10 Resep dan Manfaat Infused Water untuk Kesehatan

faktualnews.com

Seruni.id – Tubuh kita memerlukan banyak cairan, sebab jika tubuh kurang asupan cairan bisa-bisa badan akan terasa lemas dan tentunya berbahaya. Namun banyak dari mereka yang kurang suka dengan air putih, itulah alasannya mereka menjadi kurang cairan. Nah, jika kamu adalah salah satunya, infused water bisa jadi solusinya, loh.

Infused water merupakan air yang disisipi rasa lain. Untuk membuatnya kamu hanya perlu merendam beberapa bahan alami seperti sayuran atau buah-buhan serta tanaman herbal lainnya ke dalam air. Resep-resep infused water apa saja sih yang bisa dicoba? Untuk pemula, kamu bisa mencoba beberapa resep di bawah ini.

1. Campuran Kayu Manis dan Apel

foodizz.com

Kesegarand ari buah apel dan rasa kayu manis membuat kamu pasti akan ketagihan. Jika kmau ingin membuatnya dengan porsi banyak tidak masalah, yang terpenting air dan isian harus seimbang, ya.

Caranya:

• Iris buah apel menjadi dadu, masukkan air ke dalam teko kaca atau wadah lainnya.

• Lalu, tambahkan satu batang kayu manis. Simpan di tempat yang aman dan biarkan semalaman.

2. Campuran Daun Mint

pengertianmanfaat.com

Daun mint merupakan salah satu rasa yang selalu bisa diandalkan dalam ilmu meracik infused water. Artinya, jika daun mint dipadukan dengan buah atau sayuran apapun. Rasa mint ini hanya akan membuat infused watermu tambah nikmat, loh. Selain itu, yang harus kamu tahu, daun mint ternyata memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk pencernaan dan tentunya bisa membuat nafasmu tidak bau.

Caranya:

• Pertama-tama robek atau meremat daun mint terlebih dahulu sebelum mencampurnya dengan air.

• Siapkan satu botol air, masukkan daun mint yang telah dirobek. Lalu simpan dan dinginkan di dalam lemari es selama semalam.

• Jika ingin dikonsumsi, sebaiknya saring air terlebih dahulu dan tambahkan es untuk memberikan efek semeriwing.

3. Campuran Jeruk dan Blueberry

food.detik.com

Perpaduan kedua rasanya ini akan menggugah seleramu, loh. Ketika kamu membuatnya, dijamin kamu akan ketagihan. Tapi bingung cara membuatnya bagaimana? Tak usah khawatir karena Seruni akan memaparkan caranya berikut ini.

Caranya:

• Cuci bersih buah blueberry, dan biarkan mengering.

• Kupas buah jeruk dari kulit putih yang menyelimuti dagingnya, lalu buang biji yang ada di dalamnya.

• Gabungkan segenggam buah blueberry dan jeruk ke dalam teko atau botol yang berisi air mineral.

• Jika ingin menambah sensasi dingin, kamu bisa memasukkannya ke dalam kulkas dan tunggu semalaman.

4. Campuran Mentimun

lifestyle.okezone.com

Yang satu ini kerap menjadi bahan pilihan utama dalam meracik infused water. Kenapa menitmun? Selain mentimun memiliki rasa yang segar, kulitnya tidak akan membuat minumanmu tersa pahit seperti lemon ataupun jeruk.

Jadi membuat infused water dengan mentimun ini jauh lebih mudah. Pastikan kamu tidak lupa mencucinya, ya. Disamping itu, timun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan silika dalam timun ternyata baik untuk menjaga kesehatan otot dan lulitmu.

Caranya:

• Cuci mentimun sampai benar-benar bersih.

• Potong-potong menjadi ukuran dadu.

• Siapkan teko atau botol yang berisi air, kemudian masukkan mentimun dan diamkan selama satu malam.

5. Campuran Stroberi, Jeruk Nipis, Timun, dan Mint

fabelio.com

Jika tadi satu bahan untuk satu botol saja, nah untuk infused water yang satu ini, berbagai macam buah dicampurkan menjadi satu wadah. Diantaranya seperti stroberi, jeruk nipis, timun, dan mint. Kebayang dong gimana kesegarannya? Mau membuatnya di rumah? Bisa kok dengan resep di bawah ini.

