Jangan Asal, Ini 5 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat

Jangan Asal, Ini 5 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat

Seruni.id – Memasuki musim penghujan, ada berbagai hal yang perlu kita persiapkan. Mulai dari tubuh yang fit agar tidak mudah jatuh sakit, hingga payung atau jas hujan untuk pengendara motor. Apalagi, belakangan ini, hujan bisa turun deras saat kita sedang di tengah jalan. Jadi, tak ada salahnya menyiapkan jas hujan sebelum pebergian.

Jangan Asal, Ini 5 Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat

Tapi, apakah kamu sudah memilih jas hujan secara tepat? Sementara ada banyak jenis dan model jas yang dijual di pasaran. Mengingat fungsinya yang sangat penting selagi berkendara, oleh karenanya jangan asal membeli. Bagi kamu yang berencana untuk membelinya, maka tidak ada salahnya untuk memerhatikan beberapa tips berikut ini:

1. Hindari Membeli Jas Hujan Ponco

Meski model seperti ini cukup praktis, tapi sangat tidak direkomendasikan, ya. Sebab, saat melaju di jalanan penggunanya sangat riskan mengalami kecelakaan. Jika tidak teliti, saat melaju, jas hujan bisa tersangkut di jeruji atau bagian di dekat ban sepeda motor.

Apabila itu terjadi, siap-siap kamu bisa jadi korban kecelakaan! Bahkan, bentuknya yang mirip jubah kadang bisa ‘berkibar’ ke belakang. Hal itu bisa membuat kamu tetap basah terkena cipratan air. Jas hujan model ponco juga bisa menghalangi pandangan pengendara lain di belakangmu saat ‘berkibar’.

2. Cek Jahitannya

Salah satu langkah tepat dalam memilih jas hujan terbaik adalah kamu harus merasa nyaman ketika menggunakannya. Tapi, bukan itu saja, pastikan jas yang kamu pilih dapat melindungi tubuhmu dari terpaan air hujan. Bagi kamu yang berencana membeli jas hujan, maka harus memerhatikan sambungan pada bagian detail jas hujannya.

Hindari memilih jas hujan yang dijahit pada setiap bagiannya. Sebab, hal ini hanya akan membuat air mudah masuk melalui pori-pori di sepanjang jalur proses penjahitan. Sebaiknya pilih jas hujan yang melalui proses dipres untuk mengurangi terjadinya pakaian basah akibat rembesnya air hujan.

3. Pilih yang Nyaman Dipakai

Selain proses penjahitan, kemudian pilihlah jenis bahan yang nayaman untuk kamu pakai. Dengan penggunaan bahan dasar mantel yang nyaman, maka akan membuat kamu tidak terganggu saat memakainya. Seruni sarankan, sebaiknya hindarilah penggunaan jas hujan berbahan PVC, yang banyak dijual di pinggir jalan, ya.

Karena bahan tersebut akan membuat kamu kepanasan dan merasa tidak nyaman, sedangkan bahan plastik terbilang lebih mudah robek. Sangat disaranan untuk memilih jas dengan bahan parasut, karena bersifat anti air, ringan dan halus jika dibandingkan dengan jas hujan berbahan PVC. Selain itu, bahan parasut taslan ini terbilang aman dijemur, berbeda dengan bahan PVC yang kalau dijemur bisa mengeras.

4. Perhatikan Bagian Resleting

Tips yang berikutnya, kamu harus lebih teliti pada bagian resleting, ya. Periksalah bahan apa yang digunakan untuk resleting. Agar lebih tahan lama, pilihlah mantel yang menggunakan resletin berbahan tembaga atau kuningan. Dengan menggunakan bahan kuningan atau tembaga, maka akan membuat jas hujanmu lebih awet.

Kamu pun perlu menghindari penggunaan resleting berbahan plastik atau besi. Sebab bahan plastik sangat mudah rusak, sedangkan resleting berbahan besi akan cepat berkarat. Jadi, sebaiknya pilihlah mantel dengan resleting yang terbuat dari kuningan atau bahan tembaga, ya. Namun, jika resleting berbahan tembaga atau kuningan sulit kamu dapatkan, kamu bisa memilih berbahan besi dengan penutup pada bagian retsletingnya agar tidak mudah berkarat.

5. Hindari Warna yang Mencolok

Ketika hujan turun dengan deras dan kamu dalam keadaan mengendarai sepeda motor, maka sebaiknya berhenti sejenak dan segeralah mengenakan mantel. Dalam pemilihan mantel ini, sebaiknya pilihlah yang berwarna cerah, terang, dan mencolok, ya. Mengapa demikian? Hal ini penting sekali, agar pengguna jalan lain dapat melihat keberadaan kamu di jalan saat intensitas hujan terbilang cukup besar, apalagi di malam hari.

Dengan kata lain warna terang pada mantel akan membuat kamu lebih aman. Ada beberapa warna-warna mantel  yang direkomendasikan seperti warna hijau muda, kuning atau orange dan terdapat garis berwarna terang yang dapat memantulkan sorotan lampu.

Baca Juga: Penjelasan Singkat Proses Terjadinya Hujan

Meski terlihat sangat sepele, tapi kamu perlu memilih mantel dengan baik dan benar, agar merasa nyaman dan tubuh pun terlindungi dengan baik. Setelah mengetahui tips di atas, maka kamu sudah bisa memilih mantel yang terbaik untuk dipakai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.