10 Keuntungan Investasi Emas di Usia Muda

10 Keuntungan Investasi Emas di Usia Muda
ayosemarang.com

Seruni.id – Cara paling aman dan efektif untuk mempersiapkan diri di masa tua adalah dengan berinvestasi sejak dini. Salah satu investasi yang menjanjikan untuk anak muda adalah investasi emas. Kenapa harus emas?

10 Keuntungan Investasi Emas di Usia Muda
finance.detik.com

Karena emas tidak ada matinya. Apalagi banyak sekali keuntungan yang tidak dimiliki instrumen investasi lain. Misalnya, tahn terhadap inflasi, harganya yang cenderung stabil, dan memiliki wujud sehingga bisa lebih mudah diperjual belikan. Itulah alasannya mengapa kamu harus mencoba investasi emas. Kalau masih belum yakin, yuk simak keuntungan investasi emas berikut ini.

1. Aman

Selain investasi properti, emas menjadi salah satu investasi yang paling aman. Terutama untuk kamu yang masih muda. Sebab, emas tidak terpengaruh terhadap inflasi, dan juga memiliki tingkat privasi yang cukup tinggi.

2. Semakin Lama Semakin Bernilai

Meski harganya cenderung stabil, tapi tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu harganya akan turun naik. Walaupun begitu, harga emas tidak sefluktuatif saham, kok. Turun naiknya harga emas tidak akan membuatmu rugi, tapi kamu juga harus cermat dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas. Harga emas bisa naik mulai dari 20 hingga 40 persen. Bisa kamu bayangkan dong, jika satu tahun lalu kamu membelinya dengan harga Rp500 ribu per gram dan kini naik 40 persen, maka haranya bisa mencapai Rp700 ribu. Nah, kalau kamu bisa melihat peluang ini, bisa dipastikan kamu akan mendapat keuntungan besar dari investasi emas.

3. Tidak Memiliki Pajak

Tidak seperti investasi lainnya, investasi emas tidak dipungut biaya pajak sedikit pun, ketika membeli pun menjualnya. Jadi, keuntungan yang kamu peroleh benar-benar akan menguntungkan tanpa ada potongan apapun.

4. Ada Wujudnya

Dibandingkan instrumen investasi lainnya, emas memiliki wujud seperti koin, emas batangan, atau perhiasaan. Wujud ini tentunya dapat memudahkanmu untuk melalukan transaksi jual beli yang lebih cepat.

5. Bisa Beli Secara Online

Saat ini kamu tidak perlu mendatangi toko atau tempat yang menjual emas, karena kamu bisa dengan mudah membelinya secara online. Saat ini ada begitu banyak platform yang menyediakan fitur pembelian emas. Hal ini tentu lebih praktis dan efesien. Kamu hanya tinggal duduk manis di rumah dan kamu bisa langsung membeli emas melalui tablet, smartphone, maupun laptop hanya dengan sekali klik.

6. Cukup Menguntungkan

Jika harga di pasaran emas cenderung naik, maka kamu bisa menjual emas yang dimiliki. Jika di waktu tertentu emas mengalami penurunan tidak perlu khawatir karena biasanya waktunya tidak akan lama. Bahkan jika harga emas sedang turun kamu sebaiknya membeli emas saja untuk investasi berikutnya. Biasanya harga emas cenderung meningkat naik saat ada inflasi.

7. Bisa Dicicil

Pengin banget investasi emas tapi modal belum juga terkumpul? Bagi kalian yang belum memiliki cukup uang untuk membeli emas, kalian bisa loh mendapatkannya dengan cara dicicil melalui pembelian online. Cicilannya pun variatif, bahkan ada platform yang memperbolehkan investor untuk mencicil emas mulai dari 0,0001 gram emas.

8. Bisa Disimpan

Emas yang ada wujudunya memang harus disimpan baik-baik agar tidak rusaka taupun hilang. Namun, kalau kamu takut menyimpannya di rumah, kamu bisa menyimpan emas dengan cara yang lebih aman yakni dengan cara virtual. Dengan pembelian emas secara online, secara otomatis emas milikmu telah tersimpan di tempat yang terjamin keamanannya. Meksi disimpan di tempat khusus, kamu tetap bisa mengambilnya sewaktu-waktu. Bahkan, ada platform yang akan menyediakan jasa kirim emas langsung ke alamat rumahmu. Praktis banget, kan?

9. Mudah Dijual

Karena memiliki wujud, emas dapat dijual dengan mudah. Jadi, ketika kamu mendesak dan membutuhkan uang, kamu bisa langsung menjual semua koleksi emasmu ke toko emas atau kepada orang lain yang memang membutuhkannya. Namun, lain halnya jika kamu investasi emas secara online, kamu bisa jual emas kapan saja dengan sangat mudah. Tinggal masukkan gram emas yang ingin dijual, transaksi bisa langsung dilakukan.

10. Memiliki Risiko Rendah

Jika banyak orang yang mengkhawatirkan risiko dari dilakukannya investasi, kamu tidak perlu khawatir dengan risiko yang dimiliki oleh investasi emas. Dalam hal ini emas tidak akan terpengaruh oleh hal apa pun, salah satunya adalah faktor ekonomi atau faktor eksternal lainnya. Tentunya hal ini juga berbeda dengan saham lainnya, atau sektor keuangan lainnya. Pergerakan harga emas cenderung stabil.

Baca Juga: 7 Cara Menabung Yang Benar dan Mudah

Itu dia keuntungan investasi emas sejak muda. Jadi, kapan kamu mau mulai investasi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.