Caranya:

• Siapkan 4 buah stroberi, 1 buah jeruk nipis, 1/2 buah timun, dan daun mint secukupnya.

• Jangan lupa juga siapkan 1 liter air, kemudian buah-buahan yang sudah disiapkan dimasukkan ke dalam air terserbu.

• Simpan dan dinginkan di kulas, kurang lebih 10 menit, namun jika ingin rasa yang lebih segar kamu bisa menyimpannya dalam semalaman.

6. Campuran Nanas dan Daun Mint

fimela.com

Nanas dan daun mint, memiliki dua rasa yang berbeda. Nanas memiliki rasa yang asam manis, sedangkan mint memiliki rasa yang sedikit pedas dan hangat. Jika keduanya dicampurkan menjadi sebuah infused water, tentu rasanya sangat nendang dan bikin kamu mau lagi. Untuk membuatnya sama seperti infud water biasanya.

Caranya:

• Siapkan satu liter air mineral, dan masukkan 1/2 buah nanas yang telah dipotong-potong serta 6-8 lembar daun mint.

• Karena nanas termasuk buah yang membutuhkan waktu lama agar rasanya keluar, jadi pastikan kamu sudah merendamnya paling tidak selama 8 jam sebelum diminum.

• Hasil terbaik akan diperoleh dari rendaman 8-12 jam. Infused water ini juga lebih baik disimpang dengan menggunakan botol atau kontainer yang ada tutupnya.

Nanas sendiri kaya dengan kandungan bromelain yang sangat bagus untuk melindungi persendianmu dan juga ampuh untuk melancarkan pencernaanmu. Rasa manis alami nanas juga cocok dengan berbagai kombinasi buah atau sayuran lain lho.

7. Campuran Belimbing dan Stroberi

hipwee.com

Selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi, ternyata belimbing juga merupakan salah satu buah dengan kalori yang rendah, loh. Artinya, meskipun manis, minuman ini ternyata rendah kalori. Jadi, tak usah khawatir jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

Caranya:

• Siapkan satu liter air, masukkan 1 buah stroberi dan 3 potong belimbing (yang sudah matang).

• Simpan di dalam lemari es selama 4-24 jam, lalu nikmati kesegarannya.

8. Campuran Semangka dan Seledri

jussehat.com

Karena rasanya yang sangat segar dan cepat mengeluarkan rasa, buah semangka ini cocok untuk dijadikan sebagai pilihan kamu yang tidak ingin menunggu lama atau sampai semalaman. Apalagi, manfaatnya sangat luar biasa, salah satunya yaitu dapat menurunkan tekanan darah, cocok banget untuk menenangkan hatimu yang suka buru-buru.

Caranya:

• Siapkan satu liter air di dalam botol, masukkan 4 potong semangka dengan 5-6 lembar daun selederi.

• Simpan racikan potongan semangka dan daun seledri yang sudah dirobek-robek ke dalam kulkas selama 2-4 jam saja.

9. Campuran Buah Sitrus

google.com

Menambahkan potongan lemon ke dalam air minum dari dulu emang udah terkenal bakal buat rasa air tambah segar. Kandungan vitamin C-nya juga ampuh meningkatkan daya tahan tubuh. Buah-buah sitrus ini juga cocok banget untuk infused water karena konsentrasi rasanya bisa keluar dengan baik alias lebih terasa.

Caranya:

• Siapkan satu liter air, 1 buah lemon dan 1 buah jeruk nipis.

• Masukkan 2 potong lemon dan 2 potong jeruk nipis yang telah dikuliti.

• Lalu peras sari buah yang tersisa untuk menguatkan rasa.

• Rendam dan simpan di kulkas selama 24 jam untuk hasil optimal atau minimal 3 jam.

10. Campuran Stroberi, Lemon dan Kemangi

google.com

Campuran ketiga bahan ini tidak hanya memiliki rasa yang segar, tapi wangi yang juga nikmat yang berasal dari daun kemangi. Seiring dengan citarasanya yang unik, daun kemangi memberikan sifat anti-bakteri. Pensaran gimana rasanya? Yuk buat sendiri di rumah dengan resep ini.

Caranya:

• Potong stoberi menjadi dua bagian, iris tipis satu buah lemon, dan campurkan daun kemangi ke dalam cangkir yang berisi air mineral.

