65 Kata-kata Putus Cinta yang Bisa Mewakili Perasaanmu

  • Bagikan
kata-kata putus cinta
lifestyle.kompas.com

Seruni.id – Hidup tidak selalu bahagia, adakalanya sedih menghampiri diri. Salah satunya adalah ketika putus cinta. Mungkin banyak dari kita yang pernah merasakan hal ini. Sakit yang dirasa, bukanlah sakit karena luka, seperti tergores namun tidak berdarah. Di saat seperti ini, mungkin kita ingin mengungkapkan kata-kata putus cinta, namun rasanya bibir tak mampu berbuat apa-apa.

kata-kata putus cinta
liputan6.com

Nah, untuk kalian yang ingin mengungkapkan kata-kata putus cinta saat baru saja putus. Kamu bisa membaca kata-kata putus yang telah Seruni rangkum berikut ini. Tapi tidak hanya yang sedih, kami juga memberikan kata putus yang lucu, loh. Kenapa? Biar kamu tak berlarut-larut dalam kesedihan. Yuk simak di bawah ini:

Kata-kata Putus Cinta Bijak

Putus cinta adalah hal yang biasa, makanya kamu harus menyikapinya dengan bijak. Kenapa? Agar kamu tidak galau yang berlarut-larut. Selain itu, kamu juga bisa lebih cepat move on, loh. Nah, berikut kata-kata cinta bijak yang bisa mewakili perasaanmu:

1. “Kamu yang mengajariku akan indahnya jatuh cinta. Kamu pula yang mengajariku betapa sakitnya patah hati.”

2. “Lebih baik meninggalkan aku, daripada mendapatkan cinta yang palsu.”

3. “Waktu yag telah berlalu tidak akan bisa terulang kembali, biarkan ia menghilang dan bersiaplah untuk sesuatu yang baru.”

4. “Kebersamaan kita telah usai. Ada suatu hal yang mungkin tidak bisa kamu dapatkan dari orang lain tentangku yaitu ketulusanku yang kau anggap hanya semu.”

5. “Beginilah aku apa adanya, maafkan ketidaksempurnaanku. Ku izinkan kau untuk pergi, bukan karena aku tak mencintaimu lagi, hanya saja cintamu kepadaku tidak bisa dipaksakan seperti dulu lagi.”

6. “Sudah saatnya berhenti memandangi jarum jam yang telah lama berhenti berputar.”

Kata-kata Putus Cinta Sedih

Memutuskan hubungan cinta adalah keputusan yang tidak mudah untuk diambil. Namun, putus cinta mungkin menjadi cara terbaik yang bisa dilakukan. Jika kamu bingung bagaimana merangkai kata-kata putus cinta sedih, tak perlu khawatir, kamu akan menemukan jawabannya di bawah ini:

7. “Menusuk badan kemudian ia akan sembuh, melukai hati dan lukanya akan bertahan seumur hidup.” – Mineko Iwasaki.

Ketika hubungan asmara yang telah kamu bangun, dan berpikir akan berlanjut ke jenjang yang lebih serius ternyata kandas di tengah jalan, perasaan terluka mungkin ada. Apalagi, jika hubungan tersebut putus dengan cara tidak baik.

Jika itu sudah terjadi, maka waktulah yang akan menjadi sahabat terbaikmu. Meski luka yang kamu miliki mungkin tidak sepenuhnya terobati, tapi sakitnya tidak separah ketika pertama kali merasakannya.

8. “Satu-satunya tempat aku merasa di rumah adalah dengan bersamamu. Tidak ada tempat bagiku di mana pun lagi. Aku seperti diusir.” – Ranata Suzuki.

Kita tahu, tumah menjadi tempat di mana seseorang bisa menjadi dirinya sendiri, tanpa perlu pusing memikirkan pendapat orang lain. Jika seseorang sudah menganggap kamu sebagai rumahnya, itu berarti dia sudah merasa aman dan nyaman berada di dekatmu.

Maka dari itu, wajar bila protagonis dalam kata-kata putus cinta sedih di atas merasa seperti diusir setelah putus dengan kekasihnya. Dia hanya menggantungkan perasaannya kepada satu orang saja tanpa memperhitungkan kemungkinan “rumah”nya akan pergi.

9. “Suatu hari nanti, dia akan sadar kalau sudah kehilangan berlian saat bermain dengan batu-batu yang tidak berguna.” – Turcois Ominek.

