10 Tanda Jantung Bermasalah yang Harus Kamu Waspadai!

  • Bagikan
10 Tanda Jantung Bermasalah yang Harus Kamu Waspadai!

Seruni.id – Kesehatan jantung menjadi hal penting yang perlu kita perhatikan, agar bisa terhindari dari berbagai penyakit. Apabila organ jantung bermasalah, maka kondisi tersebut akan membahayakan kesehatan. Sitem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) memiliki peran penting dalam mensuplai darah ke seulurh tubuh.

10 Tanda Jantung Bermasalah yang Harus Kamu Waspadai!

Jika digambarkan, jantung ibaratkan pompa, sedangkan pembuluh darah, adalah pipa berisi darah yang membawa asupan oksigen dan nutiris ke seluruh tubuh. Apabila fungsi tersebut bermasalah, maka akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jantung bermasalah atau tidak sehat bisa dilihat dari berbagai gejala. Berikut ini tanda-tanda jantung bermasalah yang perlu kita waspadai!

1. Dada Terasa Tidak Nyaman

Ini merupakan salah satu tanda jantung bermasalah yang paling umum terjadi. Jika mengalami penyumbatan arteri atau serangan jantung, biasanya tubuh akan merasakan sakit, sesak, atau terasa ada tekanan pada bagian dada.

“Setiap orang mungkin mendeskripsikannya berbeda-beda. Ada yang bilang rasanya seperti sedang diduduki gajah, ada juga yang menjelaskannya seperti dicubit atau sensasi terbakar,” kata Charles Chambers, MD, direktur Cardiac Catheterization Laboratory di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute, Amerika Serikat (AS) kepada WebMD.

Biasanya gejala tersebut akan berlangsung lebih dari beberapa menit. Umumnya, gejala terasa ketika sedang beristirahat atau sedang melakukan aktivitas fisik. Apabila sakit yang dirasakan berlangsung singkat, atau lokasi nyerinya bertambah saat kamu menyentuh atau menekannya, kemungkinan sumbernya bukan masalah jantung.

Kendati demikian, kamu tetap disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika gejalanya lebih parah dan tidak hilang setelah beberapa menit, segera cari pertolongan medis. Perlu diingat bahwa kamu bisa mengalami masalah jantung. Bahkan, serangan jantung, tanpa nyeri dada. Ini lebih umum dialami perempuan.

2. Mual, Gangguan Pencernaan, dan Nyeri di Ulu Hati

Beberapa orang kerap merasakan gejala ini, ketika mengalami serangan jantung. Bahkan, gejala tersebut bisa membuat muntah. Meski begitu, kamu bisa mengalami sakit perut karena berbagai alasan yang tidak berhubungan dengan jantung. Mungkin saja karena makanan yang kamu konsumsi. Namun, kamu harus lebih waspada bahwa gejala ini juga bisa terjadi selama serangan jantung. Jika kamu merasakan gejala ini dan kamu memiliki risiko jantung bermasalah, maka segeralah periksakan ke dokter, khususnya jika mengalami gejala klasik masalah jantung.

3. Nyeri Dada yang Menjalar

Tanda jantung bermasalah berikutnya adalah nyeri pada bagain dada yang menjalar. Rasa nyeri tersebut seperti ada benda berat yang menekan di dada, khususnya pada bagian sebelah kiri. Gejala tersebut biasanya disertai nyeri yang menjalar ke lengan kiri, leher, rahang (terasa seperti sakit gigi), hingga menembus ke punggung. Penyebab keluhan ini adalah penyumbatan pembuluh darah jantung atau biasa dikenal sebagai serangan jantung.

4. Sesak Napas

Hati-hati, sesak napas juga bisa menjadi tanda jantung bermasalah, loh. Ketika fungsi jantung sebagai pompa darah terganggu, maka akan menyebabkan darah terakumulasi di berbagai organ tubuh karena tidak memompa dengan baik. Salah satu contoh dari kondisi tersebut ialah darah yang menumpuk di jaringan paru-paru. Cairan di paru-paru tentu akan menyebabkan sesak saat bernapas. Biasanya, gagal jantung merupakan masalah jantung yang menyebabkan keluhan ini.

