7 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat

7 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat
gooddoctor.co.id

Seruni.id – Migrain seringkali dikeluhkan oleh banyak orang, sehingga membuat mereka mencoba beragam cara mengatasi migrain tersebut. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa 12% penderitanya adalah wanita. Saat mengalami kondisi ini, tentu rasanya sangat berbeda dari sakit kepala biasa, dimana dapat menyebabkan rasa sakit kepala yang begitu hebat, dan seringkali diiringi dengan sensasi kepala yang berdenyut.

7 Cara Mengatasi Migrain Tanpa Obat
health.detik.com

Tak jarang, kondisi ini juga akan membuat penderitanya lebih sensitif terhadap cahaya dan suara, bahkan hingga menyebabkan mual dan muntah. Meski hanya bertahan dalam waktu yang singkat, namun tentunya kalian ingin tahu bagaimana cara mengatasi migrain tanpa obat? Pada aritekel berikut ini, Seruni akan memberitahu beberapa cara mengatasi migrain yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

1. Fokus pada Hal-hal yang Membuatmu Bahagia

Saat sedang migrain, sebenarnya cara mengatasinya sangatlah mudah. Kamu tidak memerlukan obat apapun untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut. Sebab, yang kamu butuhkan hanyalah rasa bahagia. Ketika kamu merasa bahagia, maka tubuh pun akan memproduksi hormon yang menguatkan imun tubuh. Dapat dikatakan rasa senang merupakan penangkal dari rasa sakit. Jadi, usahakanlah untuk memiliki pikiran yang tenang agar bisa mencegah migrain dan penyakit lainnya.

2. Relaksasi dan Tidur

Saat mengalami migrain, seseorang akan menjadi lebih sensitif terhadap apapun, terutama terhadap suara dan cahaya. Cara mudah mengatasi hal ini adalah dengan menghentikan aktivitas sejenak dan beristirahat di dalam ruangan yang lebih hening dan gelap. Jika memungkinkan, cobalah untuk tidur. Karena saat tertidur, otak akan menghasilkan senyawa kimia yang akan meringankan rasa sakit. Selain itu, dengan tidur yang cukup dan teratur pada jam yang sama setiap harinya dapat membantu mencegah migrain.

3. Kompres dengan Air Dingin atau Hangat

Mengompres dengan air dingin atau hangat bisa menjadi cara mengatasi migrain yang tepat, bagi kamu yang tak terbiasa mengonsumsi obat. Kamu bisa menempelkan kantung berisi es di dahi atau di belakang leher untuk mengurangi rasa nyeri ketika migrain menyerang. Namun, kalau kamu merasa kurang nyaman dengan air dingin, kamu bisa kok menggantinya dengan air hngat. Selain itu, mandi dengan air hangat juga akan memberikan khasiat yang serupa.

4. Menghirup Aroma Lavender

Cara mengatasi migrain tanpa obat berikutnya adalah menghirup aroma lavender. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghirup aroma minyak lavender selama 15 menit mengalami penurunan rasa sakit kepala yang signifikan dibandingkan dengan orang yang tidak melakukannya.

5. Menciptakan Pola Pikir Baru

Ketika migrain menyerang, cobalah untuk tetap bersantai dan biarkan hidup berjalan dengan lebih mudah dan nyaman. Mulailah dari mengubah hal-hal yang membuatmu tidak merasa senang. Lihat lagi bagaimana hal-hal di sekitar mempengaruhimu.

6. Pijat

Memberikan pijatan lembut pada area dahi dapat melancarkan aliran darah dan membantu relaksasi. Namun, karena serangan migrain dapat menyebabkan penderitanya menjadi sangat sensitif terhadap sentuhan, cara ini sepertinya kurang cocok oleh sebagian orang.

7. Olahraga

Olahraga rutin, khususnya jenis kardio, dapat memompa jantung. Sebuah studi dari Swedia membandingkan khasiat olahraga dengan relaksasi dan obat-obatan untuk mengatasi migrain. Ketika rutin melakukan kardio selama 40 ment dalam 3 kali seminggu membuahkan hasil yang ampuh dalam mengatasi migrain, sama halnya ketika kamu melakukan relaksasi maupun mengonsumi obat-obatan.

Baca Juga: Jangan Abaikan Jika Anak Mengeluh Sakit Kepala, karena …

Itulah beberapa cara sederhana mengatasi migrain yang bisa kamu lakukan tanpa obat-obatan. Ketika migrain menyerang, usahakan untuk menghindari makanan maupun minuman yang dapat memperburuk gejalanya. Seperti cokelat, keju, daging olahan, makanan yang mengandung banyak monosodium glutamat (MSG), dan minuman beralkohol.

Namun sebaliknya, sebisa mungkin usahakan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akanakan magnesium, seperti sayuran berwarna hijau dan kacang-kacangan, untuk membantu mencegah kambuhnya migrain. Jika kamu mengalami sakit kepala yang tidak kunjung membaik meski telah melakukan langkah-langkah mengatasi migrain tanpa obat seperti yang telah dijelaskan, bahkan sudah mengonsumsi obat migrain, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang sesuai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.