10 Hal yang Dapat Dilakukan Wanita untuk Melindungi Dirinya Dari Pelecehan Seksual

10 Hal yang Dapat Dilakukan Wanita untuk Melindungi Dirinya Dari Pelecehan Seksual
wolipop.detik.com

Seruni.id – Tak ada satupun wanita yang ingin menjadi korban dari pelecehan seksual. Namun sayangnya, kejadian yang tidak menyenangkan ini kerap menimpa para perempuan. Mereka diciptakan bukan untuk dilecehkan. Setara, sama, dan adil adalah hal yang seharusnya didapatkan selayaknya manusia. Tapi, tak semua orang menganggap demikian.

10 Hal yang Dapat Dilakukan Wanita untuk Melindungi Dirinya Dari Pelecehan Seksual
cnnindonesia.com

Hanya karena mereka lebih secara fisik dibandingkan lawan jenisnya, perempuan sering menjadi korban. Untuk menghindari hal ini, adakah yang bisa dilakukan wanita untuk melindungi dirinya dari pelecehan seksual? Sebenarnya ada beberapa cara untuk melindungi diri mereka masing-masing, di anatara sebagai berikut.

1. Berani Mengatakan ‘Tidak’ dengan Tegas

Salah satu cara melindungi diri dari pelecehan adalah berani mengatakan “Tidak” dengan tegas. Tolaklah dengan tegas dan lantang, jangan sampai orang menganggap “Tidak” yang kita ucapan adalah sebagai “Iya”.

2. Jangan Mau Dilecehkan

Kamu tak perlu berkompromi atau memberikan toleransi atas tindakan pelecehan. Meskipun kamu adalah seorang pemaaf, namun sebaikya tidak untuk hal ini. Tataplah langsung mata pelaku, dan nyatakan rasa ketidaksukaanmu terhadap perilakunya dengan suara tegas dan jelas. Apapun yang kamu rasakan, katakanlah dengan lantang. Tapi, hindari besikap agresif atau berkata kasar.

3. Tarik Perhatian Orang Sekitar

Kasus pelecehan dapat terjadi di mana saja. Jika hal tersebut terjadi di ruang publik yang ramai, jangan ragu untuk berteriak dan mengambil perhatian orang sekitar. Hal ini penting dilakukan, karena jika kamu memancing kemarahannya penjahat itu, hanya akan membahayakan nyawamu. Dengan menarik perhatian orang di sekeliling, akan membuat si pelaku enggan meneruskan aksinya. Jika memungkinkan, segeralah melaporkan kasus tersebut kepada petugas keamanan atau polisi.

4. Waspada Akan Bahaya

Di manapun kamu berada, tetaplah berhati-hati dengan keadaan sekitar. Waspadalah terhadap gerak-gerik orang di dekatmu. Apabila kamu mendapati seseorang selalu melihat ke arahmu, memerhatikan gerak-gerik atau melihat orang sering menengok ke arahmu, perilaku ini patutu diwaspadai. Sebaiknya, pindahkan ke tempat yang lebih aman.

5. Perlakukan Diri Sendiri dengan Baik

Setiap orang tentunya ingin diperlakukan dengan baik, kan? Begitu pun dengan dirimu. Maka untuk melindungi diri, perlakukanlah dirimu sendiri dengan baik agar orang lain juga melakukannya. Namun, jika kamu belum juga menghargai dirimu sendiri, maka orang lain akan mudah menjadikanmu target pelecehannya.

6. Setting Nomor Telepon Darurat

Cara yang bisa dilakukan wanita untuk melindungi dirinya dari pelecehan bisa dengan menggunakan handphone yang dimilikinya. Karena biasanya ponsel memiliki fitur yang memungkinkan kita bisa menghubungi nomor tertentu hanya dengan sekali tekan. Maka aturlah nomor-nomor telepon penting seperti polisi. Settinglah nomor panggilan darurat di tombol yang paling strategis, misalnya angka 1, tombol menu, call dan sebagainya. Ketika situasi sudah tak terkontrol, hubungilah nomor tersebut dan minta pertolongan.

7. Hindari Tempat Sepi

Salah satu cara wanita melindungi dirinya dari pelecehan seksual adalah dengan menghindari tempat-tempat sepi. Terlebih saat sudah larut malam. Usahakan tidak berjalan sendirian, terutama di tempat gelap. Untuk lebih aman, datangilah tempat yang ramai dan familiar. Dengan begitu, hal ini akan memperkecil kemungkinan menjadi target kejahatan. Selain itu dengan berada di keramaian kamu juga jadi lebih mudah meminta bantuan ketika terdesak.

8. Speak Up

Biasanya, korban kekerasan seksual malu menceritakan bahwa dirinya telah menjadi korban. Jika hal ini terjadi, jangan ragu untuk speak up, agar bisa menjadi peringatan bagi korban lain maupun pelaku yang seharusnya mendapatkan hukuman.

9. Hentikan Menyalahkan Korban

Bahkan perempuan sendiri bisa sangat kejam terhadap perempuan lain yang menjadi korban kekerasan seksual. Jadi, mulai saat ini jadilah wanita yang memiliki rasa empati. Dan berhentilah menyalahkan korban kekerasan.

10. Mempersenjatai Diri

Tak ada salahnya jika kamu membekali diri dengan belajar bela diri. Tujuannya agar kamu bisa melindungi diri sendiri dari tindak kejatahan. Namun, jika tidak sempat, bawalah semprotan merica ke mana pun kamu pergi. Sebab, alat ini sangat berguna saat kamu dalam bahaya.

Baca Juga: Jenis Perilaku dan Karakteristik Pelaku Pelecehan Seksual

Teruslah jaga dirimu di mana pun kamu berada. Usahakan untuk tidak takut bersikap tegas. Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, dan merasa stress bahkan trauma, jangan ragu untuk menghubungi dokter. Dengan begitu, kamu bisa menyampaikan keluhan yang kamu rasakan. Hingga berbicara soal pengalaman mejadi korban pelecehan kepada dokter terpercaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.