelitian menyebutkan, bahwa ampas kelapa mengandung kadar protein dan lemak kasar yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dapat membantu penyuburan serta mempercepat tanaman untuk berbunga dan berbuah. Caranya mudah, sebab kamu hanya perlu memanfaatkan sisa limbah perasan kelapa yang tidak terpakai untuk pupuk tanaman.

10. Agar-agar

10 Bahan Dapur yang Bisa Menyuburkan Tanaman

Biasanya, agar-agar dikonsumsi sebagai kudapan penutup serta untuk melancarkan pencernaan. Namun, selain itu, agar juga bermnfaat untuk menyuburkan tanaman. Agar-agar bisa menjadi sumber nitrogen yang bagus untuk tanaman. Karena terbuat dari rumput laut dan mengandung elemen jejak, agar-agar dapat menjadi sumber makanan bagi mikroba tanah.

Untuk menggunakannya sebagai pupuk alami tidaklah sulit. Pertama larutkan satu bungkus agar-agar ke dalam air panas lalu tambahkan dengan tiga gelas air dingin. Jika sudah, tuang larutan tersebut pada tanah di sekitar tanaman secara rutin sebulan sekali. Dengan begitu, tanaman Anda akan tumbuh dengan baik dan subur.

Baca Juga: 7 Cara Alami Membasmi Hama pada Tanaman

Demikian 10 bahan dapur yang dapat kamu manfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Selamat mencoba, jangan lupa beritahu hasilnnya pada kolom komentar di bawah ini, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.