Sakit rasanya memang bila sudah memberikan yang terbaik kepada sang kekasih tapi dia malah menyia-nyiakan usaha kamu. Jika sudah seperti itu, memutuskan hubungan adalah langkah paling bijak yang kamu ambil.

Untuk apa menangisi kepergian orang yang tidak dapat menghargai kehadiranmu? Melupakan sang mantan dan mencari pengganti yang lebih baik akan membuat hidup kamu tidak sengsara lagi, bukan?

10. “Kurasa kita sekarang hanya dua orang asing yang memiliki kenangan yang sama.” -Tan Redding.

Kata kata putus cinta sedih di atas cocok untuk sepasang kekasih yang sudah kehilangan antusias terhadap satu sama lain. Entah karena bosan atau merasa satu sama lain merasakan ketidakcocokan.

Jikalau sudah tidak ada kecocokan dan perbedaan tak bisa dikomunikasikan, mungkin akan lebih bijak bila hubungan ini diakhiri. Daripada nantinya, satu sama lain saling menyakiti.

Kata-kata Putus Menyentuh Hati

Jika kamu memang tidak kuat untuk mengungkapkan kata-kata putus cinta secara langsung, kamu bisa merangkai kata-kata yang menyentuh hati. Namun kamu juga bisa menggunakan kata-kata berikut ini.

11. “Aku takan marah padamu karena kau memberiku sesuatu yang orang lain tak punya; kemampuan untuk hidup walau kupikir aku telah mati.” – Alesandria Hampton

Kamu merasa depresi? Kata-kata di atas cocok untuk kamu ungkapkan. Awalnya memang terasa seperti mimpi buruk, tapi hanya dengan begitulah kamu bisa tahu kekuatanmu yang sebenarnya.

Ternyata kamu bisa mandiri tanpa seseorang yang pernah menjadi “pusat duniamu”. Kamu bisa bangkit, walaupun merasa sudah taman. Dan pastinya, kamu akan bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik darinya.

12. “Kita hanyalah dua jiwa rusak yang saling memperbaiki. Terkadang, yang tersisa hanya patahanku dan patahanmu.” – Evy Michaels.

Mengatakan kata kata putus cinta sedih yang puitis bisa mengurangi rasa sakit hati ketika salah satu diputuskan. Dan bila kamu bingung merangkai kata yang seperti itu, kalimat di atas bisa kamu jadikan pilihan.

Kalimat tersebut juga bisa membesarkan hati masing-masing. Bahwa walau hubungan ini harus berakhir, paling tidak keduanya sudah berusaha tapi apa daya takdir berkata lain. Dengan begitu keduanya tak akan pernah berpikir kalimat “seandainya”

13. “Terkadang rasa sakit hati itu perlu untuk menyadarkan kita. Dan membantu kita mengerti bahwa kita lebih baik dari kondisi yang sekarang.” – Mandy Hale.

Cobaan hidup itu seperti tes. Ia diberikan pada kita agar kita tahu seberapa besar kekuatan kita untuk bertahan dalam kondisi yang “enggak banget”. Bisa dikatakan, itu paspor agar dapat naik ke tingkat selanjutnya.

Kalau udah sadar akan kekuatan yang sebenarnya, kita mudah untuk menentukan sikap. Dan pastinya, kiat tak akan mudah tumbang dengan masalah masalah kecil lagi.
Kata-kata Putus Cinta dalam Islam

Kesedihan saat putus cinta, rasanya wajar. Namun, bukan berarti kamu membiarkan dirimu berlarut-larut dalam emosi. Yuk bangkit! Berikut ini ada beberapa kata-kata putus cinta yang bisa menyejukkan hatimu.

14. “Wanita-wanita yang baika dalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wnaita-wanita yang baik pula.” – Q.S. An-Nuur ayar 26.

15. “Jika cintamu kepada makhluk tidak terbalas, maka berputus asa lah terhadap cinta itu. Dengan berputus asa hati ini akan beristirahat dan segera melupakan hal tersebut.” – Anonim.

16. “Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan.” – Buya Hamka.

17. “Mengikhlaskan ketika harapanmu tak sejalan maka kau harus menerima segala suratan meski hatimu terluka namun kau harus lebih percaya akan sagala cerita Indah-Nya”

Kata-kata Putus Cinta Bahasa Inggris

Untuk kamu yang merasa kesulitan merangkai kata-kata putus cinta dalam bahasa Inggris, terutama dengan topik putus cinta, kamu bisa mencoba beberapa kalimat di bawah ini.