Manfaat Infused Water

Setelah membahas 10 resepnya, alangkah lebih baik kita juga tahu nih apa saja manfaatnya. Berikut ulasannya:

1. Detoks Alami

Penting untuk diketahui, manfaat infused water juga bisa mendetoks tubuh secara alami. Sebab, air mineral yang dicampur oleh buah-buahan ternyata cukup ampuh dalam membuang racun dari dalam tubuh. Nantinya racun itu akan keluar bersama keringat dan air kencing

2. Mencegah Penuaan

Tak kalah penting, manfaat infused water ternyata bisa mencegah terjadinya penuaan. Jadi, ketika kamu ingin terlihat tetap cantik dan awet muda, minuman ini menjadi salah satu pilihan terbaik karena infused water mengandung antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas.

3. Melancarkan Pencernaan

Selanjutnya, manfaat infused water juga sangat ampuh dalam memperbaiki sistem cerna sehingga semua masalah pencernaan akan teratasi dengan cepat. Ketika kamu mengalami sulit buang air besar (BAB), kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi infused water setiap hari, maka masalah itu akan segera hilang dengan efektif.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Tak kalah penting juga, manfaat infused water bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih kebal dari ancaman penyakit. Sebab, infused water sangat kaya akan vitamin yang bisa membuat tubuh kamu ternutrisi dengan baik. Akibatnya, sistem imun pun menjadi lebih kuat dalam menangkal berbagai ancaman penyakit yang merugikan tubuh.

5. Sebagai Pengganti Air Putih

Infused water bisa menjadi pilihan cara lain meminum air putih yang lebih menyehatkan. Khasiat infused water bisa membantu tubuh Anda tetap terhidrasi. Tubuh kita terdiri dari cairan sekitar 60 persen, maka kebutuhan air sangat penting agar tetap terhidrasi. Menjaga tubuh tetap segar dengan meminum air 8 hingga 12 gelas sehari.

6. Minum Vitamin dengan Cara Lain

Minum infused water bisa menjadi pilihan menyenangkan bagi mereka yang malas mengonsumsi vitamin dalam bentuk tablet, kapsul atau bentuk lainnya. Manfaat infused water sama baiknya dengan mengonsumsi vitamin, karena kamu akan mendapatkan vitamin yang berasal dari buah-buahan segar seperti vitamin C dan vitamin lainnya.

7. Antioksidan

Manfaat infused water juga sebagai antioksidan. Cara memperoleh khasiatnya, tambahkan buah beri favorit, seperti blueberry, stroberi, blackberry, dan raspberry, untuk menyuplai antioksidan yang banyak. Buah-buahan ini akan memberikan sedikit manis untuk meningkatkan rasa.

8. Mengurangi Stres

Jika kamu menyukai minuman lemon dengan aroma lavender dengan tambahan rasa dari gula. Tidak ada salahnya memanjakan diri dengan lemon tanpa gula. Minumlah infused water lemon dan lavender yang bebas rasa manis. Manfaat infused water ini bisa memberi energi pada tubuh dan mengurangi perasaan stres dan kecemasan.

9. Mengatasi Perdangan

Lemon yang memiliki warna cerah ketika dicampurkan dengan kunyit, daya tarik warnanya hidup dan enerjik. Bahkan, kunyit ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu kari, tetapi berkhasiat mengatasi peradangan.

Cara mendapatkan manfaat infused water, campurkan lemon yang setengah diremas hingga mengeluariak air ke dalam cangkir, tambahkan ¼ sendok teh kunyit dan campur dengan air hangat. Tambahkan madu secukupnya jika diinginkan dan terus diaduk selagi hangat. Bubuk kunyit memang akan membuat air menjadi kuning, namun kunyit secara alami akan mengendap ke dasar cangkir.

10. Mengatasi Sindrom Iritasi Usus

Buah semangka sangat menyegarkan karena mengandung banyak air, sehingga cocok menjadi infused water. Cara membuatnya, campurkan semangka dengan beberapa daun mint ke dalam air putih. Manfaat infused water ini dapat mengatasi pencernaan bersama dengan mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus (IBS). Mint juga dapat meningkatkan fungsi memori dan kognitif, ini menjadi alternatif untuk minuman yang mengandung gula dan berkafein.

Nah gimana resep-resepnya? Menarik dan mudah banget kan untuk dicoba? Apalagi kalau emang kamu tidak bisa minum air putih, infused water bisa jadi alternatif sehat buat asupan cairanmu. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.