5. Dada Berdebar

Bukan hanya sesak napas, jantung berdebar pun bisa menjadi salah satu tanda jantung bermasalah. Biasanya jantung memompa darah dengan ritme yang konstan dan otomatis. Jantung sebenarnya tidak berhenti bekerja meski kamu tidur. Fungsi tersebut diperankan oleh aliran listrik yang terdapat pada jantung. Namun sayangnya, jika terdapat masalah pada aliran listrik tersebut, maka akan menyebabkan gangguan ritme jantung yang disebut aritmia. Aritmia akan menyebabkan dada terasa berdebar tiba-tiba tanpa penyebab pasti.

6. Batuk Terus-menerus

Pada sejumlah kasus, ini bukanlah tanda jantung bermasalah. Namun, apabila kamu memiliki riwayat penyakit jantung atau tahu memiliki risikonya, kamu harus lebih perhatian pada berbagai kemungkinan. Melansir WebMD, bila kamu mengalami batuk jangka panjang disertai dengan lendir warna putih atau merah muda, itu bisa jadi tanda gagal jantung. Ini tanda ketika jantung tidak dapat memenuhi keinginan tubuh, menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru. Sebaiknya, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebab batuk tersebut.

7. Kaki Bengkak

Menurut penjelasan dari Harvard Health Pusblishing, terjadinya pembengkakan di kaki, bisa jadi merupakan tanda gagal jantung. Meski demikian, kaki bengkak juga bisa terjadi akibat kondisi medis lainnya seperti penyakit ginjal, gagal ginjal, makan terlalu banyak makanan asin, aliran darah yang tidak efisien di kaki (insufisiensi vena), atau efek samping dari beberapa obat (terutama obat-obatan calcium-channel blockers).

Melansir dari WebMD, kondisi tersebut bisa saja menjadi tanda bahwa jantung tidak dapat memompa sebagaimana mestinya. Ketika jantung tidak memompa darah cukup cepat, darah akan kembali ke pembuluh darah dan menyebabkan bengkak. Kondisi ini bisa mempersulit ginjal untuk mengeluarkan kelebihan air dan natrium dari tubuh, yang mana ini bisa menyebabkan bengkak.

8. Mudah Lelah

Rasa lelah yang terjadi secara terus-menerus tanpa sebab yang pasti, bisa menjadi tanda jantung bermasalah. Jantung berfungsi memompa darah untuk mensuplai oksigen sebagai sumber tenaga semua sel di dalam tubuh. Kamu dapat mudah lelah bila tubuh tidak mendapat pasokan oksigen yang cukup karena jantung tidak memompa dengan baik. Selain itu, sesak napas akibat penumpukan cairan di paru-paru juga mengurangi oksigen yang Anda hirup untuk dialirkan oleh darah.

9. Pusing

Meski pusing seringkali terjadi, tapi bisa saja ini menjadi tanda jantung bermasalah. Biasanya hal ini karena kurangnya asupan darah dan oksigen di otak akibat masalah jantung, kemudian menyebabkan pusing. Ada gejala lain yang menandakan jantung bermasalah, seperti mudah mengantuk hingga pingsan. Umumnya, masalah jantung yang menyebabkan kondisi ini adalah aritmia.

10. Keringat Berlebih

Pernahkah kamu justru banyak berkeringat saat beristirahat, cuaca tidak panas, atau saat tidak beraktivitas berat? Kondisi tersebut mungkin menandakan adanya gangguan jantung. Umumnya gejala yang satu ini muncul sebagai tanda awal akan terjadinya serangan jantung karena tubuh terasa tidak nyaman.

Baca Juga: Hati-hati, ini 7 Gejala Serangan Jantung pada Wanita

Waspadalah terhadap beberapa tanda jantung bermasalah di atas. Jika kamu merasakan beberapa gejala di atas, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan
seruni.id