7 Cara Alami Membasmi Hama pada Tanaman

7 Cara Alami Membasmi Hama pada Tanaman
medium.com

Seruni.id – Bercocok tanam termasuk salah satu hobi yang menyenangkan. Namun yang menjadi masalah yaitu ketika kehadiran hama yang cukup menganggu pertumbuhan tanaman, sehingga tidak bisa tumbuh dengan optimal. Jika dibiarkan, hama akan menyebar luas dan membuat tanaman layu dan mati. Maka dari itu langsung saja disimak bagaimana cara alami membasmi hama, dengan bahan-bahan yang tersedia di rumahmu. Dijamin perusak ini akan hilang seketika.

7 Cara Alami Membasmi Hama pada Tanaman
99.co

1. Lada dan Cabai

Kedua bahan ini memang biasa digunakan sebagai bumbu pada masakan. Bahan yang memiliki rasa pedas ini, ternyata dapat digunakan sebagai salah satu cara alami membasmi hama, loh. Untuk membuatnya, kedua bahan ini dijadikan sebagai semprotan. Adapun caranya adalah dengan menghaluskan 1/2 cangkir paprika dengan 1 cangkir air, lalu tambahkan 1 liter air dan didihkan. Diamkan hingga dingin, lallu saring bahan cabai, tambahkan beberapa tetes sabun cair ke dalamnya dan semprotkan sesuai keinginan. Seruni ingatkan, ya, cabai pedas bisa berbahaya bagi masunia, jadi pastikan untuk mengenakan sarung tangan saat memegangnya. Dan jauhkan dari jangkauan mata, hidung, dan mulut.

2. Minyak Esesnsial Peppermint

Minyak atsiri dan daun mint kering juga berfungsi untuk melawan sebagain besar masalah hama pada tanaman. Terutama semut. Ini akan sangat ampuh sekali digunakan. Cara membuatnya yakni dengan mencampurkan 10-15 tetes minyak esensial peppermint dengan satu gelas air ke dalam botol semprot. Kemudian kocok dan semprotkan di celah atau di mana pun ada semut yang terlihat.

3. Sabun Anti Hama

Pestisida buatan sendiri yang hampir mirip dengan semprotan minyak adalah semprotan sabun. Nah, ini juga menjadi cara alami mengusir hama yang efektif. Untuk membuatnya, campurkan 1 1/2 sendok teh sabun cair ringan dengan 1 liter air, kemudian air tersebut bisa langsung disemprotkan pada pemukaan tanaman yang terinfeksi. Insektisida semprotan sabun bekerja dengan cara yang mirip dengan pestisida semprotan minyak, dan dapat diterapkan seperlunya (tidak dianjurkan untuk menerapkan bahan ini pada siang hari yang panas, melainkan hanya boleh di gunakan malam hari atau pagi hari).

4. Bawang Putih

Bawang putih dikenal sebagai bumbu masakan yang memiliki aroma cukup menyengat. Aroma tersebutlah yang nantinya dapat digunakan sebagai pembasmi hama alami. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu cukup mengambil 2 umbi bawang putih dan haluskan, kemudian ditambahkan dengan sedikit air. Sebelum digunakan, campuran tersebut didiamkan selama semalaman agar lebih menyerap. Keesokan harinya, saring ke dalam setoples liter, tambahkan 1/2 cangkir minyak goreng, 1 sendok teh sabun cair ringan, dan air hingga stoples terisi penuh. Kalau kamu ingin menggunakan insektisida buatan rumah ini, gunakan 1 cangkir campuran bahan tadi dengan 1 liter air dan semprotkan atau siramkan pada tanaman yang terinfeksi hama.

5. Daun Tomat

Siapa bilang daun tomat tidak bermanfaat? Pada kenyataannya, daun tomat bisa dijadikan sebagai salah satu cara alami membasmi hama. Karena di dalamnya mengandung alkaloid, yang secara tepat dapat mengendalikan kutu daun dan serangga lainnnya. Untuk pembuatannya, potong 2 wadah daun tomat segar (yang dapat diambil dari bagian bawah tanaman) lalu campur dengan 1 liter air, dan biarkan mereka bekerja semalaman. Saring bahan tanaman dan semprotkan ke dedaunan tanaman.

6. Jahe

Jahe merupakan tumbuhan yang memiliki segudang manfaat, bukan saja untuk kesehatan, tapi juga sangat berguna untuk membasmi hama pada tanaman. Cara pembuatannya tidaklah sulit. Pertama kamu perlu memarut satu buah jahe ukuran telapak tangan hingga halus, siapkan satu ember air bersih dan masukkan parutan jahe ke dalamnya. Aduk hingga air jahe menyatu lalu diamkan selama seharian. Setelah itu, air jahe dapat dimasukkan ke dalam semprotan dan siap untuk digunakan.

7. Kapur Sirih

Kapur sirih juga bisa kamu manfaatkan sebagai pestisida organik untuk tanaman yang dikembangkan di rumah. Zat fenol dan kavokol pada kapur sirih dipercaya dapat membasmi hama pengisap seperti tungau. Sehingga kapur sirih dapat dijadikan sebagai salah satu pembasmi hama yang paling efektif. Cara pembuatannya mudah banget, loh. Siapkan botol semprotan lalu masukkan kapur 100 gram ke dalam satu liter air. Kocok hingga larutan tersebut merata, pembasmi hama sudah siap pakai.

Baca Juga: Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya

Ternyata tidak sulit kan membuat pembasmi hama sendiri? Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat, ya. Yuk share artikel ini ke media sosialmu, agar lebih banyak orang yang mendapatkan manfaatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.