10 Bahan Hijab yang Nyaman dan Mudah Dibentuk

10 Bahan Hijab yang Nyaman dan Mudah Dibentuk
stylo.grid.id

Seruni.id – Seiring trend hijab yang berganti dari waktu ke waktu, tentu membuat kita ingin memiliki semuanya. Tapi, tak hanya sekadar trend dan modelnya saja saja. Bahan hijab yang nyaman dan mudah dibentuk perlu menjadi pertimbangan sebelum memilikinya.

10 Bahan Hijab yang Nyaman dan Mudah Dibentuk
lazada.co.id

Sudahkah kamu tahu bahan apa saja yang sangat nyaman ketika dikenakan? Jika belum, yuk simak ulasannya berikut ini sampai selesai, biar kamu gak salah pilih.

1. Sifon

Biasanya bahan yang satu ini cukup dikenal sebagai bahan untuk pashmina. Sifon atau chiffon memiliki karkter yang tidak terlalu tebal, sehingga sangat ringan ketika dikenakan. Karena bahannya yang ringan inilah, pashmina berbahan sifon tidak akan membuat kamu gerah. Meski begitu, bahan ini cenderung transparan. Jadi, sebelum menggunakannya, sebaiknya memakai inner alias dalaman kerudung agar tidak menerawang. Tapi, bahan ini sangat halus dan tidak mudah kusut. Cocoklah untuk dijadikan pilihanmu.

2. Crepe

Bahan hijab yang nyaman dan mudah dibentuk selanjutnya adalah crepe. Bahan ini menjadi favorit banyak orang, loh. Karena tidak kaku dan sangat lentur. Berbeda dengan bahan sifon, crepe tidaklah tipis, sehingga mampu menutupi rambut dengan sempurna. Ciri khas lainnya adalah permukaannya yang kesat dan sangat ringan. Crepe merupakan perpaduan antara bahan kaus dan sifon dan biasanya dijadikan sebagai pashmina atau hijab instan.

3. Voal

Bahan hijab yang satu ini sedang naik daun, loh. Bahan voal biasanya disebut sebagai bahan paris premium. Meski berbahan katun tipis, namun sangat adem, mudah diatur, dan tidak mudah kusut. Sehingga kamu akan merasa nyaman ketika memakainya. Tak heran hijab berbahan voal disukai banyak orang. Apalagi, hijab dengan bahan ini kini juga hadir dengan beragam motif yang menarik.

4. Ceruti

Banyak orang yang sering keliru saat membedakan antara bahan ceruti dan sifon. Sebab, keduanya sangat mirip. Ceruti maupun sifon sangat ringan dan tidak terlalu tebal. Adapun yang menjadi pembedanya adalah, bahan ceruti memiliki tekstur menyerupai kulit jeruk sehingga lebih terasa ketika diraba. Pashmina berbahan ceruti akan menghasilkan tampilan yang lebih elegan dibanding bahan lainnya. Ketika dipakai, pashmina ini bisa jatuh menjuntai sehingga memberikan efek anggun. Agar tidak licin, jangan lupa gunakan inner terlebih dahulu, ya.

5. Satin atau Sutra

Memilih hijab yang nyaman dan mudah dibentuk untuk pergi ke pesta, satin adalah pilihan yang tepat. Selain memberikan kesan mewah dan glamor, bahan hijab lembut nan dingin ini juga cocok loh untuk model hijab apapun. Mulai dari hijab instan, pashmina, hingga hijab segi empat.

6. Diamond

Diamond dikenal sebagai salah satu bahan hijab yang mudah dibentuk. Biasanya bahan jenis ini kerap digunakan dalam bentuk pashmina maupun kerudung segi empat. Meski teksturnya sedikit kasar, namun bahan jenis ini sangat nyaman dipakai karena ringan dan tentunya tidak membuat kamu gerah.

7. Katun

Katun tidak hanya cocok dijadikan sebagai bahan untuk membuat baju saja, namun juga sangat pas untuk hijab. Bahan yang terbuat dari serat alami ini, permukaannya sangat halus membuat hijab dengan jenis ini memberi kenyamanan dalam berpenampilan. Selain itu, bahan katun memiliki sifat menyerap keringat dengan baik. Itu berarti bahwa pashmina berbahan katun bisa diandalkan oleh para hijabers yang aktif dan sering beraktivitas di luar ruangan tanpa khawatir panas dan gerah.

8. Wolfis atau Wolpeach

Bahan yang berikut ini ini tidak hanya populer dipakai sebagai hijab, tapi juga sebagai kemeja atau baju gamis. Bahan wolfis ini merupakan perpaduan antara kain katun dan sutra yang ditambahkan dengan serat sintetis. Hijab jenis ini biasanya lebih tampak ‘jatuh’, tapi tebal, tidak menerawang, tidak panas, dan nyaman dipakai.

9. Maxmara

Maxmara merupakan jenis bahan yang banyak dipilih oleh para hijabers. Sebab, memiliki tekstur yang halus dan warnanya yang agak glossy, sehingga membuat tampilannya terkesan mewah. Hijab dengan bahan ini, sangat cocok sekali ketika digunakan untuk acara formal maupun pesta.

10. Jersey atau Lycra

Bahan hijab jersey atau lycra biasanya dipakai sebagai bahan kerudung instan, bergo atau inner hijab. Materialnya berupa katun stretch yang tebal, halus dan elastis. Meskipun bahan hijab ini nyaman digunakan, tapi tidak cocok jika kamu pakai di acara formal.

Baca Juga: 10 Fashion Hijab yang Membuatmu Tampak Lebih Muda

10 jenis bahan hijab di atas sangat nyaman dan mudah sekali dibentuk dan cocok sekali untuk menjadi pilihanmu. Kira-kira bahan yang mana nih yang akan kamu pilih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.