10 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

10 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Seruni.id – Apakah kamu gemar mengonsumsi kacang merah? Selain rasanya yang lezat, ternyata manfaat kacang merah sangatlah banyak, loh. Untuk mengetahui lebih jauh, baca terus artikel ini sampai selesai, ya.

10 Manfaat Kacang Merah untuk Kesehatan

Kacang merah sering kali digunakan sebagai bahan pembuatan makanan, seperti sup, rendang, maupun sebagai pelengkap pada hidangan penutup. Namun, manfaat kacang merah tidak hanya sebatas sebagai bahan makanan saja. Kacang merah juga mampu memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apalagi, di dalamnya terkandung beragam asupan nutrisi yang tubuh butuhkan. Seperti protein, karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat, serta mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc. Berikut ini adalah beragam manfaat kacang merah yang perlu kamu ketahui:

1. Mengurangi Berat Badan

Menurut laporan yang dirilis dalam jurnal Obesity Reviews menyebutkan bahwa mengganti makanan padat energi dengan kacang-kacangan terbukti ampuh untuk mencegah dan mengatasi obesitas. Kacang merah memiliki banyak efek menguntungkan dalam hal menurunkan berat badan, ini karena kandungan serat, protein, dan antinutrientsnya.

Manfaat kacang merah untuk diet memang sangatlah baik. Apalagi, seratnya mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama dan terhindari dari porsi makanan berlebihan. Sementara itu, protein dan nutrisi lainnya membuat kamu akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas seharian. Jadi, mengonsumsi kacang merah sangat menguntungkan untukmu yang saat ini sedang menjalani diet rendah kalori.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang merah berikutnya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebab, dengan mengonsumsi kacang merah dapat menurunkan kadar lipid darah, yaitu kadar kolesterol LDL (jahat) dan trigeliserida. Mengonsumsinya secara rutin juga bisa meningkatkan kadar kolesterol DHL (baik).

Selain itu, manfaat kacang merah juga bisa mengendalikan tekanan darah. Ini sangat berakaitan dengan kesehatan jantung. Tingginya kolesterol HDL, rendahnya kolesterol LDL, dan tekanan darah selalu berada dalam kisaran normal bisa membantu jantung tetap sehat.

3. Melancarkan Pencernaan

Bagi kamu yang memiliki masalah dengan pencernaan, kamu bisa mengonsumsi kacang merah secara rutin, loh. Karena dalam setiap 100 gram kacang merah, menawarkan sekitar 13 gram serat larut dan tak larut. Serat tak larut ini paling banyak ditemukan dalam kulitnya. Sementara serat larutnya terkandung dalam daging kacangnya.

Serat larut tersebut, memiliki peranan penting untuk mendorong makanan dalam usus, sehingga saluran pencernaanmu menjadi lebih lancar. Serat juga mampu membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh, serga menjaga keasaman lambung. Dengan begitu, kamu akan terhindari dari beberapa masalah pencernaan, seperti sembelit dan diare.

Sementara itu, serat larut akan larut bersama dengan air dan mengikatnya menjadi lebih kental seperti gel. Gel ini akan tinggal di lambung untuk waktu yang cukup lama. Karenanya, perutkamu tidak akan dibiarkan terlalu lama kosong. Risiko terserang maag pun jadi berkurang.

4. Mencegah Kanker Usus

Kacang merah mengandung pati resisten dan serat alfa-galaktosida sebagai prebiotik yang tidak tercerna sampai ke usus besar. Serat ini kemudian difermentasi oleh bakteri dan membentuk SCFA, senyawa asam yang meningkatkan kesehatan usus sekaligus menurunkan risiko terkena kanker usus besar.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Manfaat kacang merah selanjutnya dapat mengontrol kadar gula darah. Harus kamu tahu, bahwa kadar gula darah dalam tubuh kita harus tetap dijaga agar selalu stabil. Hal ini sangat penting, terutama bagi para penderita diabetes. Kacang merah sangat dianjurkan untuk para penderita diabetes karena bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah yang drastis bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang merah.

6. Menguatkan Tulang

Manfaat kacang merah yang jarang diketahui berikutnya, ternyata dapat menguatkan struktur tulang. Kandungan kalsium dan magnesium di dalam kacang merah dapat membantumu untuk menjaga kesehatan tulang. Asupan kacang merah mampu mencegahmu dari osteoporosis karena tulang semakin kuat. Kacang merah juga bisa menurunkan risiko penyakit tulang lainnya dan sendi.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Untuk meningkatkan daya ingat, kita perlu mengonsumsi beragam makanan sehat dan bergizi. Salah satu yang bisa kita manfaatkan adalah kacang merah. Vitamin B1 di dalam kacang merah memiliki peran yang penting dalam meningkatkan kesehatan fungsi kognitif.

Asupan harian vitamin B1 yang cukup bisa membantu dalam proses sintesis acetylcholine (sebuah neurotransmitter yang penting) yang memastikan otak dapat berfungsi dengan baik sekaligus meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Dalam jangka panjang, fungsi kognitif yang terjaga dengan baik juga bisa mencegah terkena penyakit degeneratif seperti demensia dan Alzheimer saat usia lanjut.

8. Mencegah Darah Tinggi

Kacang merah mengandung potasium, magnesium, serat dan protein yang bisa membantu dalam mengurangi darah tinggi. Semua mineral dan nutrisi ini secara bersamaan menjaga agar tekanan darah dapat tetap normal. Kalium dan magnesium berperan dalam memperluas jaringan arteri dan pembuluh darah sekaligus memastikan aliran darahnya tetap lancar.

9. Memperlambat Penuaan Dini

Senyawa antioksidan yang terkandung di dalam kacang merah bisa melawan radikal bebas yang bisa merusak sel dan mengakibatkan penuaan dini. Antioksidan ini juga berperan dalam mengurangi kerutan di wajah, menyembuhkan jerawat dan memberikan nutrisi penting untuk kuku dan rambut.

10. Mengurangi Gejala Asma

Orang dengan penyakit asma sering kali mengalami gangguan pernapasan pada konsisi tertentu. Misalnya, saat cuaca sedang dingin atau lingkungan yang berdebu. Senyawa magnesium yang ada di dalam kacang merah bisa memberikan efek bronchodilatory dan memastikan aliran udara ke paru-paru tetap lancar. Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa kadar magnesium yang rendah menjadi salah satu penyebab munculnya gejala asma.

Meski manfaat kacang merah baik untuk kesehatan, tapi bahaya kacang merah juga harus kamu perhatikan nih. Pasalnya, kacang merah bisa menimbulkan gas dalam usus. Dalam kondisi mentah, kacang merah juga mengandung racun yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Oleh sebab itu, kamu perlu melakukan beberapa cara memasak kacang merah agar dikonsumsi dengan aman. Di antaranya adalah dengan merebus kacang merah hingga mendidih secara perlahan sampai lunak. Bisa juga dengan merendam kacang merah terlebih dahulu dan mengganti air rendaman beberapa kali sebelum dimasak. Hindari menggunakan air bekas rendaman untuk merebus kacang.

Baca Juga: 6 Khasiat Kacang Hijau untuk Kecantikan

Setelah mengetahui beragam manfaat kacang merah yang bisa kamu dapatkan, mulailah memasukkan kacang merah ke dalam menu makananmu sehari-hari. Kamu dapat mengolahnya menjadi sup, minuman, atau mencampurkannya ke dalam salad.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.