18. “If you’re brave enough to say googbay, life will reward you with a new hello.” – Paulo Coehlo.

Artinya: “Jika kamu cukup berani untuk mengatakan selamat tinggal, hidup akan menghadiahimu dengan pertemuan baru”

19. “Such as the black hole, when you get too close with the past, you’ll vanish. And you’re the past.”

Artinya: “Seperti halnya lubang hitam, kalau kamu terlalu dekat dengan masa lalu, kamu akan lenyap. Dan amu lah masa lalu itu.”

20. “If only could turn back time, I would skip day we met.”

Artinya: “Seandinya aku bisa memutar balik waktu, aku akan melewatkan hari dimana kita bertemu.”

21. “We were strangers. We were lovers. We are strangers.”

Artinya: “Kita pernah menjadi orang asing. Kita pernah menjadi kekasih. Kita kembali menjadi orang asing.”

22. “You may lose people you love, or things you have. But whatever happens, never lose yourself.”

Artinya: “Mungkin kamu pernah kehilangan orang-orang yang kamu sayangi, atau hal-hal yang kamu miliki. Tapi apapun yang terjadi, jangan pernah kehilangan dirimu sendiri.”

23. “I can live without you, eventhough i will miss you. I never be other like what you want. So I need to go from although I will fell lonely.”

Artinya: “Aku dapat hidp tanpamu, meskipun aku merindukanmu. Aku takan pernah menjadi orang lain seperti yang kau inginkan. Jadi aku harus pergi darimu meskipun aku akan merasa kesepian.”

Kata-kata Putus Cinta dalam Bahasa Arab

Selain merangkai kata-kata putus cinta dalam bahasa Inggris, kamu juga bisa menuangkan apa yang kamu rasakan menggunakan bahasa Arab, loh. Beberapa rangkaian kata berikut ini bisa menjadi pilihan untuk kamu gunakan.

24. ظننت قلبي قوي ما يهزه غيابك .. طلع مثل الورق يرجف من بعادك

“Dzonantu qolbi qowiyyun ma yahuzzuu ghiyabaki, thola’a mitslu warokun yarjuffu min biaadika”

Artinya: “Aku kira hatiku sudah kuat untuk menahan guncangan atas kepergianmu. Tapi nyatanya hati ini seperti daun kering tatkala jauh darimu”

25. من السهل أن تطرد جيش استعمر وطنك.. ولكن من الصعب أن تطرد حب استعمر قلبك

“Minas sahl an tathruda jaisyul isti’mar min wathonika, walakin minassho’b an tathrudal hubba ista’maro qolbaka.”

Artinya: “Mengusir tentara penjajah dari negaramu itu perkara yang mudah,yang lebih sulit adalah mengusir cinta yang telah menjajah hatimu.”

26. الفِرَاقُ، البُعْدُ الرَّحِيْلُ، الوَدَاعُ تَخْتَلِفُ المُفْرَدَاتِ وَالأَلَمُ وَاحِد

Artinya: “Perpisahan, jarak yang jauh, kepergian merupakan kata-kata yang berbeda, namun sakitnya sama.”

27. هَـلْ أَبْـكِيْ وَجْعًـا أَمْ أَنَـامُ لِــ غَـدًا أَجْمَـل، هَـلْ أُعَـاتِبُ قَلْـبِيْ أَمْ أَبُـوْحُ لِـغَرِيْبٍ بِأَنَّـنِيْ أَتَـأَلَّم

Artinya: “Apakah aku mesti menangis karena merasa sakit, ataukah aku tidur menunggu hari esok yang indah. Apakah aku mesti mencela hatiku atau aku nyatakan pada orang lain bahwa aku sedang kesakitan.”

28. هَـلْ هُنَـاكَ وَجْـعٌ أَقْـسَى مِنْ أَنْ يَـقِفَ الكَـلَامُ بَيْـنَ فَمِّـكَ وَحَنْجَـرَتِكَ إِنْ أَظْهَـرْتَهُ نَـدَمْتَ وَإِن أَبْقَيْتَـهُ تَـأَلَّمْت

Artinya: “Apakah ada luka yang lebih menyakitkan daripada ucapan yang terjebak di antara mulut dan kerongkonganmu, jika engkau nyatakan akan timbul penyesalan, tetapi jika ditahan akan begitu menyakitkan.

