10 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan

10 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan
klikdokter.com

Seruni.id – Manfaat ubi jalar tak hanya terbatas pada membantu agar perut kenyang saja, ternyata berbagai kandungan nutrisi di dalamnya, juga mampu memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, loh.

10 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan
idntimes.com

Selain itu, ubi jalar juga memiliki gula alami yang lebih banyak daripada kentang, tapi dengan jumlah kalori yang lebih sedikit. Nah, pada artikel kali ini, Seruni ingin memebahas mengenai manfaat ubi jalar serta kandungan gizi di dalamnya. Simak baik-baik, ya.

Kandungan yang Terdapat di Dalam Ubi Jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Selain memiliki rasa yang manis, untuk pengolahannya pun terbilang cukup mudah. Tak heran kalau banyak olahan ubi yang laris di pasaran. Namun, kamu perlu tahu, di dalam 100 gram ubi jalar, kamu bisa menemukan kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Air: 61.9 gram
  • Asam askorbat (Vitamin C): 11 mg
  • Enegeri: 151 kalori
  • Fosfor: 74 gram
  • Karbohidrat: 35.4 gram
  • Kalsium: 29 gram
  • Kalium: 565.6 mg
  • Karoten total: 1.208 mcg
  • Lemak: 0.3 gram
  • Natrium: 92 mg
  • Niasin: 0.7 mg
  • Protein: 1.6 gram
  • Riboflavin (Vitamin B2): 0.08 mg
  • Serat: 0.7 gram
  • Seng: 0.5 mg
  • Thiamin (Vitamin B1): 0.13 mg

Manfaat Ubi Jalar

Dari berbagai kandungan nutrisi yang sudah Seruni sebutkan di atas, maka kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Berat badan akan naik secara drastis apabila terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan tinggi gula. Bukan hanya berat badan saja yang bertambah, hal ini juga sangat berisiko menyebabkan obesitas dan diabetes. Untuk mencegah terjadinya obesitas, maka kamu bisa mengonsumsi ubi jalar secara rutin.

Karena ubi jalar memiliki kanudngan gula yang tinggi, di mana dapat membantu menurunkan risiko obesitas. Ubi jalar juga sangat baik loh untuk kesehatan ginjal dan hati, sehingga racun dan kotoran di dalam tubuh dapat dikeluarkan secara maksimal.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Untuk mendapatkan mata yang sehat, maka kita perlu mengonsumsi makanan yang sehat pula. Tidak harus yang berharga mahal, ubi jalar pun bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan mata, loh. Apalagi ubi jalar bisa dengan mudah kita temukan. Ketika mengonsumsinya, kandungan beta-karoten di dalam ubi secara otomatis diubah menjadi vitamin A.

Di mana vitamin A berfungsi untuk membentuk reseptor pendeteksi cahaya dalam mata. Kekurangan vitamin A, dapat menimbulkan xerophthalmia, yang dapat berkembang menjadi rabun senja hingga berpotensi merusak korenea mata. Manfaat ubi jalar bagi kesehatan mata bisa kamu dapatkan hanya dengan mengonsumsi 200 gram atau secangkir ubi jalar berwarna oranye, yang dipanggang dengan kulitnya.

3. Melindungi Sistem Pencernaan

Manfaat ubi jalar juga tersimpan di kandungan serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Ubi jalar mengandung serat yang lengkap yang mampu melancarkan pencernaan dan membuat sistem pencernaan tetap sehat.

4. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Ubi jalar memiliki kandungan potasium atau sering juga disebut sebagai kalium. Kandungan ini membentuk manfaat ubi jalar dalam mencegah tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukkan konsumsi potasium yang tinggi berhubungan dengan risiko kematian karena hipertensi dan penyakit kardiovaskular.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin A yang terdapat pada ubi jalar, juga memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Di mana vitamin A dapat merangsang pertumbuhan sel kekebalan tubuh yang mampu melawan bakteri, virus, infeksi, serta penyakit berbahaya. Kebutuhan vitamin A pada orang dewasa sekitar 700 hingga 900 mikrogram per harinya. Sedangkan untuk ibu hamil dan menyusui bisa mencapai 1.300 mikrogram per hari.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Seiring bertambahnya usia, fungsi dan kinerja otak lambat laun akan menurun. Namun, kamu bisa mencegahnya dengan banyak membaca dan mengonsumsi ubi jalar. Karena terdapat kandungan anthocyanin yang mampu meningkatkan memori dan kinerja otak, serta menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu fungsi otak.

7. Dapat Melawan Kanker

Selain beberapa poin di atas, manfaat ubi jalar yang tak kalah menakjubkannya yakni berpeluang untuk melawan beberapa jenis kanker. Menurut sebuah penelitian, efek ubi jalar yang dapat membantu kanker kolorektal pada manusia. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ubi jalar yang dapat melawan kanker.

8. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi jalar juga memiliki kandungan kalium, yang mampu mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu, manfaat ubi jalar juga dapat menjaga agar jantung dapat berkerja dengan normal dan mengendalikan tekanan darah.

9. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Kulit dan rambut menjadi bagian penting yang harus dijaga kesehatannya. Cara yang paling mudah adalah memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Misalnya ubi jalar yang mengandung vitamin A, dengan mengonsumsinya secara rutin, maka akan melindungi kulit dan rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Selain vitamin A, vitamin C dan E yang terkandung pada ubi jalar pun mampu mendorong pertumbuhan kulit dan kolagen sehingga tetap sehat dan bersinar.

10. Mencegah Terjadinya Peradangan

Manfaat ubi jalar yang terakhir yaitu mampu mencegah terjadinya peradangan, penyerapan lemak, dan pergerakan otot. Hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan kolin, yang dapat membantu menangkal radikal bebas.

Baca Juga: 8 Resep Cemilan Berbahan Dasar Ubi, Enak dan Bikin Kenyang

Demikianlah kandungan serta manfaat ubi jalar yang sangat beragam. Agar manfaat tersebut bisa kamu dapatkan secara maksimal, jangan lupa imbangi dengan pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.