Kata-kata Putus Cinta Lucu

Ada banyak orang yang memutsukan memendam rasa galau dan sedihnya karena bingung mengungkapkan dengan kata-kata yang tepat. Nah, lebih baik kamu ungkapkan saja kesedihanmu dengan kata-kata putus cinta lucu ini. Dijamin kesedihamu akan sedikit mereda karena terhibu oleh kutipan yang lucu-lucu.

29. “Sapi aja rela berkurban sampai lehernya putus, masa kamu kalah, nggak mau berkorban sampai hubungan kita jadi putus.”

Ketika hubungan berakhir, itu berarti ada salah satu pihak yang menyerah atau tidak ingin berkuang. Pernahkah kamu mengalami hal ini?

Hubungan kalian berakhir hanya karena suatu masalah sepele, sedangkan pasanganmu tidak mau mengorbankan egonya untuk mempertahankan hubungan kalian.

30. “Tuhan, bila memang dia jodohku, dekatkanlah. Namun kalau dia ternyata bukan jodohku, tolong suruh minggir. Dia menghalangi jodohku yang mau masuk.”

Kata-kata Putus Cinta Tapi Masih Sayang

Kata-kata putus cinta yang berikut ini dikhususkan bagi kamu yang ingin putus tapi masih sayang. Kata-kata ini bisa kamu berikan kepadanya via pesan singkat ataupun melalui telepon. Adapun contoh kata-kata putus cinta tapi masih sayang, berikut ini:

31. “Aku berharap untuk bisa menyakitimu, sebagaimana kamu menyakitiku dahulu. Namun, jika aku memiliki kesempatan pun, aku tak akan melakukannya.”

32. “Bahkan, jika aku jatuh cinta lagi dengan seseorang, itu tidak akan pernah seperti saat aku mencintaimu dulu. Aku tidak bisa mencintai orang lain seperti ketika aku mencintaimu, itu tidak mungkin.”

33. “Perasaan terburuk adalah ketika kamu tidak bisa mencintai orang lain, karena hatimu masih miliki orang yang menghancurkannya.”

34. “Aku tidak tahu seperti apa rasa cinta hingga akhirnya aku bertemu denganmu. Namun, kini aku juga tahu seperti apa rasanya patah hati.”

35. “Aku merindukan saat ketika kamu hanya ingin menghabiskan waktu hidupmu denganku.”

36. “Patah hati layaknya memiliki tulang rusuk yang patah. Meski tak ada yang dapat melihatnya. Namun, rasa sakitnya sangat terasa ketika aku menghela napas.”

37. “Ada sebagian dari diriku yang akan tetap mencintaimu terus selama sisa hidupku.”

38. “Tolong jangan lupakan aku dan semua hal yang pernah kita lakukan.”

39. “Aku begitu merindukanmu, saat kamu hanya ingin menghabiskan waktu hidupmu denganku.”

40. “Jika aku punya salah selama mencintaimu, izinkan aku untuk memperbaikinya lagi. Aku mohon berilah kesempatan kedua untuk memperbaiki semuanya.”

41. “Tidak semua mantan itu busuk. Kadang kala ada pula mantan yang sudah putus, tapi bisa menjadi motivator untuk kita.”

42. “Mengapa sakit dan rasa rindu ini tidak pernah berakhir? Lantas, aku harus bagaimana agar kamu peka.”

43. “Rasa sayang yang kumiliki tak pernah pudar, sekalipun kita sudah tak bersama lagi.”

44. “Jika menyakitiku adalah jalan yang memang membuatmu bahagia, maka lakukanlah.”

45. “Aku tak tahu bagaimana caranya menghentikan air mata di pipi ini. Aku ingin kamu yang menghentikannya.”

Kata-kata Putus Cinta yang Menyakitkan

Tak sama seperti ketika jatuh cinta, kata-kata yang digunakan sangat manis dan membuat hati berbunga-bunga. Sedangkan kata-kata putus cinta yang menyakitkan, seolah mengiris hati. Untukmu yang ingin memberikan ungkapan kata-kata putus cinta, berikut Seruni berikan contohnya:

46. “Keputusan untuk putus kuambil bukan karena aku tak bahagia bersamamu. Namun, memang ada duri yang tak bisa dihilangkan dalam hubungan kita.”

47. “Jalinan cinta kita memang semanis madu. Namun, sayangnya kau bagi cintaku dengan yang lainnya. Maafkan jika hubungan kita harus berakhir sampai di sini.”

48. “Tak pernah ada kata menyesal untuk mencintaimu. Namun, yang paling aku sesalkan adalah hubungan kita yang tak bisa dilanjutkan. Maaf aku memilih untuk putus dan aku tak akan pernah melupakanmu, karena kamu telah menjadi orang yang mengisi hari-hari indahku.”

49. “Setiap kali aku membayangkan menjalani masa depan bersamamu, setiap kali itu pula aku merasa sedih. Sebab, bersamamu merupakan impian yang sangat membahagiakan. Namun, aku sadar cinta menjadi usang karena situasi ini.”

50. “Keputusan untuk mengakhiri hubungan kita mungkin akan membantu menangis. Ketahuilah jika sesungguhnya aku pun menangis. Namun, saat ini kata putus memanglah pilihan yang terbaik yang harus kita jalani.”

51. “Semakin hari aku merasa hubungan ini terasa hambar. Aku rasa, hubungan persahabatan akan lebih baik untuk kita berdua agar tak saling menyakiti lagi.”

52. “Aku merasa sangat bahagia bisa menjadi orang yang kamu cintai. Namun, sejujurnya aku tak pantas untuk dicintai. Semoga kelak kamu akan mendapatkan seseorang yang pantas untuk dicintai.”

53. “Kamu adalah orang yang sangat berharga dalam hidupku. Bersamamu membuatku merasa bahagia. Tapi maaf, sepertinya aku tak lagi bisa melanjutkan hubungan ini.”

54. “Handphone dan baterai adalah dua benda yang saling membutuhkan satu sama lain. Namun, saat baterai telah rusak dan tak dapat diisi kembali, maka baterai tersebut harus diganti. Begitu pun dengan aku, bagai baterai yang telah letih menjalin hubungan denganmu. Menggantiku adalah jalan yang terbaik.”

55. “Kita ibarat rembulan dan matahari. Keberadaannya saling melengkapi dan memiliki sinar yang sama-sama terang. Namun sayang, mentari dan rembulan tak bisa seiring sejalan.”

Kata-kata Putus Cinta Mario Teguh

Seperti yang kita tahu Mario Teguh merupakan seorang motivator dan konsultan berkebangsaan Indonesia. Ia kerap memberikan kata-kata motivasi yang membangun, entah tentang kehidupan pun percintaan. Berbicara masalah percintaan, berikut ini Seruni telah merangkum kata-kata putus cinta dari Mario Teguh:

56. “Bukan cintamu yang penting, tapi kualitas orang yang kau cintai. Jangan galau dan menurunkan kualitas hidupmu untuk orang yang tidak berkualitas. Move on, move up. Sebetulnya dengan meninggalkannya engkau naik kelas.”

57. “Gak cinta lagi itu gak sakit, yang sakit itu sudah gak cinta, tapi gak putus-putus.”

58. “Jodoh sudah ada yang mengatur. Wanita yang baik untuk laki-laki yang baik, dan sebaliknya.”

59. “Anak muda harus tahu pedihnya patah hati supaya mensyukuri cinta yang lebih baik nanti.”

60. “Lebih baik mencintai dia yang jauh tapi merindukanmu, daripada mencintai yang dekat tapi hatinya jauh.”

61. “Jika dia cukup bodoh untuk meninggalkanmu, kamu harus cukup pandai melupakannya.”

62. “Bukan cinta jika mudah putus asa. Karena, cinta tak mampu putus harapan.”

63. “Cinta itu sederhana. Jika cinta, setialah. Jika tidak mampu setia, pergilah. Janganlah kita menua sia-sia.”

64. “Bukti terbaik dari cinta adalah kesetiaan. Jika tidak setia, apa pun penjelasannya, pasti tidak cinta. Ganti!”

65. “Tujuan dari cinta adalah membahagiakanmu. Jika tidak membahagiakan, pasti itu bukan cinta.”

Baca Juga: 30 Tanda Kamu Harus Putus Dengannya. Coba Perhatikan Hal-Hal Ini Dalam Hubunganmu

Itulah 65 kata putus cinta yang bisa kamu gunakan untuk mengungkapkan perasaanmu. Jangan melulu menangisi keputusan yang sudah kamu ambil dengannya, karena mungkin keputusan itu akan membuat hidupmu lebih baik lagi. Jadi, jangan sedih-sedih lagi, ya. Semangat!

  • Bagikan
seruni.id